Kamis, 20 Januari 2011

Apa Saja Elemen Landing Page?

Pada materi sebelumnya saya telah membahas apa itu landing page, bukan? Saya yakin Anda sudah mempunyai gambaran tentang kegunaannya. Nah, sekarang saatnya kita bahas elemen-elemen apa saja untuk membuat landing page.

Sebenarnya prinsip pembuatan landing page hampir sama dengan prinsip pembuatan website namun yang lebih ditekankan dalam landing page adalah call to action, seperti: perintah untuk mengklik link, subscribe email dan pembelian produk.
Untuk bisa membuat landing page yang efektif, Anda harus memperhatikan isi landing page yang tepat berikut ini:

1. Logo

Biasanya seorang profesional selalu menggunakan logo yang menjual dan menggambarkan profesionalisme yang tinggi.

2. Headline

Headline suatu landing page harus berusaha mengajak pengunjung lebih dekat mengenal Anda dan produk Anda. Bisa menggunakan format grafik atau text.

3. Kalimat utama

Kalimat utama dalam sebuah landing page terdiri dari:

• Penawaran : Karena landing page mempunyai potensi penjualan yang cukup efektif, maka manfaatkanlah penawaran terhadap apa yang Anda promosikan dengan menyertai call to action.

• Deskripsi : untuk mendukung penawaran Anda perlu mendeskripsikan apa yang Anda tawarkan dan keuntungan apa yang akan pengunjung dapatkan. Untuk bagian ini jangan pernah abaikan formatnya. Anda bisa menampilkannya dalam bentuk point-per-point, ataupun kalimat panjang, atau juga bisa menggabungkan antara keduanya.

4. Form Opt-in

Mengapa perlu ada form opt-in dalam landing page? Nah, inilah uniknya landing page, walaupun misal kita tidak mendapatkan penjualan saat kunjungan pertama, tapi dengan adanya opt-in membuat kita memiliki kesempatan untuk memperoleh alamat kontak mereka. Sehingga terus bisa dilakukan follow-up.

5.Template elements

Biasanya terdapat dalam header atau footer, seperti Tulisan copyright, nomor telepon, live chat, alamat, privacy atau other policies, dll. Elemen-elemen ini merupakan elemen yang pendukung.

6.Call to action atau perintah untuk melakukan aksi

Suatu kalimat yang biasanya berisi perintah yang biasanya diarahkan pada link suatu halaman. Inilah yang membuat landing page semakin hidup. Contohnya:

• Silakan mendaftar
• Klik link berikut ini
• Pesan sekarang
• informasi lebih lanjut
• dll

7. Dan hal pendukung lainnya seperti Audio dan Video, Profil, dll.


Sebagai acuan Anda bisa melihat kerangka berikut ini:

Perlu Anda ingat, kerangka diatas adalah contoh yang bisa Anda gunakan sebagai contoh saja, untuk selebihnya Anda bisa melakukan modifikasi sendiri. Yang paling penting Anda harus menampilkan semenarik mungkin.
Untuk membuat landing page Anda efektif, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain:

1. Siapkan sebuah halaman khusus untuk landing page anda

Usahakan halaman yang Anda siapkan hanya berisi beberapa kata dan gambar saja dengan kata lain Anda hanya membuat tampilan yang sederhana.

Tampilan yang sederhana akan jauh lebih menarik untuk dibaca oleh calon pembeli, karena rata-rata pengunjung / calon pembeli tidak ingin membaca sesuatu yang panjang dan membuang waktu mereka, kecuali jika mereka benar-benar tertarik.

2. Pastikan halaman landing page Anda ringan dan mudah diakses

Poin ini sangat penting, karena kebanyakan pengunjung / calon pembeli yang ada di internet memiliki sifat to the point. Jangan sampai halaman landing page Anda membutuhkan waktu loading yang lama, karena calon pembeli akan merasa bosan dan malas. Dan tentunya ini akan menyebabkan calon pembeli produk Anda meninggalkan halaman landing page Anda tanpa membaca isinya.

Pernah melihat halaman landing page yang seperti ini? Ini menandakan halaman landing page sedang loading, dan jika terlalu lama loading, maka calon pembeli akan segera meninggalkan halaman ini.

3. Buatlah Headline dan Ringkasan penawaran dari produk anda

Pada bagian Headline dan ringkasan penawaran ini harus sesuai dengan apa yang Anda iklankan sebelumnya pada media periklanan atau sejenisnya. Jangan sampai apa yang Anda iklankan tidak sesuai dengan tempat mendaratnya (halaman landing page) karena para pengunjung / calon pembeli yang datang merasa mereka mengunjungi halaman yang salah atau lebih parahnya Anda akan dianggap sebagai seorang spammer atau penipu internet.

Pada bagian headline (terletak paling atas), buatlah dengan tulisan yang besar dan juga judul yang jelas. Sedangkan pada bagian ringkasan penawaran tulis dengan font yang lebih kecil yang berisi review singkat produk Anda. Berikan juga keunggulan-keunggulan produk Anda pada bagian ini agar pengunjung / calon pembeli bisa tahu.

4. Berikan gambar pendukung dari produk yang Anda tawarkan

Gambar dari produk Anda adalah faktor yang sangat penting, selain memiliki daya tarik tersendiri dibandingkan dengan tulisan, juga bisa memberikan gambaran kepada para pengunjung / calon pembeli tentang produk apa yang sebenarnya Anda tawarkan kepada mereka.

Gambar-gambar pendukung seperti inilah yang Anda perlukan untuk lebih menarik perhatian dari para calon pembeli produk Anda

5. Berikan foto Anda agar para pengunjung / calon pembeli lebih percaya kepada anda

Dengan menunjukkan foto Anda pada halaman landing page, maka akan menunjukkan kepada para pembaca landing page Anda bahwa andalah yang memberikan penawaran dan nyata.

6. Berikan testimoni-testimoni terbaik pada halaman landing page anda

Setiap pembeli yang puas dengan produk Anda rata-rata akan memberikan testimoni untuk menunjukkan bahwa produk yang Anda jual sangat berkualitas dan sudah berhasil diterapkan.

Ambil 2-3 testimoni terbaik menurut Anda dan letakkan pada halaman landing page Anda. Testimoni ini tidak bisa diremehkan, karena pengunjung / calon pembeli pada umumnya membutuhkan sebuah bukti bahwa produk yang Anda tawarkan benar-benar berkualitas dan bermanfaat bagi mereka dan testimoni dari pembeli Anda sebelumnya-lah yang akan Anda tunjukkan sebagai buktinya.

7. Elemen terakhir yang paling penting adalah “Mengajak Calon Pembeli”

Pasti akan terasa sangat aneh bukan, jika Anda sudah menjabarkan segala kehebatan dan keampuhan produk Anda, tapi Anda tidak mengajaknya untuk membeli dan merasakan manfaatnya?

Ajaklah para calon pembeli Anda untuk mengunjungi situs utama dari produk Anda dengan memberikan special report gratis kepada mereka dimana mereka diharuskan untuk mengisi email sebelumnya. Inilah elemen yang sangat penting, karena dengan sudah mendapatkan email dari calon pembeli, Anda bisa melakukan follow up terhadap mereka yang tentunya akan memperbesar peluang terjadinya penjualan produk Anda.

Nah saatnya Anda kini membuat halaman landing page yang berkualitas bagi calon pembeli Anda.

Salam Action!

Demikian semoga bermanfaat. Jika anda mau belajar lebih sistematis dan punya panduan yang terukur selangkah demi selangkah silakan kunjungi link ini http://www.panduanbuatsitus.com atau klik saja di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar