PPC merupakan salah satu cara mendapatkan pengunjung dengan melakukan promosi lewat iklan Pay Per Click.
Walaupun PPC merupakan suatu teknik yang menuntut Anda mengeluarkan biaya promosi lebih di banding SEO, dengan cara ini Anda bisa mendapatkan kunjungan lebih cepat dan mudah dari pada SEO.
Lalu apa hubungannya landing page dan PPC campaign?
Landing page merupakan salah satu hal terpenting dalam PPC campaign karena landing page akan menjadi halaman pertama yang didatangi pengunjung situs setelah mengklik iklan Anda. Landing page yang dirancang dengan baik akan meningkatkan nilai konversi dan membuat PPC campaign Anda lebih efektif.
Tingkat keberhasilan PPC campaign Anda sangat tergantung pada landing page. Adapun beberapa tips dalam membuat landing page yang baik, yaitu :
1. Buatlah judul yang menarik
Sebuah landing page harus mengandung sebuah judul yang menarik perhatian karena akan dilihat pertama kali pengunjung ketika melihat landing page situs Anda. Buatlah judul sesuai dengan keinginan pengunjung. Sebagai contoh, jika pengunjung ingin mendapatkan penghasilan tambahan, Anda dapat menggunakan menuliskan judul “Rahasia uang dari internet Rp 1.500.000,-/hari”. Tulislah judul dengan huruf besar dan dicetak tebal agar mudah dibaca.
2. Buatlah isi yang sangat relevan dengan iklan anda
Isi dalam landing page harus sesuai dengan iklan Anda. Begitu juga dengan Judul, deskripsi dan kata kunci dalam iklan Anda. Sebagai contoh jika Anda berbicara tentang rahasia uang di internet dalam iklan Anda, maka landing page Anda juga harus berbicara mengenai rahasia uang di internet. Anda dapat membuat halaman terpisah untuk menampilkan setiap penawaran. Pengunjung yang Anda dapatkan dari PPC campaign sebagian besar akan mencari bagian tertentu saja. Apabila pengunjung situs Anda tidak menemukan pada landing page, maka pengunjung akan meninggalkan situs Anda.
3. Buatlah konten yang unik dan berguna
Landing page Anda harus berisi konten yang unik dan berguna. Konten dalam landing page Anda sebaiknya jangan berisi informasi, karena pengunjung tidak mempunyai banyak waktu untuk membaca dari awal hingga akhir. Konten harus dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan pengunjung dan memberitahukan tentang produk yang Anda tawarkan. Informasi pada landing page harus berupa piramida terbaik, maksudnya kesimpulan dan point paling penting harus berada di bagian atas, sedangkan informasi yang kurang mendukung berada pada posisi bawah.
4. Pasanglah link “Call to action” pada halaman atas
Tujuan landing page yaitu untuk mendorong pengunjung Anda untuk mengambil tindakan yang diinginkan misal membeli sebuah produk yang Anda tawarkan. Call to action seperti “klik disini” atau “Beli sekarang” harus berada di atas agar mudah terlihat oleh pengunjung tanpa melakukan scroll halaman.
5. Pasanglah gambar yang menarik
Ada pepatah bilang bahwa gambar dapat mengungkapkan sesuatu lebih daripada sebuah kata-kata. Gunakan gambar yang menggambarkan dan menawarkan produk Anda sehingga pengunjung dapat memperoleh informasi yang jelas mengenai produk penawaran Anda.
6. Hapuslah navigasi situs
Memasang link navigasi situs pada landing page dapat mengalihkan pikiran pengunjung situs anda. Oleh karena itu, hapuslah link navigasi situs Anda agar dapat mengontrol penuh pengunjung ketika melihat konten pada landing page. Hal ini dapat membantu Anda menciptakan pola pikir pengunjung Anda dalam mengambil keputusan dengan mudah
7. Evaluasi hasil
Buatlah beberapa landing page untuk penawaran yang sama dan analisalah halaman tersebut dengan membandingkan landing page yang satu dengan yang lain. Tes ini akan membantu Anda untuk mengetahui landing page mana yang bekerja lebih baik sehingga Anda dapat memperbaikinya yang pada akhirnya dapat meningkatkan nilai konversi situs Anda.
Setelah Anda membuat Landing Page yang baik untuk PPC campaign, langkah selanjutnya yaitu mempromosikannya ke penyedia layanan PPC. PPC adalah suatu cara beriklan dengan hitungan setiap klik dari pengunjung. Jadi Anda sebagai publisher/penerbit iklan akan membayar ke perusahaan/penyedia jasa jika iklan yang mereka pasang di klik oleh pengunjung.
Dibandingkan dengan SEO, PPC memiliki beberapa keunggulan, yaitu: nilai konversi lebih tinggi, menghasilkan kuantitas order yang lebih besar, dan mendatangkan pengunjung website yang rata-rata waktu kunjungannya lebih lama. Namun Anda perlu menyiapkan dana lebih untuk membayar iklan PPC yang ditayangkan.
Saat ini ada banyak sekali penyedia jasa layanan PPC. Sebelum Anda mempromosikan affiliate produk anda, pertimbangkanlah tarif dan layanan iklan PPC tersebut. Berikut ini daftar penyedia layanan iklan PPC baik lokal maupun internasional beserta tarifnya.
Lokal
1. Kumpul Blogger
• Alamat http://www.kumpulblogger.com
• Tarif Teks link : Rp 500
• Mini banner : Rp 600
2. Klik Saya
• Alamat http://www.kliksaya.com
• Tarif Teks link : Rp 400
• Mini banner : Rp 500
3. Adsensecamp
• Alamat http://www.adsensecamp.com
• Tarif Teks link : Rp 500
Internasional
Google Adwords
• Alamat http://adwords.google.com
• Tarif Aktivasi : Rp 50.000
• Biaya per klik : Rp 90
• Biaya per ribuan tayang : Rp 2500
• Minimal pembayaran : Rp 100.000
dll
Demikian semoga bermanfaat. Jika anda mau belajar lebih sistematis dan punya panduan yang terukur selangkah demi selangkah silakan kunjungi link ini http://www.panduanbuatsitus.com atau klik saja di sini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar