Selasa, 25 Januari 2011

Long Tail Keyword Atau Short Tail Keyword?

Sebelumnya saya sudah membahas tentang pengertian keyword dan mengapa itu penting. Sekarang saya akan menjelaskan tentang jenis-jenis keyword yang bisa Anda pakai untuk website anda. Karena memahami jenis-jenis keyword yang bisa Anda gunakan sangat penting untuk mengoptimasi posisi di search engine.

Dalam dunia internet ada dua jenis keyword, keyword panjang dan keyword pendek. Keyword panjang disebut Long Tail Keyword, sedangkan keyword pendek disebut Short Tail Keyword. Keduanya memiliki ciri-ciri yang berbeda berdasarkan panjang pendek atau banyak sedikitnya kata yang digunakan.

Short tail keyword merupakan keyword yang pendek, yang biasanya terdiri dari 1 sampai 2 kata saja. Contohnya

• web desain
• internet
• bisnis internet
• weightloss programs
• weightloss centers
• weightloss pills
• dll

Sedangkan long tail keyword bisanya terdiri dari 3 atau lebih kata, dan biasanya membentuk sebuah frase dengan makna yang jelas. Contohnya

• small bussines web design
• benefits of nuts in weightloss
• weightloss recipes for juicers
• quick weightloss cardio workouts
• weightloss after three months

Keduanya mempunyai fungsi yang berbeda dalam Search Engine dan SEO. Long tail keyword tidak begitu banyak mendatangkan trafik tetapi Anda akan lebih mudah mendapat posisi tinggi di search engine di bandingkan dengan short tail keyword.
Perhatikan kurva berikut ini:

Keterangannya:

• Semakin sedikit kata yang digunakan semakin banyak persaingan yang akan Anda dapatkan di search engine. Dan untuk memenangkan persaingan Anda membutuhkan usaha yang extra keras. Demikian juga jika menggunakan strategi iklan PPC, Anda akan lebih banyak mengeluarkan uang untuk memenangkan persaingan keyword tersebut. Selain itu konversi yang Anda dapatkan jika menggunakan keyword pendek lebih rendah dibanding menggunakan keyword panjang.

• Dengan keyword yang panjang, Anda akan memiliki saingan yang sedikit di search engine sehingga Anda tidak memerlukan banyak pengeluaran untuk memenangkan persaingan. Konversinya pun tinggi.

Melihat kurva dan keterangannya tersebut manakah yang akan Anda pilih? Kalau saya pribadi dan banyak pebisnis internet lain lebih memilih yang Long tail.
Berikut ini ada beberapa manfaat Long Tail Keyword:

1. Mudah mendapatkan Posisi Teratas di search engine.

Karena persaingannya rendah, Anda akan mendapatkan kesempatan besar untuk mendapatkan rangking yang lebih tinggi.

2. Mudah mendapatkan trafik tertarget.

Mereka yang serius mencari informasi akan mengetikkan informasi yang lebih spesifik yaitu menggunakan long tail keyword, nah inilah kesempatan Anda mendapatkan mereka. Merekalah trafik-trafik tertarget anda.

3. Konversinya tinggi.

Biasanya orang yang menggunakan keyword yang panjang merupakan orang yang serius dengan topik tersebut, jika Anda memakainya maka Anda akan berkesempatan mendapatkan konversi yang tinggi.

Untuk membuat list long tail keyword yang efektif, Anda bisa mencoba beberapa langkah berikut :

1. Carilah gambaran umum mengenai produk Anda dan tambahkan detail kata, jika Anda telah mendapatkan sedikit ide maka perluaslah, dengan mempertanyakan beberapa pertanyaan sebagai dasar perkembangan dari ide dasar anda.

• Kata apa yang berkaitan dengan produk affiliasi Anda ?

• Produk Anda termasuk dalam industri apa atau termasuk dalam kategori apakah produk Anda ?

• Carilah hubungan antara produk dengan dan di bidang apa produk itu untuk menciptakan sebuah sebuah kalimat atau keyword baru.

• Kalimat atau keyword mana yang berhubungan dengan produk termahal anda

• Keyword apa yang ditargetkan oleh pesaing anda

2. Pelajari keyword yang dipakai dalam iklan PPC untuk menambah pembendaharaan keyword anda

• Cek sebuah keyword dan periksalah apakah tyerdapat iklan atau tidak. Jika iya, berarti keyword tersebut merupakan keyword yang menguntungkan.

• Keyword yang di targetkan oleh ads tersebut akan di hadirkan dalam bentuk tebal, lalu carilah beberapa variasi dengan keyword tersebut dan lihat ada berapa yang muncul

3. Lakukan riset mengenai keyword anda, dan selidikilah situs muncul di posisi teratas.

• Jika Anda memasuki sebuah website yang terkenal, pilihlah ” view source”. Hal ini kan menunjukkan sumber dari kode HTML situs tersebut, di beberapa baris pertama dari kode HTML, Anda bisa melihat judul, deskripsi, dan meta tags dari keyword. Perhatikan dengan baik siapa tahu Anda dapat menggunakannya untuk website anda.

• Setelah Anda melihat source code, Anda bisa melihat konten dari website tersebut, carilah beberapa kata atau kalimat yang mungkin dapat Anda gunakan
4. Periksalah keyword tools

• Anda bisa gunakan keyword tool untuk melakukan pencarian keyword.
5. Jadilah seorang yang kreatif

• Buatlah daftar tentang potensial keyword yang dapat Anda gunakan. Carilah informasi sebanyak-banyaknya dengan berbagai cara di atas atau cara yang Anda ciptakan sendiri.

Demikian semoga bermanfaat. Jika anda mau belajar lebih sistematis dan punya panduan yang terukur selangkah demi selangkah silakan kunjungi link ini http://www.panduanbuatsitus.com atau klik saja di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar