Rabu, 26 Januari 2011

Menggunakan Google Keyword Tool untuk Riset Keyword

Di sini saya jelaskan dua cara. Pertama yaitu dengan maksud mencari keyword yang berhubungan dengan suatu website, sedang kedua adalah dengan langsung mengetikkan keyword yang ingin diriset.

Kita mulai dengan cara pertama. Silakan buka http://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal

Bila muncul captcha, silakan tuliskan angka/huruf yang muncul dan klik submit.

Kemudian untuk mengintip keyword yang dipakai suatu website, silakan isi alamat website yang ingin diintip keywordnya.

Pada “opsi lanjutan”, Anda bisa lokasi serta bahasa. Kalau Anda pilih “semua negara” dan “semua bahasa”, artinya pencarian keyword yang dipakai situs tersebut dilakukan di semua negara dengan semua bahasa.

Senadaianya Anda pilih “Amerika Serikat” dengan pilihan bahasa “Jerman” misal, berarti pencarian keyword hanya dilakukan di Amerika dengan pencarian menggunakan bahasa Jerman.

Bila dirasa perlu, Anda bisa juga centang “pencarian mobile”. Berarti ande ingin melakukan pencarian yang menggunakan internet secara mobile (lewat handphone).
Pada saring kata kunci, Anda bisa pilih penelusuran berdasarkan: Pangsa iklan; Penelusuran bulanan lokal; Penelusuran bulanan global; Persaingan; Perkiraan BPK Rata-rata; dan Pangsa penelusuran.

Anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan anda.

Pada contoh di bawah saya pilih “Penelusuran bulanan global” karena saya ingin melakukan riset keyword website tersebut di seluruh dunia, berkaitan dengan pemilihan “semua negara” dan “semua bahasa” pada pilihan “lokasi dan bahasa”.

Jika sudah, klik telusuri.

Tunggu sebentar. Kemudian lihat hasilnya.

Pada bagian kiri (tulisan “berisi), Anda akan lihat keyword-keyword yang dipakai website tersebut. Anda bisa pilih “cacah tertinggi” untuk mengurutkan keyword-keyword utama website tersebut.

Sementara pada bagian kanan (“gagasan kata kunci”) terdapat ide-ide kata kunci yang berhubungan dengan niche website tersebut. Anda bisa lihat keyword-keyword tersebut.

Kemudian di sana juga terdapat kolom “persaingan” yang menunjukkan tingkat persaingan keyword tersebut. Semakin penuh garis hijaunya berarti persaingannya bertambah tinggi.

Kemudian pada kolom “penelusuran bulanan global” menunjukkan tingkat pencarian masing-masing keyword secara global. Misal pada keyword “weight loss diets” terdapat 450 ribu penelusuran bulanan global, artinya sejumlah itu pencarian keyword tersebut.

Kemudian pada “penelusuran bulanan lokal” menunjukkan pencarian keyword tersebut secara lokal.

Dan pada “tren penelusuran” menunjukkan pencarian tren pencarian suatu keywird dari waktu ke waktu. Semakin tinggi grafiknya berarti semakin banyak yang mencarinya.

Kemudian cara kedua adalah dengan langsung mengetikkan keyword yang ingin dilakukan riset.

Misalkan seperti screenshot di bawah ini kita coba tambahkan dengan penelusuran mobile dengan pemilihan keyword “weight”.

Maka hasilnya pun akan ditampilkan di bagian bawah.

Demikian semoga bermanfaat. Jika anda mau belajar lebih sistematis dan punya panduan yang terukur selangkah demi selangkah silakan kunjungi link ini http://www.panduanbuatsitus.com atau klik saja di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar