Kamis, 24 Februari 2011

Kiat Beriklan Untuk Mencapai Hasil Maksimum

Seberapa Seharusnya CPC Maksimum Anda?

CPC (cost per click) maksimum adalah harga maksimum yang bersedia Anda bayar kepada Google Adwords, ketika iklan Anda mendapatkan klik. Penentuan CPC maksimum harus diatur pada saat Anda mulai melakukan kampanye iklan di adwords.

Penentuan penawaran CPC maksimum merupakan salah satu faktor yang menentukan dalam penempatan urutan atau ranking iklan adwords Anda pada google.

Kenapa Begitu?

Perlu diketahui, google tidak begitu saja menempatkan urutan iklan pada tampilan adwords nya. Setiap iklan ditampilkan dengan urutan berdasarkan ranking. Apabila iklan Anda ingin tampil pada urutan tertinggi, Anda harus memiliki ranking tinggi juga.

Lalu bagaimana google menentukan ranking tersebut?
Google menentukan ranking iklan berdasarkan rumus sebagai berikut :

Melihat rumus di atas, mungkin Anda mengambil kesimpulan seperti ini :
Apabila ranking didapat dari hasil perkalian quality score dengan CPC max, berarti ranking tinggi bisa didapat dengan melakukan penawaran (bid) CPC max setinggi mungkin.

Kesimpulan seperti di atas tidak salah. Namun harus diingat bahwa anggaran atau budget iklan memiliki limit atau batasan. Tidak semua mampu memberikan CPC max tinggi. Terkadang Anda harus memutar otak bagaimana caranya agar ranking iklan kita tinggi, namun dengan CPC max yang rendah.

Harap diingat, ada faktor CTR (click through rate) di sana. Kesimpulan di atas hanya berlaku apabila Anda dan kompetitor Anda memiliki CTR yang sama. Apabila CTR Anda sangat jauh lebih rendah dibandingkan kompetitor Anda, Anda mungkin tidak akan sanggup menentukan CPC max agar dapat mengungguli ranking pesaing Anda.
Lalu apa yang dimaksud CTR ?

Secara umum CTR dapat diasumsikan sebagai salah satu cara google adwords menghargai kualitas.

Maksudnya ?

Anda boleh saja hebat menulis iklan untuk adwords. Namun apabila google dan jaringannya menganggap tidak adanya relevansi antara iklan yang Anda pasang dengan misalnya landing page dari iklan tersebut, dapat dipastikan CTR Anda jelek.
Kenapa demikian

Google adwords berupaya meminimalisir pihak-pihak yang hanya menginginkan trafik yang tinggi, tanpa memikirkan kepentingan konsumen. Banyak pengguna mesin pencari kecewa ketika mendapatkan sebuah iklan yang menarik bagi mereka, namun ketika mereka klik, yang mereka dapatkan ternyata tidak seperti yang diharapkan. Jadi google adwords menghindari hal itu.

Perlu Anda camkan, jangan pernah berusaha mengelabui google. Karena apabila hal semacam itu Anda lakukan, Anda akan berurusan dengan banned dari pihak google. Karena performa riwayat Anda akan selalu diperhitungkan oleh google, maka tingkatkan selalu kualitas, dan jangan ambil jalan pintas, karena akan sangat mencoreng history Anda sendiri di mata google.

Lalu faktor apa saja yang dijadikan dasar penilaian CTR ?

• Kesesuaian antara keyword dengan teks iklan pada google
• Kesesuaian antara keyword, teks iklan dan konten landing pages.

Bersyukurlah Anda, karena google adwords tidak hanya mementingkan bid PPC max, namun juga masih menghargai kualitas.

Ada vendor program PPC (pay per click) lain (bukan google adwords), yang hanya menentukan ranking berdasarkan bid CPC max. Bandingkan dua tabel ilustrasi penentuan urutan posisi iklan, ketika melakukan bidding pada PPC lain dan bidding pada google adwords.

PPC yang memakai rumus :


PPC Google Adwords :


Dengan memperhatikan tabel ilustrasi di atas, Anda mungkin telah mengerti cara penentuan posisi iklan pada adwords bukan

Baik. Sekarang kita masuk ke inti permasalahannya.

Berapa sebaiknya Anda melakukan bid CPC max, diluar asumsi CTR yang Anda miliki?
Sebenarnya melakukan bidding lebih kepada pendekatan strategi. Seperti di bagian awal tulisan ini, idealnya Anda menentukan CPC max yang rendah, namun mendapatkan posisi yang baik.

Di bawah ini beberapa faktor yang harus Anda pertimbangkan dan Anda lakukan sebelum melakukan bid CPC maksimum :

1. Perhatikan anggaran yang Anda miliki. Berapa anggaran maksimum per hari yang sanggup Anda keluarkan. Jangan pernah memberikan penawaran maksimum yang tidak mungkin dapat Anda bayar. Namun juga Anda jangan memberikan penawaran yang terlalu rendah, sebab posisi Anda akan sangat rentan tergeser pesaing lainnya.

2. Sebagai langkah pertama, jangan memberikan penawaran terendah (minimal) misalnya pada google adwords $0.05. Sebab dengan satu iklan pesaing saja, posisi Anda akan segera tergeser.

3. Selalu perhatikan pergerakan posisi, baik iklan Anda maupun pesaing Anda. Segera rubah penawaran CPC max, sesuai kondisi yang terjadi (bisa dinaikkan atau diturunkan).

4. Menjaga target untuk selalu menempati posisi pertama terkadang boleh dikesampingkan. Tidak masalah apabila iklan Anda memang hanya sanggup menempati posisi kedua atau ketiga. Yang penting adalah iklan Anda dapat bertahan dalam persaingan tersebut.

Strategi yang mungkin dapat Anda lakukan dalam mencari CPC max yang rendah adalah dengan cara mencoba beberapa keyword yang akan Anda gunakan untuk iklan Anda. Perhatikan kompetisi yang ada.

Coba masukan satu demi satu keyword ke google search engine. Di kolom sebelah kanan tempat iklan ditampilkan, Anda dapat memperhatikan seberapa banyak pesaing Anda. Apabila Anda beruntung, pada salah satu keyword, Anda bisa mendapatkan kolom sebelah kanan dalam kondisi kosong. Pakailah keyword tersebut. Itu sangat menguntungkan bagi Anda. Kenapa? Iklan Anda dapat langsung menempati posisi teratas hanya dengan penawaran minimum

Tapi ingat. Yang harus Anda tes adalah keyword yang akan Anda gunakan. Jangan coba mencari keyword yang kosong dengan maksud mendapatkan kompetisi yang ringan, sedangkan iklan yang akan Anda pasang tidak ada relevansinya sama sekali dengan keyword tersebut. Itu akan menjadi bumerang bagi Anda. Ingat histori CTR Anda akan tercoreng. Jangan gadaikan CTR demi mendapat CPC minimal.

Dari uraian di atas, Dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :

1. CPC maksimal yang dipasang jor-joran tidak akan pernah menjamin iklan Anda menempati posisi teratas.

2. Jangan pernah menentukan CPC max yang tidak sesuai dengan budget yang Anda miliki. Selalu kalkulasikan dan rencanakan budget yang realistis.

3. Apabila budget mencukupi, disarankan untuk tidak memasang CPC max terlalu rendah. Apalagi senilai minimal karena akan rentan digeser pesaing Anda.

4. Selalu perhatikan tren persaingan yang terjadi. Awasi pergerakan posisi iklan Anda dan pesaing Anda. Apabila diperlukan coba pelajari cara pesaing Anda menulis iklan, coba kunjungi juga landing pages mereka. Siapa tahu Anda mendapatkan senjata untuk mengalahkan pesaing Anda dengan cara mempelajari kelebihan dan kekurangan mereka.

5. Segera lakukan perubahan CPC max apabila terjadi perubahan posisi pada iklan Anda. Sesuai kondisi, naikkan atau turunkan CPC Anda segera.

6. Pelihara kredibilitas dan kualitas, agar histori CTR Anda meningkat. Dengan begitu iklan Anda dapat menempati posisi yang baik, dengan CPC max yang semakin rendah.

Demikian semoga bermanfaat, jika Anda mau punya penghasilan sampingan lewat internet yang bisa lebih besar dari penghasilan utama Anda saat ini, coba daftarkan nama Anda di sini Mr. Actionclub.com, semoga berhasil.

4 komentar: