Minggu, 27 Maret 2011

Memulai Program Affiliate

Bagi para usahawan di berbagai bidang bisnis, mencari formula pemasaran bisnis Anda merupakan pekerjaan yang tidak mudah. Namun demikian, berbagai model bisnis dapat Anda temukan melalui internet.

Model bisnis internet sesungguhnya diinspirasi oleh model bisnis offline yang telah ada. Beberapa adaptasi telah dilakukan agar memang fit untuk dilakukan secara online melalui internet. Salah satu model bisnis internet yang sangat banyak digunakan adalah program affiliate.

Program affiliate adalah suatu model bisnis internet, dimana pihak penjual produk (merchant) memberikan imbalan atau komisi tertentu kepada mitra affiliasinya (affiliate), atas jasanya mendatangkan pengunjung atau pembeli.
Skema pemberian komisi telah diatur sebelumnya melalui kesepakatan program. Skema dapat berupa komisi per pengunjung (cost per click) atau komisi per nilai penjualan (cost per action).

Sebagai usahawan, Anda harus mempertimbangkan untuk memulai program affiliate untuk menunjang perkembangan bisnis Anda. Sebab menurut survey program affiliate sangat menguntungkan atau profitable, baik bagi merchant maupun affiliate.

Keuntungan yang paling utama menggunakan program affiliate bagi merchant adalah, Anda tidak harus memberikan gaji bulanan bagi salesman. Melainkan, Anda baru mengeluarkan komisi berdasarkan jasa performa yang diberikan affiliate Anda. Selain itu, program affiliate dapat menembus dua bidang pekerjaan dalam bisnis Anda, yaitu promosi dan marketing.

Bagi affiliate, keuntungan utama program ini adalah mereka tidak harus memiliki produk untuk menjalankan bisnisnya. Dan tentunya program ini telah terbukti profitable. Menurut statistik transaksi online, nilai komisi yang didapat melalui program affiliate di seluruh dunia mendekati angka 8 miliar Dollar Amerika.
Program affiliate sangat cocok dijalankan dalam konteks pemasaran online. Seperti yang telah ditulis di atas, ada dua variasi skema pembayaran komisi program affiliate yang dapat Anda lakukan.

1. Cost per Click (komisi per pengunjung yang dikirim melalui klik pada website affiliate)

2. Revenue sharing (komisi diambil dari nilai pembelian yang dilakukan pengunjung yang dikirim melalui website affiliate)

Dari kedua variasi di atas, Anda diperbolehkan mempergunakan salah satu skema, atau mengkombinasikan keduanya. Tergantung sasaran yang ingin Anda dapatkan.

Cost per click dapat Anda gunakan, apabila Anda menghendaki banyaknya pengunjung, dan mendapatkan peluang sebanyak-banyaknya mendatangkan calon pembeli. Biasanya digunakan bagi penjualan atau marketing berbagai produk yang fit untuk siapa saja.
Revenue sharing ditinjau lebih konservatif. Dimana Anda akan membayar komisi ketika produk Anda terjual. Anda tidak harus keluar uang apabila tidak ada transaksi pembelian dari pengunjung. Namun memang komisi yang diberikan lebih besar berdasarkan prosentase nilai penjualan, atau berdasarkan jumlah item terjual.

Keduanya dapat dipilih salah satu atau mengkombinasikan keduanya. Tentukan mana yang lebih cocok untuk bisnis Anda.

Sebelum memulai program affiliate, Anda harus melakukan beberapa langkah berikut.

1. Membuat website dan sistem yang representatif
2. Merumuskan rancangan program affiliate
3. Membuat rancangan skema komisi
4. Membuat detail alat atau tool program (banner, teks iklan, dll)
5. Melakukan promosi program untuk merekrut affiliate

Website yang digunakan sebagai muara dari pengunjung yang dikirim affiliate harus benar-benar representatif. Biasanya di sinilah pengunjung diyakinkan untuk mengambil keputusan apakah akan melakukan transaksi atau tidak. Selain itu berikan keamanan dan kenyamanan bagi pengunjung yang akan melakukan transaksi, apalagi melibatkan masalah uang.

Program affiliate harus dirumuskan secara matang. Tentukan target yang harus dicapai oleh program, affiliate yang akan direkrut, dan yang cukup penting lagi adalah, tentukan anggaran yang dapat Anda keluarkan.

Skema komisi harus diatur agar menarik bagi affiliate, namun juga menguntungkan bagi Anda. Jangan sampai Anda menentukan komisi yang tidak mungkin sanggup Anda bayar. Oleh karena itu, buat perhitungan yang matang.

Perancangan detail alat-alat marketing program affiliate dibutuhkan agar menarik pengunjung. Anda harus memikirkan secara akurat, bagaimana alat marketing tersebut akan ditampilkan pada website affiliate.

Yang terakhir tentu saja Anda harus mempromosikan program affiliate tersebut. Dalam melakukannya Anda harus pilih media promosi yang tepat, agar menarik banyak calon affiliate untuk bergabung sebagai mitra Anda.

Kelima tahapan di atas harus dijalankan secara sistematis dan matang. Apabila segalanya telah sempurna, maka baru Anda siap memulai program affiliate untuk mengembangkan bisnis Anda, sesuai dengan yang Anda rencanakan.
Jangan lupa, evaluasi terus dan buat statistik yang akurat tentang berbagai hal dalam program affiliate yang Anda jalankan.

Statistik penting artinya bagi Anda dalam mengambil keputusan. Evaluasi program secara berkala. Dan lakukan variasi dan inovasi program agar lebih profitable bagi bisnis Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar