Bukan rahasia lagi bahwa bisnis internet yang paling mudah dikerjakan untuk Anda yang masih baru di bidang ini adalah bisnis affiliate marketing / bisnis afiliasi.
Sebuah bisnis yang memposisikan Anda sebagai perantara antara penjual dan pembeli. Anda tidak lagi perlu repot dengan pembuatan produk, sistem penjualan, sistem website, dll.
Tugas Anda hanyalah mereferensikan produk yang akan dijual oleh merchant. Sedangkan profesi baru Anda adalah sebagai affiliate marketer.
Dua elemen ini, affiliate marketer dan affiliate merchant, satu sama lain harus mampu menjalankan kerjasama yang baik. Mengapa? Karena keduanya adalah bagian yang tidak terpisahkan. Bila satu elemen saja tidak ada maka bisa jadi bisnis tidak akan jalan.
Contoh :
Seorang pemilik produk (affiliate merchant) memiliki produk yang berkualitas. Sayangnya tanpa bantuan seorang pemasar yang handal (affiliate marketer), produk tersebut tidak akan laku terjual.
Begitu juga sebaliknya. Seorang affiliate marketer yang handal, tanpa didukung oleh produk berkualitas yang disediakan oleh affiliate merchant tidak akan bisa menghasilkan penjualan yang maksimal. Ingat, makin banyak berhasil menjual maka komisi semakin besar.
Saya yakin Anda juga tidak mau dirugikan oleh merchant yang tidak profesional, atau bahkan menjadi korban penipuan, bukan!
Lalu, bagaimana menemukan partner bisnis internet (affiliate merchant) yang bisa diajak kerjasama secara profesional?
Ada beberapa aspek yang bisa Anda pertimbangkan dalam memilih affiliate merchant sebagai partner bisnis affiliate marketing Anda. Antara lain:
1. Kualitas Produk Affiliate Merchant
Produk adalah ujung tombak sebuah bisnis. Sistem pemasaran yang hebat sekalipun, tanpa adanya produk-produk berkualitas tidak akan banyak menghasilkan.
Karena itu, Anda perlu melakukan pencarian informasi terkait dengan kualitas produk affiliate merchant yang akan Anda ajak kerjasama.
2.Sistem Website Penjualan Affiliate Merchant
Selain produk, yang tak kalah pentingnya adalah sistem website penjualan dari program affiliate merchant kita. Sebagai affiliate marketer sebenarnya tugas utama Anda hanyalah mereferensikan orang untuk membeli produk melalui link referal Anda. Nah, link referal ini biasanya mengarah pada website penjualan affiliate merchant. Berarti agar usaha tidak mereferensikan orang tersebut tidak sia-sia, Anda perlu mengetahui seberapa baik sistem website penjualannya.
Ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan, antara lain:
Sales Letter Baik dan Terlihat Masuk Akal
Sales letter bahasa mudahnya adalah surat penjualan, berupa rangkaian kata-kata yang intinya adalah mempresentasikan produk beserta kelebihan serta ditutup dengan adanya ajakan untuk melakukan pembelian.
Sales letter yang baik biasanya memiliki daya tarik. Dengan demikian, pengunjung yang datang pertama kali ketika membaca sales letter ada perasaan tertarik dan pada akhirnya berujung dengan melakukan pemesanan produk.
Sistem Follow Up
Hal yang lumrah terjadi ketika seseorang hendak membeli suatu barang adalah mempertimbangkannya terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian. Begitu juga dengan prospek (calon pembeli) yang Anda upayakan datang ke website penjualan affiliate merchant.
Mungkin saja mereka tidak langsung membeli saat itu juga. Oleh karena itu, diperlukan satu sistem follow up yang bagus. Sistem yang akan terus mengingatkan pembeli untuk melanjutkan pemesanan yang sudah dibuat. Sehingga ujung-ujungnya adalah prospek melakukan pembelian dan komisi Anda dibayarkan.
Sistem follow up biasanya disediakan oleh pihak affiliate merchant dalam bentuk Form Opt In yang meminta nama atau email dan menawarkan hadiah gratis sebagai imbalannya.
Kalaupun tidak ada opt in, biasanya sistem follow up dijadikan satu dengan sistem pemesanan. Dalam hal ini, ketika prospek melakukan pemesanan biasanya mereka akan diminta untuk mengisi data-data tertentu.
Nah, cara Anda melakukan riset sistem follow up ini adalah dengan mendaftarkan diri di form opt in yang ada di website tersebut.
Bila tidak ada, maka cobalah untuk melakukan pemesanan produk (tidak harus membeli). Amati bagaimana affiliate merchant melakukan follow up kepada Anda melalui email. Dari sana Anda bisa menilai seefektif apa follow up yang dilakukan affiliate merchant.
Contact & Support
Contact and Support ini juga menjadi bagian yang penting, terutama ketika nantinya ada masalah di tengah proses perjalanan bisnis Anda.
Misalnya affiliate merchant lupa membayar komisi Anda bulan ini, maka dengan adanya contact & support yang jelas maka Anda tahu kemana dan dengan mudahnya mengajukan klaim dan menuntut hak Anda.
Lewat contact dan support ini juga, Anda bisa bertanya banyak soal sistem yang digunakan affiliate merchant. Sehingga Anda bisa melakukan penilaian seberapa fair (adil) sistem yang digunakan. Apakah nantinya Anda sebagai affiliate marketer memiliki komisi yang layak.
Disamping untuk kebutuhan Anda pribadi, contact dan support ini juga bisa membantu meyakinkan prospek anda. Mereka bisa bertanya banyak dan meminta kejelasan soal produk yang Anda referensikan langsung ke affiliate merchant. Dan bila terjadi penjualan, maka komisi menanti Anda.
3. Reputasi Affiliate Merchant
Ini adalah point terakhir yang perlu ada pertimbangkan dalam memilih affiliate merchant yang akan diajak kerjasama, yakni reputasinya. Ada jutaan ribuan merchant lahir setiap harinya. Ada yang memiliki reputasi baik dan ada yang tidak. Tentu dalam hal ini, lebih enak bekerja sama dengan affiliate merchant yang reputasinya baik.
Bersama affiliate merchant yang punya reputasi, Anda sudah mengantongi satu kepercayaan yang bisa dijadikan senjata andalan dalam mereferensikan produk mereka kepada para prospek. Dan bicara soal reputasi, biasanya tidak jauh dari popularitas. Affiliate Merchant yang memiliki reputasi baik tentu akan banyak dikenal dan disebut. Untuk membuktikannya, sekali lagi kita bisa meminta bantuan mesin pencari google.
4. Komisi yang Diberikan
Ada banyak tipe komisi yang ditawarkan oleh merchant affiliate. Yang paling popular adalah pay par click, pay per sale, dan pay per sale. Bahkan dari beberapa diantaranya menawarkan komisi sistem bertingkat.
5. Fasilitas yang diberikan
Sebagian besar merchant affiliate memberikan beberapa fasilitas kepada affiliatenya untuk memudahkan mereka dalam melakukan promosi. Selain banner iklan, mereka juga menawarkan training gratis untuk meningkatkan penjualan, pelacakan informasi, statistik penjualan, newsletter, dan bahkan program situs yang sudah teruji.
6. Pembayaran
Pembayaran adalah faktor utama yang harus diperhatikan pada saat Anda mencari affiliate merchant yang tepat. Setelah semua kerja keras yang Anda kerjakan untuk melakukan promosi, Anda harus memastikan kalau Anda dibayar tepat waktu. Yang paling penting adalah Anda membaca semua perjanjian dengan teliti, jangan sampai Anda kecewa dibelakang.
7. Penggunaan Tracking Cookie.
Ada banyak pengunjung yang tidak langsung membeli pada saat itu juga. Dengan adanya sistem tracking cookie, maka merchant dapat mencatat setiap calon konsumen yang kembali dan melakukan pembelian.
Luangkan waktu Anda untuk dapat menemukan merchant yang tepat dan mempunyai produk yang cocok dengan topik situs anda. Ingat, tugas Anda bukan hanya mencari produk yang laris, tetapi produk yang tepat untuk situs Anda.
Semoga bermanfaat, mau belajar lebih serius kunjungi link ini http://www.panduanbuatsitus.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar