Mempromosikan Bisnis Lewat Facebook Ads
Dunia advertising di dunia maya semakin berkembang. Sebelum muncul Facebook, selain Google Adword yang menjadi pilihan paling efektif bagi para pemilik bisnis, ada pula seperti review blog, sistem afiliasi yang diterapkan oleh banyak perusahaan pada blog-blog yang berpage rank tinggi, atau sistem situs jejaring iklan baris yang kini mulai ditingalkan banyak orang karena ketidak efektifannya.
Banyak sekali cara untuk mengiklankan bisnis di internet dan setelah muncul dan populernya facebook di dunia maya, dunia internet marketing menghadapi tantangan baru dan fasilitas baru dalam mempromosikan produk barang dan jasa online nya melalui facebook, yang banyak orang mengakui, merupakan situs jejaring yang paling mutakhir di muka ini.
Siapapun tidak akan meragukan kemampuan facebook di dalam dunia advertising. Bahkan, banyak internet marketers mengatakan bahwa facebook Ads di banyak sisi, jauh lebih efektif daripada Google Ads. Pengguna facebook yang lebih dari 400 juta orang adalah salah satu faktor penting besarnya keefektifan facebook ads. Ternyata ada perbedaan mendasar yang membuat hasil dari google ads dan facebook ads yang ternyata sama-sama memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing dari mereka.
Salah satu penyebabnya adalah perbedaan sistem dari keduanya. Google menggunakan sistem targetted keyword dalam pemasangan iklan yang kita punya. Yaitu dengan sistem pencarian google yang maha dahsyat itu, iklan kita akan ditamplikan di halaman yang memiliki konten yang sejenis dengan iklan kita, sehingga kemungkinan terkliknya iklan kita sangatlah tinggi.
Hal ini juga sangat menguntungkan para bloggers yang sering menulis tentang minat dan hobi mereka karena mereka pun juga bisa mengikuti program Google Adsense dan mendapatkan share keuntungan dari Google dari link yang diklik oleh pengunjung mereka.
Tetapi efek negatifnya, banyak bloggers yang tidak lagi murni membagi informasi kepada para pembacanya, tetapi semata-mata membuat tulisan yang mengandung artikel dan mengejar popularitas alexa dan page rank google semata, dan meningkatkan pendapatan mereka dari Adsense.
Efek negatif dari pembaca adalah saat mereka mencari sesuatu melalui Google, mereka akan bertemu dengan tautan-tautan yang minim informasi, yang ada hanyalah informasi-informasi mendasar yang mereka telah ketahui dengan link google ads di sekitarnya. Ironisnya, seringkali blog-blog tersebut bisa berada dalam 10 besar rangking SERP (Search Engine Result Page) google, karena mereka telah mempelajari dengan teliti bagaimana sistem kerja spider google dalam mencari halaman atas keyword tertentu.
Maka dari itulah, Google berkewajiban terus memperbaharui sistem pencariannya atau beresiko menjadi sistem pencari yang akan ditinggalkan para penggunanya.
Facebook ads, yang mulai populer beberapa tahun belakangan, mengambil pendekatan yang cukup berbeda dari Google. Walaupun bukan bermaksud menyaingi Google, tetapi mau tidak mau, ada sedikit persaingan disana. Keuntungan dari Facebook adalah bahwa para target market mereka telah terdaftar di data base mereka, lengkap dengan identitas, umur, hobby, pekerjaan, minat, dan sebagainya.
Tentu saja ini sangat membantu facebook dalam meningkatkan keefektifan iklannya. Targetted word yang diusung oleh Google, di dalam facebook, berubah menjadi targetted people yang diharapkan akan lebih efektif menjangkau para pengguna facebook. Targetted people, artinya kita bisa memasarkan produk kita yang terkadang segmented, atau target market kita yang kita sasar sebagai konsumen produk kita sendiri.
Teknis dari facebook ads adalah seperti ini. Pemilihan target market yang spesifik yang ditawarkan oleh facebook dijelaskan dibawah ini:
1. Location
Menentukan target yang berdomisili mana yang Anda pilih.
2. Age
Rentang umur dari target market yang Anda sasar dari produk Anda.
3. Birthday
Dapat Anda setting jika produk Anda berupa gift atau suvenir untuk hadiah ulang tahun.
4. Sex
Jenis kelamin yang Anda targetkan dari produk Anda.
5. Keyword
Keyword dari produk Anda.
6. Education
Tingkat pendidikan yang ingin Anda tuju.
7. Workplaces
Berhubungan dengan tempat kerja yang telah Anda targetkan dari produknya.
8. Relationship
Jika produk Anda bersegmen untuk orang yang telah menikah, singel, atau pun masih berpacaran.
9. Interested in
Ini adalah minat dari para target market Anda, misalnya produk Anda berhubungan dengan musik, pilih pada musik.
10. Languages
Para pengguna bahasa apa saja yang menjadi target market Anda.
11. Connection
Para user yang berhubungan dengan page,event, atau group tertentu.
12. Friends of connection
Teman dari orang yang berhubungan dengan page, event, atau group tertentu yang Anda anggap merupakan potensial market dari produk Anda.
Setelah mengisi formulir yang disediakan facebook, secara otomatis facebook akan mengkalkulasi jumlah target market Anda di database mereka. Dan dengan cepat Anda dapat mengetahui jumlah target market Anda yang mempunyai kemungkinan membeli atau mengakses produk Anda. Terlihat sangat efektif bukan? Silahkan Anda mencoba mempromosikan bisnis Anda lewat facebook.
Bahkan nantinya, jika Anda ingin memulai bisnis melalui facebook, maka bisnis Anda akan sangat cepat tersebar lewat newsfeed dan dengan segala fasilitas yang disediakan facebook segalanya akan terasa lebih mudah.
Demikian semoga bermanfaat. jika Anda mau punya penghasilan sampingan yang nantinya bisa lebih besar dari penghasilan utama Anda saat ini, sekarang juga segera Daftarkan nama Anda dengan mengklik link ini. Mr. Actionclub.com, jangan sampai terlambat.
Salam Sukses!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar