Rabu, 18 Agustus 2010

Mulai PRAKTEK. Cara Lambat Tapi Pasti

Mulai PRAKTEK. Cara Lambat Tapi Pasti

Pendahuluan

ANDA sudah membaca 2 modul utama yaitu "Panduan Affiliate Program Bagi Pemula" dan "Target Marketing". Tapi mungkin ANDA masih bingung. Tidak tahu apa yang harus dilakukan, atau memulainya dari mana!

Tidak apa! Setiap orang mengalaminya. Terutama karena ini ilmu baru. Itu sebabnya saya selalu mengatakan untuk melakukan semuanya setahap demi setahap, dan kalau perlu membacanya berulang-ulang. Jangan terburu-buru!

Banyak sekali member Asian Brain IMC yang awalnya ngaku 'Saya bingung bu guru', tapi lama-lama malah jadi jagoan dia, dan penghasilannya bisa mengalahkan saya!

Asal ANDA konsisten dalam belajar dan mengerjakannya, semuanya nanti akan terlihat jelas terang benderang. :-)

Sekarang nurut saja dulu sama Ibu Guru, lakukan semuanya setahap demi setahap, nanti sudah beberapa bulan pasti akan lebih paham.

Ingat, tujuan ANDA belajar dengan saya adalah untuk menjadi AHLI, agar ANDA kelak bisa menjual 'apa saja' lewat Internet. Kalau sudah bisa menjual apa saja lewat internet, pasti enak bukan? :-)

Kalau ANDA terburu-buru, nanti bisa tidak memuaskan hasilnya. So, sabar...!

Dalam modul ini saya akan terangkan... Sederhananya, saat menjalankan bisnis online kita itu dihadapkan dengan 2 pilihan:
• Mau berpenghasilan cepat (dengan cara menjalankan PPC Advertising)
• Atau lambat? (dengan cara menjalankan SEO)

Jika kita ingin berpenghasilan cepat, maka kita akan membutuhkan modal untuk beriklan. Salah satunya adalah melalui PPC (Pay Per Click) Advertising. Strategi ini diajarkan di Asian Brain IMC pada semester ke-3.

Cara cepat (PPC Advertising) ini biasanya dilakukan oleh marketer yang telah paham seluk beluk internet marketing, alias mereka yang telah menguasai semua teori dasar yang diperlukan. Mulai dari membuat website (landing page), cara membuat dan memasang iklan online, follow up, melakukan riset dan menentukan pasar, dan masih banyak lagi.

Jika ANDA sudah ahli melakukan semua itu, ANDA akan bisa menjual APA SAJA.

Bisa menjual 'apa saja', ini merupakan salah satu tujuan saya mendirikan Asian Brain IMC. Saya ingin semua ABers kelak bisa menjual apa saja melalui internet. Bayangkan ANDA bisa menjual apa saja dengan potensi pasar seluruh dunia! :-)

Tapi tunggu dulu! Jangan terburu-buru!

Semua butuh proses.

ADA ilmu yang *harus* ANDA pahami dan kuasai terlebih dahulu sebelum ANDA bisa menjual apa saja dan dengan cara cepat.

Tidak peduli ANDA punya banyak uang untuk modal beriklan, jika teori dasar yang diperlukan tidak ANDA kuasai, ANDA bisa gagal.

Tidak sedikit pemula yang langsung menjalankan cara cepat, dia habis banyak uang, karena dia tidak menghiraukan 'teori dasar' yang sebenarnya penting untuk dikuasai terlebih dahulu karena itu merupakan pondasi kesuksesan bisnis online secara keseluruhan.

Jika ANDA masih pemula di dunia internet marketing, saya sarankan pertama-tama untuk memilih cara lambat tapi pasti.

Cara lambat tidak akan memerlukan biaya untuk beriklan. Tapi justru proses lambat ini akan membantu ANDA untuk lebih memahami seluk beluk internet marketing lebih mendalam, dan nantinya ilmu ini akan ANDA gunakan untuk 'cara cepat'.

So, anggaplah cara lambat ini sebagai ajang latihan untuk kematangan ilmu internet marketing ANDA. Itu sebabnya saya katakan jangan terburu-buru. Latihan saja dulu mulai dari yang mudah dan murah. Agar nanti, saat ANDA mau memulai cara cepat, ANDA sudah betul-betul tahu apa yang harus dilakukan, dan situs seperti apa yang menjual!

Jika ANDA sudah ahli dengan cara lambat, InsyaAllah, dengan cara cepat ANDA akan lebih mudah berhasil, karena keahlian ANDA sudah dilatih saat menjalankan cara lambat.

Nah, untuk mempercepat pemahaman ANDA, saya telah membuat 'contoh aktivitas' bagaimana cara memulai bisnis online.

Gunakan ringkasan dari saya ini sebagai 'acuan', dan lalu implementasikan pada topik yang ANDA inginkan sebagai latihan!

Pelajari baik-baik setiap langkah, juga rencanakan topik bisnis online ANDA dengan hati-hati. Jika ANDA sukses menggabungkan unsur-unsur tersebut sejak awal menjalani bisnis ini, maka ANDA akan bisa melihat hasilnya untuk jangka panjang.
Latihan: Cara Lambat Tapi Pasti!
Penting: Dalam materi ini ANDA akan menemukan tulisan 'SIDEBAR'. Sidebar ini merupakan 'catatan' yang akan mengacu pada teori dasar lainnya yang bisa ANDA dapatkan di semester pertama atau semester berikutnya.

Beberapa bacaan yang direkomendasikan melalui Sidebar ini ada yang baru bisa ANDA baca saat memasuki semester ke-2. Pembatasan ini sengaja dilakukan, agar ANDA fokus dan tidak terburu-buru untuk mengerjakan setiap langkah yang diberikan.

Untuk mempraktekkan 1-2 langkah saja mungkin ANDA perlu waktu berminggu-minggu jika masih pemula. Sementara ANDA dituntut tidak hanya sekedar praktek, tapi juga bisa 'menguasai'. Kenapa? Ingat, ini 'real business'. ANDA harus mengerjakannya dengan serius, jangan asal-asalan!

Tidak apa-apa lambat, yang penting kelak ANDA paham betul dan menguasai. Sekali lagi, anggaplah semua proses ini sebagai ajang latihan. Lambat tapi pasti.

OK, saya sarankan ANDA PRINT gambar di bawah ini lalu tempelkan di depan komputer ANDA. IKUTI alur perjalanan bisnis berdasarkan gambar.

PRAKTEKKAN setiap langkah, setahap-demi setahap. Selesaikan satu per satu. Jangan loncat sana loncat sini. Fokus... Fokus... Fokus.. Fokus.. Fokus... dan nurut sama Ibu Guru, kalau tidak nurut? Siap-siap saja nanti dijewer sama Ibu Guru! :-)



Pahami gambar di atas, dan pelajari setiap langkah yang diperlukan.

Di bawah, saya telah membuat semacam contoh aktivitas bagaimana cara membangun bisnis online yang akan menguntungkan untuk jangka panjang.

Implementasikan contoh aktivitas ini pada bisnis online ANDA, apapun topiknya!

Ok! Sekarang kita mulai!

1. Pertama, tentukan ide/topik situs ANDA

Banyak orang bertanya kepada saya, apa yang paling berat ketika memulai menjalankan sebuah bisnis online? Jawab saya: IDE!
SIDEBAR: Bacaan yang direkomendasikan untuk mencari IDE bisa ANDA baca di semester pertama dengan judul: Bagaimana Cara Mencari Ide NICHE.

Sebuah ide adalah awal penentu keberhasilan kita di bisnis ini. Ide tidak harus selalu tampak rumit. Sebuah ide simple tapi unik dan bermanfaat bisa membuat produk atau jasa kita diminati banyak orang.

Untuk mendapatkan ide ini, kita perlu menyadari terlebih dahulu APA yang menjadi minat kita. Tidak menjadi masalah apakah minat itu berasal dari hobi atau keahlian kita. Yang paling penting, kita senang dan menikmati dalam mengerjakannya.

Karena kalau kita tidak senang mengerjakannya, maka kita akan cepat bosan, tidak sanggup melewati waktu yang terasa amat lambat dan akhirnya malah bisa berefek buruk pada bisnis online kita!

Jadi sebelum memulai semuanya, tentukan dulu IDE atau topik bisnis online ANDA. Saya sarankan mulailah dari hobi atau apapun itu yang ANDA senangi.

2. Setelah menentukan ide bisnis atau topik, lakukan riset pasar (melalui freekeywords.wordtracker.com : alat untuk mengetahui jumlah pasar, diajarkan dalam modul Target Marketing)

Penting: 'Pasar' di internet itu identik dengan 'kata kunci'. Jadi, kata kunci = pasar!

Sebagai contoh, anggap saja saya tertarik dengan topik 'cancer'. Maka 'cancer' di sini merupakan 'kata kunci' saya. Dan orang-orang yang mencari informasi seputar 'cancer' melalui internet adalah 'pasar' saya.

Catatan: Di internet kita bisa melakukan riset pasar dan mengetahui berapa banyak jumlah pencari kata kunci (pasar) yang kita bidik tersebut. Sekali lagi, cara melakukan riset ini bisa ANDA baca di modul "Target Marketing" nanti.

Untuk melakukan riset, saya menggunakan freekeywords.Wordtracker.com


Setelah melakukan riset, saya mendapatkan data bahwa kata kunci 'cancer' dicari sebanyak 3,684 kali pada hari ini.

Apa langkah selanjutnya? Saya pergi ke Google. Saya ketikkan kata kunci 'cancer', dan di kanan atas saya mendapatkan info: Results 1 - 10 of about 232,000,000 for cancer. Lihat gambarnya di bawah!


Duh... 232 juta gitu loh... kebanyakan saingannya. :D

Nah, apa yang saya lakukan berikutnya?

Saya akan melakukan riset 'kata kunci' kembali.

Melalui freekeywords.WordTracker.com kita bisa 'menggali' lebih dalam kata kunci yang kita bidik. Cari kata kunci yang masih ada pencarinya tapi saingannya sedikit di Google!

Pada saat melakukan riset, mungkin ANDA harus bolak-balik antara freekeywords.WordTracker.com dan Google untuk menentukan kata kunci yang *tepat* untuk kita target.

Rumusnya: Jika jumlah pasar yang kita target masih ada (disarankan ratusan jumlahnya), sementara hasil pencarian atau saingan di google:

lebih kecil dari 15 juta (ambil)
lebih besar dari 15 juta (jangan di ambil)

Usahakan untuk mencari kata kunci di mana hasil pencarian di Google itu kurang dari 10 juta apa lagi di bawah 5 juta, dan lebih baik jika kata kunci tersebut masih mengandung 'kata kunci utama'. Contoh, kata kunci yang akan saya bidik selanjutnya adalah 'bladder cancer', masih mengandung kata kunci utama bukan? Yaitu 'cancer'.

Anggaplah saya sudah melakukan riset, setelah bolak-balik antara freekeywords.wordtracker.com dan Google.com, akhirnya saya menemukan kata kunci "bladder cancer".

Berdasarkan hasil riset, kata kunci "bladder cancer" ini dicari sebanyak 593 hari ini. Lihat gambar di bawah:


Dan sementara saat saya cek di Google mendapatkan info: Results 1 - 10 of about 1,850,000 for Bladder Cancer. Lihat gambar di bawah!


Yipee! Saya sudah dapat 1 kata kunci niche!

Niche = Pasar Ceruk, alias banyak pencari tapi sedikit saingan.

3. Setelah saya menemukan kata kunci Niche 'bladder cancer' apa yang saya lakukan berikutnya? Mencari content!

OK, saya bukan dokter, tidak tahu apa-apa tentang cancer. Tapi saya tahu 'bladder cancer' adalah kata kunci niche, dia sampai ratusan kali dicari di internet setiap hari, sementara saingannya sedikit.

Lalu di mana saya bisa mencari konten?

Jangan khawatir... khan ada 'Om Google'. :D Kita ketikkan lagi 'bladder cancer' di Google atau Search Engine lainnya, dan kumpulkan beberapa artikel dari situs lain seputar bladder cancer dan lalu dimodel.

Apa yang biasa saya lakukan?

Biasa saya membuat konten yang merupakan *gabungan* atau potongan dari beberapa artikel yang saya buat menjadi satu.

Buat 'sinopsis' dari beberapa artikel yang berhubungan, dan lalu gabungkan (jadi satu.) Jadi lebih komplit dan unik khan? :-)

Memiliki konten unik, jauh lebih komplit, dan 'baru', ini penting dalam strategi 'cara lambat'.
SIDEBAR: Untuk lebih jelas lagi kenapa kita harus memiliki konten yang unik, silakan baca modul tentang SEO di semester ke-2 nanti.

Ingat, jangan sampai, misalnya, kita menemukan 3 -4 artikel tentang bladder cancer, lalu semua digabungkan menjadi satu, nanti jadi nggak nyambung dan kepanjangan.

Hint: Panjang artikel cukup 250 - 500 kata.

Untuk menghitung berapa banyak kata dalam satu artikel bisa kita lakukan melalui MS.Word (caranya: Tools › Word Count).

Ada tips lain untuk membuat sinopsis seketika tanpa berpikir panjang, juga ini dilakukan lewat MS.Word. (Caranya: Copy-kan artikel asli ke MS.Word › Tools › Auto Summarize).

Ubah beberapa kata sana sini, yang penting jangan terlalu sama atau menjiplak habis.

Dan jangan lupa 'sebarkan' kata kunci yang kita bidik di dalamnya secara merata. (Baca penjelasan tentang hal ini di pelajaran SEO di semester ke-2. Ini penting!)

Di bawah adalah contoh 'artikel baru' yang saya buat yang sebenarnya merupakan 'gabungan' dari beberapa artikel yang memuat info seputar bladder cancer.

Jumlah kata dalam artikel yang saya buat totalnya ada 284. Jumlah kata kunci (bladder cancer) di dalam artikel sekitar 3 - 8% dari total kata, dan disebar secara merata.

Coba ANDA perhatikan, kata 'bladder cancer' saya simpan di awal kalimat, di tengah artikel, dan juga di akhir. Ini penting. Semua diatur secara merata, dan jumlahnya 3-8% dari total kata.

Contoh artikel "bladder cancer"

==================================

Bladder Cancer

Bladder is a part of our body to help in disposal of waste from our
body. It functions to collect and store urine until it is finally
disposed off from our body. The appearance of the cancer in bladder is
called bladder cancer.

The bladder cancer is also known as urothelial cell cancer or squamous
cancer. There are other types of bladder cancer and sometimes the same
kind of bladder cancer might be known by to or more different names too.
And sometimes the name of bladder cancer depends on the cells reinfected.

The exact causes of bladder cancer are still in a research. However,
smokers have the high rate to have this disease. Mostly, the bladder
cancer occurs in older people, people who are above the age of 50.

The symptoms of bladder are associated with the process of urination.
Pain in the bladder or frequent urge for urinating are other symptoms
which might indicate bladder cancer. But, not all of these conditions
related to the bladder cancer. If you feel these conditions you have
to consult it with the doctors, in case to diagnose the cancer in
early stages.

The diagnosis of bladder cancer starts with urine tests. The doctor
may perform other tests in order to diagnose bladder cancer. X-rays,
blood test, intravenous urogram and biopsies could also be used for
testing bladder cancer. Like the other types of cancer, catching
bladder cancer in early stages can really help in combating this
dreaded condition.

The treatment can range from surgery to radiotherapy or chemotherapy.
There are a few other treatments for bladder cancer but really it all
depends on the type of cancer, the stage of cancer etc.

==================================

ANDA mungkin bertanya, kenapa harus ditata sedemikian rupa?

Jawabannya: Agar situs kita disenangi "Search Engine".

Kalau situs kita disenangi Search Engine, maka dalam waktu yang panjang, si Robot Search Engine bisa mengirimkan 'traffic gratis' untuk situs kita. Harapannya, nanti kalau ada orang yang mengetikkan 'bladder cancer' melalui Search Engine Google misalnya, maka situs kita akan muncul paling atas!

Sebagai contoh: silakan sekarang ANDA pergi ke www.Google.co.id, lalu ketikkan 'Internet Marketing', maka situs www.AsianBrain.com akan ada di bagian paling atas! Dalam hal ini, setiap ada orang Indonesia yang pergi ke Google.co.id dan mengetikkan 'internet marketing', dia akan melihat AsianBrain.com, di mana memang kata kunci tersebut merupakan pasarnya AsianBrain.com.

Jadi buatlah situs yang 'optimal' untuk search engine, berdasarkan pasar (kata kunci) yang ANDA target dan sesuai untuk jasa/produk yang ANDA jual.

Kesimpulan: buatlah konten yang menarik untuk pembaca (user), dan disenangi oleh Search Engine.

4. OK, artikel sekarang sudah ada. Selanjutnya? Maksimalkan setiap halaman niche dengan konten yang lain (misal ditambah gambar atau video).

Saya akan kembali lagi ke Google, lalu ketikkan lagi 'bladder cancer', tapi kali ini saya akan 'search images'. Lihat gambar di bawah!


Sorry, beberapa gambar harus saya blur karena terlalu ngeri.. hehe :D.

Anyway, saya sudah mendapatkan beberapa situs yang memuat gambar yang berhubungan dengan bladder cancer, kata kunci yang saya target. Saya akan kunjugi situsnya untuk meng-copy gambar tersebut dengan cara 'klik kanan mouse' lalu save image as, dan gambar itu akan saya simpan di komputer saya dengan nama bladder-cancer.jpg atau bladder-cancer.gif sesuai kata kunci. Ini sangat penting! Untuk nantinya image ini akan di upload ke server hosting situs kita sendiri.

Penting: saat ANDA mengambil gambar dari situs lain, perhatikan aturannya. Apakah gambar tersebut boleh diambil secara gratis atau tidak boleh? Yang jelas jangan sampai kita dapat masalah karena gambar orang lain.

ANDA mungkin bertanya, kenapa kita harus memberi nama gambar sesuai dengan kata kunci yang kita bidik? Tujuannya tiada lain untuk mendapatkan 'exposure' lebih dari Search Engine.

Satu saat pasti ada saja orang yang 'search images' seputar bladder cancer dan gambar kita akan muncul di hasil pencarian. Kalau orang mengklik gambar kita, ya tentu saja dia akan mengunjungi situs kita! ;-)

Coba ANDA perhatikan, tidak begitu banyak situs yang memberi nama gambar sesuai dengan kata kunci yang dibidik. Dan jumlah gambar yang berhubungan dengan 'bladder cancer' di hasil pencarian 'search images' sangat sedikit, yaitu 46,800 dibandingkan dengan jumlah artikel yang mencapai jutaan.

Artikel tertarget, gambar juga tertarget, ini jadi jauh lebih bagus bukan? :D

Note: Selain gambar, Abers juga bisa menambahkan 'video' yang berhubungan! Lakukan hal yang sama spt saat mencari gambar, pergi ke Google, ketikkan kata kunci yang kita bidik, lalu "search video"!

Atau ANDA bisa pergi ke YouTube.com, di sana ada jutaan video. ANDA bisa mencarinya berdasarkan kategori dan kata kunci yang diketikkan, lalu cari EMBED file/kode yang bisa kita simpan di situs kita!

Ide sudah ada, konten sudah dikumpulkan, tapi kita dapat dollarnya nanti darimana?

Duh... ributnya dollar lagi.. dollar lagi... :-)

Ingat, dengan cara lambat, dollar tidak akan datang seketika! Karena dengan cara lambat, berarti kita 'memancing' traffic gratis dari Search Engine, dan ini biasanya memerlukan waktu sebelum Search Engine benar-benar 'bersahabat' dengan situs kita.
SIDEBAR: Penjelasan lebih mendalam tentang 'traffic gratis' dari Search Engine beserta strateginya akan ANDA dapatkan pada pelajaran SEO pada semester ke-2.

hah? semester ke-2? Oh No! Ahira pelit!

Hus! Bukan pelit, saya justru ibu guru yang baik. Ini saya lakukan untuk kebaikan ANDA! Supaya ANDA bisa FOKUS!

Tujuan saya adalah ingin menjadikan ANDA seorang ahli, dan untuk menjadi seorang ahli, pemahaman sekecil apapun menjadi sangat penting dan jangan sampai ada yang terlewat. Banyak orang gagal karena dia terlalu terburu-buru. Tidak sabaran.

Jangan sampai ini terjadi kepada ANDA! Saya tidak ingin ANDA belajar sia-sia dengan saya.

Lakukan semuanya setahap demi setahap. Fokus.. fokus..fokus! ANDA lihat, di semester pertama pun masih banyak yang harus ANDA pelajari dan kuasai! Yang penting sekarang ANDA harus paham dulu bagaimana semua ini berjalan, okay?! Kerjakan dulu PR nya satu per satu.

Nah sekarang, untuk masalah dollarnya dari mana, lihat point di bawah!

Setelah ide ada, dan konten dikumpulkan, berikutnya...

5. Mulai cari 'program affiliate' yang berhubungan dengan kata kunci yang kita bidik.

Contoh, ANDA bisa mengikuti program afiliasi ADSENSE dari Google. ANDA mungkin pernah mendengar program afiliasi 'Adsense'?
SIDEBAR: Pelajaran bagaimana cara berpenghasilan melalui Google Adsense Bisa ANDA dapatkan di semester pertama!

Tapi ingat, Adsense bukanlah satu-satunya sumber penghasilan online. Adsense merupakan salah satu dari ribuan celah sumber penghasilan di internet.

Selain Adsense, ada banyak program afiliasi online lainnya. ANDA bisa menjadi 'broker' atau 'calo' dari produk orang lain. Pada saat ANDA membantu menjualkan produk orang lain, maka ANDA akan mendapatkan 'link afiliasi' dari perusahaan mereka. Kalau ada yang beli melalui link affiliasi ANDA, maka ANDA dapat komisi.

Untuk mencari program afiliasi ini ANDA bisa pergi ke Amazon.com, Linkshare.com, atau CJ.com. Cari produk yang berhubungan dengan kata kunci yang dibidik, dan dapatkan link affiliasi dari mereka.
SIDEBAR: Penjelasan seputar program afiliasi lebih lengkap bisa ANDA baca di semester pertama. Modulnya berjudul "Panduan Belajar Affiliate Marketing Bagi Pemula".

Ok! Katakanlah, saya mengikuti program afiliasi dari Amazon.com. Apa yang akan saya lakukan berikutnya adalah menambahkan link afiliasi saya dari Amazon pada artikel, dan membuatnya dalam bentuk 'anchor text'. Saya akan buat contoh dengan meng-copy artikel paragraph pertama:

--------------------------------
Bladder Cancer

Bladder is a part of our body to help in disposal of waste from our
body. It functions to collect and store urine until it is finally
disposed off from our body. The appearance of the cancer in bladder is
called bladder cancer.

--------------------------------

Perhatikan kata 'bladder cancer' di akhir kalimat yang saya beri warna biru. Kata tersebut akan saya beri link (anchor text) di mana linknya akan mengarah ke link affiliate Amazon saya!

Kita juga bisa menambahkan 'banner' dari produk yang kita promosikan di situs kita, jika si pemilik produk menyediakannya. Kalau mengikuti Amazon biasanya mereka memiliki banner yang bisa kita tempelkan di situs kita.

Setelah kita menentukan program affiliate yang ingin kita promosikan, dan konten sudah tersedia, maka kita sekarang sudah bisa mulai membangun websitenya!

Ya, saya sarankan ANDA untuk belajar membuat website sendiri! Membuat website itu tidak sesulit seperti yang ANDA bayangkan.
SIDEBAR: Penjelasan tentang Bagaimana Cara Membuat Website bisa ANDA pelajari di semester pertama.

OK, jika website telah selesai dibuat, ANDA bisa mulai membeli nama domain. Pilihlah nama domain yang mengandung kata kunci yang kita bidik. Jika pasar yang kita bidik 'bladder cancer' misalnya, maka nama domain yang cocok adalah www.BladderCancer.com. Ini baik untuk jangka panjang.
SIDEBAR: Penjelasan tentang Nama Domain, bagaimana cara membelinya, cara setting dan me-manage domain diajarkan di semester ke-1.

Pada saat semuanya sudah siap, ANDA tinggal melakukan UPLOAD (mengonline-kan situs ANDA). Ini juga diajarkan di semester ke-1.

Ulangi kegiatan di atas untuk niche-niche lainnya. Jangan lupa baca teori dasar yang berhubungan (SIDEBAR) yang akan menunjang suksesnya situs ANDA, seperti penjelasan tentang bagaimana cara mendapatkan traffic gratis di semester ke-2.

Lakukan kegiatan di atas secara konsisten, InsyaAllah, ANDA akan melihat hasilnya untuk jangka panjang.
TIPS TAMBAHAN:
Tips Satu:

Daripada mengerjakan satu pasar (satu kata kunci). ANDA bisa melakukan riset beberapa kata kunci terlebih dahulu di awal. Seperti saya, biasanya saya mengumpulkan 7 - 10 kata kunci dulu di awal yang Niche sebelum saya mencari artikel.

Selain saya menemukan kata kunci 'bladder cancer', saya juga menemukan kata kunci niche berikut ini selama riset:
• throat cancer (474 - Wordtracker.com). Google results: 2,020,000
• stomach cancer (480 - Wordtracker.com) . Google results: 2,120,000
• cancer symptom (201 - Wordtracker.com) Google results: 630,000

Saya memang selalu mentarget/mencari kata kunci yang pencarinya di bawah 5 juta, ini lebih baik, di mana kata kunci yang dibidik masih mengandung kata kunci 'utama' yaitu 'cancer'. Nah ANDA juga bisa melakukan hal yang sama untuk topk yang ANDA bidik. Kumpulkan dulu kata kunci Niche, baru cari artikelnya.

KATA KUNCI JUMLAHNYA HARUS BERAPA BARU DIKATAKAN NICHE?

Tidak ada patokan harus berapa banyak yang mencari untuk minimal kata kunci Niche. Saya pikir selama ada yang mencarinya dan tidak ada saingannya, meski hanya 300 - 500 per bulan, layak untuk dikerjakan.

Saya yakin ANDA bisa melakukan hal yang sama. Ikuti saja petujuk saya di atas. Gunakan rumus 5C (Cari-Car-Cari-Cari-Cari) Pasti bisa ketemu. :D

Adakalanya Niche yang kita pikir terkenal dan banyak saingannya, eh ternyata sedikit. Seperti stomach cancer itu kelihatan cukup umum khan kata kuncinya? Siapa menyangka kalau kata kunci ini Niche!

Yang jelas, ANDA harus mau bolak-balik dulu antara Wordtrakcer-Google untuk bahan perbandingan. Cape di awal, ntar akhir tahun bisa tersenyum kalau melihat hasilnya! ;-)

Kunci kesuksesan online ANDA adalah TELITI saat melakukan riset di AWAL. Banyak orang cenderung 'asal memilih' kata kunci karena ingin cepat selesai dan menghasilkan. Itu salah besar.

Penentuan kata kunci di awal itu *teramat sangat luar biasa sekali penting*. Okay?!

Tips dari saya: LAKUKAN YANG TERBAIK untuk setiap kata kunci yang hendak kita dibidik. Jangan terburu-buru mau selesai.

Yang kedua: Buatkan atau carikan artikel YANG TERBAIK untuk setiap kata kunci. Dan cari affiliate yang paling cocok untuk target market tersebut.

Saya sering menerima email dari pemula... "Ahira, produk apa yang paling laku dijual di Internet saat ini?"

Itu pertanyaan yang salah. Yang harus ANDA pahami di sini bukan mencari produk yang laku dijual... melainkan "Produk apa yang SESUAI/cocok dengan *kata kunci* saya?"

Tips Dua:

Katakanlah ANDA sudah mengumpulkan 5 - 7 kata kunci Niche di awal, dan lalu sudah membuat artikelnya.

Selanjutnya, tentukan kata kunci/artikel mana yang akan duluan di publish/posting nanti. Misalnya sudah diurut artikel A, B, C, D, E, F.

Nah, usahakan, ada satu kata (yang berbentuk kata kunci, misalnya saja'cancer') di artikel B, di buat nge-link ke artikel A. Terus satu kata di artikel C, di buat ngelink ke artikel B, dan satu kata di artikel D, ngelink ke artikel C, dst.

Artikel 'A' diposting hari senin misalnya, dia tidak nge-link kemana-mana karena belum ada postingan sebelumnya.

Lalu artikel B diposting hari selasa, buat satu kata di dalamnya (anchor text) nge-link ke artikel A. Artikel C di posting hari rabu, nge-link ke B yang diposting hari selasa.

Jadi semua akan terlihat NORMAL dan teratur, terus saling ngelink satu sama lain! Dan ini Search Engine suka!

Tips Tiga:

ANDA bisa mengumpulkan katakanlah 30 kata kunci niche beserta artikelnya dalam jarak satu minggu. (Ingat, lakukan yang TERBAIK, jangan terburu-buru alias tidak fokus).

Jadi selama 1 tahun bisa punya 1,440 halaman NICHE!

Tips Empat:

Mau lebih gila lagi? Hire/sewa mahasiswa yang bisa nulis bahasa inggris untuk membuat artikel-artikel yang dibutuhkan berdasarkan kata kunci pilihan ANDA!

Beritahu mereka caranya bagaimana. ANDA bisa nego dengan mahasiswa untuk per satu artikel berapa misalnya! (Ini dikenal dengan nama 'out sourcing').

Kalau ANDA ada dana, itu bisa ANDA lakukan. Kalau belum, lakukan saja sendiri. Jangan bersikap bossy sebelum ANDA berhasil melakukannya sendiri! ;) Saya lebih menyarankan ANDA untuk melatih diri sendiri dulu! Kalau sudah ahli dan paham, ANDA bisa mulai 'out sourcing'.

Ingat, jangan merasa ingin terburu-buru. Kalau terburu-buru, ANDA tidak akan maksimal dalam membidik target market ANDA. 5 langkah awal yang saya terangkan di atas itu merupakan BETON bagi keberhasilan ANDA di masa yang akan datang.

Saya tahu ada beberapa member yang sudah menghasilkan lebih dari $1,000 per bulan dengan melakukan hal di atas sesuai petunjuk yang saya ajarkan.

Nah, meskipun saya menyediakan 270,000 artikel di database plus press release yang tidak terbatas di member area, usahakan ANDA untuk membuat artikel sendiri agar unik di mata Search Engine. Tapi untuk latihan atau bagi mereka yang tidak bisa berbahasa inggris, tentu saja tidak ada larangan untuk memakai artikel orang lain selama ANDA mencantumkan pengarangnya.

Ingat, satu kata = 1 pasar. ibaratnya kata apapun yang ANDA pikirkan bisa dijadikan sebuah bisnis baru.

Saran saya: Jangan kumpulkan kata kunci acak acak-an. Carilah kata kunci niche yang serupa. Seperti contoh saya di atas membahas tentang cancer. Jangan dari cancer, tiba2 fitness, udah gitu 'dora'. Weleh..

Kalau ANDA menemukan kata kunci Niche yang jauh berbeda, usahakan jadi topik situs yang berbeda.

Ingat, langkah di atas hanyalah 'ringkasan' dari proses kegiatan bisnis online yang akan ANDA lakukan. Saya telah membuat materi-materi khusus lainnya berdasarkan kategori yang saya bahas sangat detil, beserta strateginya. Silahkan baca materi-materinya, dan lalu pelajari.

Bila ada yang tidak paham, ANDA boleh mendiskusikannya di forum Asian Brain atau silakan ANDA tanyakan ke team support.

Selamat belajar :-)
PR ANDA Berikutnya:
• MULAI PRAKTEK apa yang saya ajarkan di atas. Tentukan IDE bisnis ANDA terlebih dahulu, dan jangan lupa untuk Memetakan Bisnis Online ANDA! Baca panduannya di member area!
• Jika ANDA masih kebingungan bagaimana untuk mencari ide, ada modul Bagaimana Cara Mencari Ide "Niche" di member area.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar