Selasa, 18 Januari 2011

Prinsip #4 – Membangun daftar kontak di website

Untuk menjadi super affiliate, Anda tidak hanya mengarahkan pengunjung untuk mengklik link merchant, tapi juga mengarahkan mereka agar bisa mengenal Anda lebih dekat.

Bagaimana caranya? Bukankah tugas utama affiliate marketer hanyalah menjadi perantara antara pengunjung dan merchant?

Memang benar. Anda tidak salah. Seorang affiliate marketer hanya berperan sebagai perantara antara pengunjung dan merchant. Jika Anda berhasil membawa pengunjung mengunjungi website merchant berarti tugas Anda telah selesai.

Namun, itu hanyalah tugas untuk para affiliate biasa (normal affiliate), bagi super affiliate, bisnis bukan hanya sekadar bertransaksi, tapi juga membangun relasi. Artinya, yang dipikirkan oleh super affiliate tersebut pertama kali adalah bagaimana membangun hubungan yang baik dengan pengunjung. (Anda akan belajar tentang perbedaan affiliate biasa dan affiliate super di pembahasan selanjutnya)
Untuk menjalin relasi dengan pengunjung, Anda tentu membutuhkan media. Salah satu media yang bisa digunakan adalah email. Namun, bagaimana Anda mendapatkan email setiap pengunjung?

Tentu saja dengan membangun daftar kontak seperti yang saya maksud di atas. Tahukah Anda apa yang disebut dengan daftar kontak? Sebenarnya, daftar kontak itu hampir sama dengan daftar prospek. Artinya, Anda menyediakan form sederhana yang berisi tentang data diri pengunjung (yang paling penting adalah nama dan alamat email) untuk dijadikan daftar prospek bisnis Anda.

Biasanya, form ini merupakan daftar kontak untuk mendapatkan sesuatu yang Anda tawarkan, ini yang disebut dengan lead product. Nah, lead product merupakan rangkaian produk berantai sebelum back end product. Dengan memberikan harga murah atau bahkan menggratiskan lead product ini, Anda tentu lebih mudah mengajak pengunjung mengisi daftar kontak yang telah disediakan.

Hal ini sama persis saat Anda menawarkan uang 100 ribu rupiah pada orang dengan syarat mereka memberikan nama depan dan alamat email mereka pada Anda.

Setelah itu, Anda bisa mengoptimasi daftar kontak tersebut dengan autoresponder. Layanan autoresponder memungkinan Anda untuk mengirim email secara otomatis pada pengunjung setelah mereka mengopt-in list Anda. Tentu saja, email-email ini harus berisi beberapa pesan follow up yang telah Anda persiapkan sebelumnya. (Jangan khawatir, Anda akan banyak belajar tentang autoresponder dan email campaign ini di pembahasan yang akan datang).

Yang terpenting Anda sudah tahu bahwa salah satu prinsip yang perlu Anda pegang untuk menjadi super affiliate adalah membangun daftar kontak.

Jika Anda tak sabar dan ingin belajar lebih sistematis dari A sampai Z kunjungi saja link ini http://www.panduanbuatsitus.com atau boleh juga klik di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar