Google Adwords
1. Pengertian Google Adwords
Google Adword merupakan salah satu media pemasaran bagi wirausahawan internet (netpreneur). Dengan adanya Google Adwords Anda akan terbantu dalam mengembangkan usaha Anda ke pasar yang lebih luas atau internasional.
Penggunaan Google Adwords di luar negeri, saat ini sudah menjadi tradisi dalam memasarkan produk dan layanan mereka. Pasalnya, masyarakat di luar negeri sana mempunyai kepercayaan yang tinggi terhadap penggunaan internet. Penetrasi internet di luar negeri memang sudah menjangkau ke pedesaan sehingga hampir tidak ada hambatan para pengusaha/perusahaan memasarkan produk dan layanannya melalui Google Adwords.
Berdasarkan data dari Google, pengguna internet di Indonesia menduduki urutan kelima di Asia dan termasuk 20 negara terbesar pengguna internet di dunia. Hal ini tentunya cukup menggembirakan bagi Anda seorang wirausaha internet karena selain jangkauan iklan Anda akan semakin luas, juga membuktikan bahwa kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap penggunaan internet semakin tinggi.
2. Layanan Google Adwords
Layanan Google Adwords berbasiskan PPC (Pay per click/Bayar per klik). Sebagai pemasang iklan di Google Adwords, Anda hanya akan membayar iklan Anda yang diklik oleh pengunjung internet tanpa memperhitungkan waktu tayang. Iklan yang Anda masukkan dalam Google Adwords akan ditampilkan dalam hasil pencarian Google seperti ditunjukkan pada gambar 1 (berwarna kotak merah).
Dibandingkan dengan PPC lain, Google Adwords relatif murah dan mudah pemasangannya. Selain itu Google adwords memiliki tingkat efektivitas yang tinggi karena Google akan mengklasifikasikan iklan Anda berdasarkan kata kunci (keyword). Kata kunci ini mirip dengan iklan di surat kabar atau majalah, dimana iklan akan diklasifikasikan berdasarkan produk dan layanan sehingga memudahkan pembaca dalam mencari iklan.
Sedangkan dalam google adwords, kata kunci merupakan kata, frase atau rangkaian kata yang diketikkan oleh pengunjung internet ke dalam search engine Google.
Google hanya akan menampilkan iklan Anda jika sesuai dengan kata kunci yang telah Anda atur. Anda tidak akan membayar jika iklan Anda tidak diklik pengunjung internet. Dengan demikian iklan Anda akan lebih efektif dan efisien karena hanya pengunjung internet yang berminat pada iklan Anda sajalah yang akan membuka iklan Anda.
Selain efektif dan efisien, Google Adwords juga memiliki fitur untuk memaksimalkan iklan Anda. Fitur tersebut, antara lain :
a. Pengaturan target pasar
Jumlah pengguna internet di dunia semakin meningkat dari tahun ke tahun sehingga peluang pasar produk Anda semakin terbuka lebar pula. Agar produk Anda tepat sasaran, maka Anda perlu mengatur target pasar Anda. Dalam Google adwords, Anda dapat mengatur target pasar Anda dengan memberikan kata kunci yang sesuai dengan produk Anda sehingga iklan Anda tidak salah sasaran.
Selain itu, Anda juga dapat membatasi letak geografis dan bahasa untuk memaksimalkan target pasar Anda. Misal iklan yang akan Anda tampilkan hanya untuk orang lokal Indonesia dengan bahasa Indonesia pula.
b. Pengaturan anggaran biaya iklan
Dengan adanya pengaturan biaya iklan Anda dapat memperkirakan besarnya biaya iklan Anda sesuai kebutuhan. Anggaran biaya iklan Anda dapat diprediksi dari rata-rata klik dari masing-masing kata kunci yang telah Anda atur di Google Adwords. Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat menentukan sendiri jumlah maksimum anggaran biaya iklan. Jadi, secara otomatis Google Adwords akan berhenti menayangkan iklan Anda manakala sudah mencapai jumlah maksimum biaya yang telah ditentukan Anda sebelumnya.
3. Cara mendaftar
Berikut ini langkah-langkah mendaftar akun Google Adwords.
a. Pada browser Anda, ketikan url http://adwords.google.com. Akan keluar tampilan Google Adwords seperti ditunjukkan pada gambar 2, seperti di bawah ini:
b. Klik “Mulai sekarang” untuk mendaftar Google Adwords setelah itu muncul tampilan wizard pembuatan akun Google Adwords seperti ditunjukkan pada gambar 3 berikut :
c. Pada wizard tersebut, Anda akan ditanyakan seputar penggunaan akun Google Adwords yang akan dipakai. Jika Anda telah mempunyai akun Google, Anda dapat langsung login. Klik “Masuk” untuk melanjutkan.
d. Langkah berikutnya yaitu penetapan zona waktu dan mata uang seperti ditunjukkan pada gambar 4. Pada zona waktu pilihlah negara Indonesia dengan pilihan zona waktu sesuai dengan lokasi Anda berada. Pada pilihan mata uang, Anda dapat menggunakan mata uang rupiah, dollar atau mata uang yang lain. Klik “Lanjut” untuk melanjutkan.
e. Langkah terakhir yaitu verifikasi akun Google Adwords Anda seperti ditunjukkan pada gambar 5. Proses pembuatan akun Anda telah selesai. Segera cek email Anda untuk mengaktifkan akun Google Adwords Anda. Setelah itu Anda dapat login ke Google Adwords Anda.
Dengan meningkatnya jumlah pengguna internet di Indonesia dan di dunia, maka sudah selayaknya Anda mempertimbangkan layanan Google Adwords sebagai salah satu media pilihan untuk memasarkan produk dan mengembangkan usaha Anda.
Salam Action!
Demikian semoga bermanfaat, jika Anda mau punya penghasilan sampingan lewat internet yang bisa lebih besar dari penghasilan utama Anda saat ini, coba daftarkan nama Anda di sini Mr. Actionclub.com, semoga berhasil.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar