Kupon dan Mailer adalah salah satu alat yang digunakan untuk promosi. Kupon biasanya adalah suatu lembaran kertas yang berisi potongan harga. Sedangkan mailer biasanya adalah surat yang dikirimkan kepada prospek yang isinya tentang promosi.
Ada 2 cara dalam memberikan kupon dan mailer ini, direct dan elekronik. Kupon dan mailer ini merupakan program untuk mengetahui tingkat loyalitas kosumen, apakah loyalitas konsumen tersebut terhadap produk Anda masih tinggi atau tidak juga bisa menambah konsumen dari konsumen yang ada.
Baik kembali ke topik. Kupon dan mailer yang biasa di kirim secara langsung melalui pos. Merupakan cara efektif tapi semenjak munculnya dunia elektronik maka cara ini mulai di tinggalkan. Direct kupon dan mailer di ragukan memiliki kans untuk pengembalian investasi. Dikarenakan banyaknya biaya yang di butuhkan dalam melakukan metode ini, sehingga profit yang dibutuhkan akan menjadi berkurang. Misalkan Anda memiliki bisnis, lalu Anda memutuskan mengirimkan kupon dan mailer kepada para konsumen Anda.
Dan biasanya Anda memberikan penawaran discount harga kepada para konsumen jika mereka membeli produk atau menggunakan servis Anda pada periode tertentu, atau penawaran setelah Anda beberapa kali membeli produk tersebut, maka Anda akan mendapatkan barang secara gratis dengan cara menunjukkan kupon tersebut.
Dan biasanya jumlah pengembalian kupon tidak seperti yang Anda targetkan, hal inilah yang membuat profit Anda menjadi berkurang bahkan mungkin tidak dapat sama sekali.
Biaya dalam pengiriman kupon tersebut lebih besar di bandingkan keuntungan yang Anda peroleh, oleh karena itu direct kupon dan mailer bisa di katakan cara yang kurang efektif, tapi masih ada kemungkinannya untuk berhasil.
Tapi untuk saat ini dengan adanya kemajuan dari internet maka Anda tidak memerlukan direct kupon dan mailer lagi, tapi Anda hanya mengirimkan melalui email bukan hanya penawaran tapi juga termasuk kuponnnya. Dengan begitu biaya yang dipergunakan hanyalah sedikit. Tapi sama seperti direct kupon dan mailer maka Anda juga perlu mengetahui alamat dari email dari konsumen Anda, tapi yang lebih bagus lagi Anda juga bisa mendapatkan alamat email bukan saja dari seorang konsumen tapi juga dari pengunjung yang bersedia menyertakan alamat emailnya walaupun pengunjung tersebut hanya sekedar window shopping.
Selain itu Anda juga bisa mengirimkan kupon dan mailer ini dengan cara merandom jadi Anda tidak memerlukan alamat email, yang perlu Anda lakukan ialah membuat atau mempergunakan software yang memiliki kemampuan untuk mengirimkan ke alamat email. Dengan begitu walaupun yang Anda kirimkan bukanlah pengunjung atau konsumen Anda, dan Anda akan mendapatkan calon pengunjung atau calon konsmen yang baru.
Minimnya biaya yang dipergunakan dalam menggunakan metode ini membuatnya banyak yang mempergunakannya. Tapi jika Anda bergerak dengan secara offline maka Anda membutuhkan sebuah alamat rumah yang hanya bisa Anda dapatkan dari konsumen Anda, range yang di pergunakan tidaklah terlalu luas. Walaupun tidak menutup kemungkinan Anda juga akan mendapatkan seorang konsumen baru.
Tapi biasanya kupon ini di berikan pada saat seorang konsumen melakukan aktivitas bisnis dengan Anda, tidak secara dikirim melalui pos atau surat. Pada saat seorang konsumen melakukan aktivitas pada saat itulah kupon di berikan, dengan begitu maka 2 tujuan dari seorang pebisnis tercapai, yaitu mencoba memepertahankan pelanggan juga ntuk mengetahui tingkat loyalitas dari seorang pelanggan Anda.
Demikian semoga bermanfaat, jika Anda mau berpenghasilan sampingan lewat internet yang bisa lebih besar dari penghasilan utama Anda saat ini, pelajari caranya di sini Mr. Actionclub.com, semoga berhasil.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar