Sabtu, 16 Februari 2013

Menghenal Istilah-istilah Pada Google Adsense



Menghenal Istilah-istilah Pada Google Adsense

Oleh Ibnu Sa’dan

Bagi para bloger yang suka menambah pendapatannya  dengan iklan dari google di blognya mengenal  Google Adsense memang menjadi keharusan. Baik menegnal cara kerjanya maupun mengenal berbagai hal yang berkaitan dengan google andsene itu sendiri. Misalnya, kita harus menegnal atau harus tahu apa saja larangan dari perusahaan tersebut. Agar iklan kita jangan sampai dibenned, karena kalau iklan kita dibenned pendapatan kita otomatis akan hilang.
Untuk kali ini saya ingin membagi ilmu tentang istilah-istilah yang terdapat di google adsense. Karena dengan mengetahui hal ini sedikitnya juga bermanfaat untuk mengetahui lebih jauh tentang google adsense.
Inilah antara lain istilah-istilah tersebut:

A
Account Activation artinya; Setelah berhasil mengirimkan aplikasi Adsense dan memverifikasi alamat email, tim Adsense akan mengevaluasi aplikasi kita dan mengirimkan email pada kita dalam kurun waktu beberapa hari, kadang sampai 2 minggu Jika aplikasi kita diterima, maka kita bisa mengaktifkan account Adsense dengan cara login melalui www.google.com/adsense dan mulai copy paste kode Adsense ke halaman situs di mana kita ingin menempelkan Adsense.
Account Creation artinya; Pembuatan Account Adsense. Account Adsense akan kita dapatkan jika aplikasi program Adsense kita diterima. Kemudiaan kita bisa mulai login ke member area account Adsense kita.
Actual Cost-Per-Click / Actual CPC artinya; Jumlah biaya yang dikeluarkan oleh pemasang iklan untuk setiap klik iklan yang mereka terima. Actual CPC ini biasanya akan sama atau lebih rendah dari harga maksimum CPC (cost per click/harga per klik) yang telah ditentukan.
Actual Cost-Per-Thousand-Impressions / Actual CPM artinya; Jumlah biaya yang dikeluarkan oleh pemasang iklan untuk setiap tampilan/kemunculan iklan mereka. Actual CPM ini biasanya akan sama atau lebih rendah dari harga maksimum CPM yang telah ditentukan.
Ad layout artinya; Format iklan yang akan ditampilkan di situs publisher (pemilik account Adsense). Seorang publisher bisa memilih format yang sesuai dengan situsnya. Mulai dari ukuran, bentuk dan tampilan iklan Adsense yang akan muncul, bahkan termasuk warna.
Ad Layout Code artinya; Kode HTML yang akan ditempatkan oleh publisher (pemilik situs) di halaman situs yang telah di-approve (disetujui).
Ad Rank azrtinya; Posisi iklan pada satu halaman website yang didasarkan pada rata-rata kemunculan iklan dan biaya maksimum iklan per klik (CPC).
Ad Server artinya; Komputer yang dioperasikan oleh pihak ketiga yang berfungsi untuk mengirimkan iklan ke website di mana iklan akan ditampilkan. Penggunaan Ad Server ini sangat membantu dalam meningkatkan kepercayaan antara pemasang iklan dan pemilik website karena setiap perhitungan dikelola secara objektif oleh pihak ketiga.
Ad Unit artinya; Jenis tampilan iklan yang dihasilkan dari satu macam kode Adsense.
Adjustments artinya; Untuk alasan tertentu, pendapatan yang kita peroleh kemungkinan bisa masuk ke dalam debit atau kredit, informasi ini bisa kita cek di halaman 'Payment History'. Adanya Adjustments memungkinkan kita untuk melakukan pengecekan terhadap pembayaran, jumlah klik yang valid, dan hal lainnya.
AdSense For Search Fees artinya; Pernyataan yang terdapat dalam kesepakatan tertulis Google Adsense, di mana pendapatan yang kita terima dari Adsense masih harus dipotong oleh biaya yang lain. Kesepakatan ini hanya berlaku untuk publisher tertentu.
AdWords artinya; Salah satu program pemasangan iklan yang ditawarkan oleh Google berupa PPC (Pay Per Click). Perusahan yang ingin mempromosikan produk atau layanan mereka bisa bergabung dengan program ini. Iklan Adwords yang tampil di situs Publisher disebut 'Adsense'.
Alternate ads artinya; Alternate Ads memungkinkan kita untuk memonitor ruang iklan bilamana Google tidak menampilkan iklan tertarget ke halaman situs kita. Dengan menentukan gambar atau ad server sesuai dengan keinginan, maka kita bisa memastikan ruang iklan selalu terpakai secara efektif, entah oleh iklan tertarget atau oleh konten pilihan kita sendiri.
Alternate Ads akan muncul pada saat tidak ada iklan tertarget yang tersedia untuk halaman situs kita. Jika hal ini terjadi, ruang iklan tidak lagi di-brand atas nama 'Ads by Google', tapi bisa kita tentukan sesuai dengan keinginan.
C
Check Fees artinya; Biaya khusus yang dibebankan untuk pengiriman cek pembayaran atau cek penghentian pembayaran.
Click artinya; Dalam konteks Reports Publisher Adsense, click di sini berhubungan dengan klik yang dilakukan pengunjung terhadap iklan yang ada di halaman Publisher. Kolom ini juga memuat klik tidak valid yang tidak mendatangkan keuntungan. Sedangkan klik terhadap iklan layanan masyarakat tidak termasuk ke dalam Reports Publisher Adsense.
Click Fraud artinya; Kejahatan yang dilakukan untuk meningkatkan jumlah klik bagi pemasang iklan. Orang yang melakukan klik fraud mendapatkan uang dari klik yang dihasilkan walaupun klik tersebut bukan dari pelanggan yang sebenarnya.
Clickthrough artinya; Klik terhadap banner atau iklan lainnya. Setiap klik akan terhubung langsung dengan link website pemasang iklan.
Clickthrough Rate (CTR) artinya; Dalam konteks Reports Publisher Adsense, CTR adalah jumlah klik iklan Adsense dibagi dengan jumlah kemunculan iklan Adsense tersebut.
Color Palette artinya; Adsense memberi kesempatan bagi setiap publisher untuk melakukan perubahan terhadap warna iklan yang akan muncul. Color Palette memungkinkan kita untuk bisa memastikan bahwa warna teks, background dan border sudah sesuai atau matching dengan situs kita atau belum.
Competitive Ad Filter artinya; Daftar URL (alamat website) yang bisa dibuat dan disimpan di account publisher dengan tujuan untuk memblok iklan dari website tertentu. Dengan menambahkan URL tertentu, maka situs kita tidak akan menampilkan iklan yang berasal dari URL tersebut.
Content artinya; Istilah umum yang sering digunakan untuk menggambarkan informasi dalam konteks digital. Bisa dalam bentuk halaman website, ataupun dalam bentuk kumpulan informasi file seperti suara, teks, gambar dan video.
Contextual Advertising artinya; Sponsor link (iklan) yang tampil berdampingan dengan konten yang berhubungan dan bukan berasal dari Search Engine. Contoh, kita punya artikel tentang kesehatan di situs kita, dan di dekat artikel tersebut ada iklan seputar kesehatan spt Adsense, nah ini disebut Contextual Advertising. Dengan kata lain, bisa dikatakan bahwa Google Adsense termasuk contextual advertising.
Cost-Per-Click (CPC) artinya; Biaya yang dikeluarkan oleh pemasang iklan setiap kali pengunjung mengklik iklan mereka. Google Adwords memiliki sistem harga CPC sendiri.
Cost-Per-Thousand-Impressions (CPM) artinya; Biaya yang dikeluarkan oleh pemasang iklan setiap kali iklan mereka 1000 kali muncul.
Crawl artinya; Cara robot Search Engine dalam menjelajahi setiap halaman dari situs kita.
D
Distribution Preference artinya; Memungkinkan pemasang iklan Adword untuk menampilkan iklan mereka di kolom search, konten atau produk yang masuk ke dalam jaringan Google. Tidak semua iklan Google Adwords akan muncul di halaman website Adsense.
E
Effective CPM (eCPM) artinya; Biaya yang harus dikeluarkan per 1000 kemunculan. Dalam konteks publisher, CPM sangat berguna untuk membandingkan penghasilan yang diperoleh dari channel yang berbeda dan beberapa program iklan. Perhitungannya diperoleh dengan membagi total penghasilan dengan jumlah kemunculan per 1000. Misalnya, jika publisher mendapatkan $180 dari 45.000 kemunculan, maka CPMnya sama dengan $180/45, atau $4.00.
G
Geo-Targeting artinya; Pemasang iklan Adwords bisa memilih untuk menampilkan iklan mereka dengan target lokasi dan bahasa tertentu. Iklan Adword akan tampil di situs Adsense tergantung pengaturan Geo targeting yang dilakukan oleh pemasang iklan dan pemilik situs Adsense. Contoh, Anda ingin mempromosikan Asian Brain IMC hanya kepada orang yang membuka internet di Indonesia. Satu saat ada orang di Amerika yang membuka, katakanlah situs ABC yang berbahasa Indonesia dan memiliki Adsense, maka iklan Anda tidak muncul. Tapi jika ada orang yang membuka situs ABC tersebut dari Indonesia, maka iklan Anda baru akan muncul.
Google Adsense artinya;
Salah satu program Google yang memungkinkan publisher (pemilik website) mendapatkan penghasilan dari iklan tertarget yang ditempatkan di situsnya.
Google Advertising Network artinya; Iklan Google Adwords tidak hanya ditampilkan di Google Search Engine tapi juga di seluruh jaringan iklan Google. Termasuk situs pencarian seperti America Online, CompuServe, Netscape, dll. Begitupun dengan situs konten seperti New York Post, Macworld.com, JavaWorld, LinuxWorld, HowStuffWorks, dll.
M          
Maximum Cost-Per-Click artinya; Biaya CPC maksimum yang perlu dikeluarkan oleh pemasang iklan.
Maximum Cost-Per-Thousand-Impressions artinya; Biaya CPM maksimum yang perlu dikeluarkan oleh pemasang iklan.
Mod artinya; Mod adalah kependekan dari Modification.
N
NicheMarket yang sangat spesifik memuat produk dan servis yang spesifik. Dalam bahasa Indonesia kita mengenalnya dengan istilah pasar ceruk.
P
Page eCPM (aka. Effective CPM) artinya Biaya per 1000 kemunculan iklan. Dilihat dari perspektif publisher, CPM sangat berguna untuk membandingkan penghasilan yang diperoleh dari channel yang berbeda dan beberapa program iklan. Perhitungannya diperoleh dengan membagi total penghasilan dengan jumlah kemunculan per 1000. Misalnya, jika publisher mendapatkan $180 dari 45.000 kemunculan iklan, maka CPMnya sama dengan $180/45, atau $4.00.
Page Impression artinya; Satu "Page Impression" dihitung setiap kali satu unit iklan tampil di situs publisher. Contoh sederhana, saat Anda mengunjungi AsianBrain.com, itu dihitung 1 impression, saat Anda me-refresh browser itu dihitung lagi sebagai 1 impression. Dengan kata lain page impression ini dihitung tidak berdasarkan unique visitor (pengunjung yang berbeda), tetapi berapa kali sebuah iklan dalam satu halaman website terlihat.
Page View artinya; Perhitungan tentang berapa kali pengunjung mengakses suatu halaman situs. Page view bisa digunakan bergantian dengan page impression.
PSA artinya; Iklan layanan masyarakat yang akan muncul jika tidak ada iklan tertarget atau jika Google tidak bisa mendeteksi konten halaman suatu website. Publisher tidak akan mendapatkan keuntungan untuk klik yang diperoleh dari iklan PSA.
Publisher artinya; Pemilik website yang mengikuti program Adsense dengan menempatkan kode Adsense di beberapa halaman website-nya.
S
Script artinya; Program komputer yang ditafsirkan dengan bahasa pemrograman seperti JavaScript atau perl yang biasa digunakan untuk membuat konten situs yang dinamik.
Site Scraper artinya; Dikenal juga sebagai 'Site Strippers' atau 'Scraper Sites'. Program yang banyak digunakan orang untuk membuat website mirip seperti direktori. Hampir semua 'Site Scraper' tidak memiliki konten unik hasil ciptaan sendiri, semua konten diperoleh dari website-website lain yang ada di Search Engine.
Site Targeting artinya; Proses pengiriman iklan dari pemasang iklan ke pengunjung tertarget melalui konten situs yang tertarget.
Skyscraper artinya; Jenis unit iklan Adsense yang vertikal.        
Smart Pricing artinya; Google selalu menganalisis data yang masuk ke jaringan mereka secara konstan. Jika data klik tertentu yang mereka peroleh menunjukan penurunan, maka Google tidak segan untuk menurunkan harga yang harus dibayar oleh pemasang iklan untuk klik tersebut.
Spider artinya; Program software otomatis yang juga dikenal dengan istilah 'bot' (kependekan dari robot), bertugas menjelajah dan mengikuti setiap perkembangan suatu halaman website beserta hyperlinks yang ada didalamnya. Digunakan oleh search engine untuk membangun index.
T
Template artinya; Tampilan layout standar yang memuat detil dasar suatu halaman.
Terms Of Service (TOS) artinya; Peraturan yang harus dipatuhi dan disepakati oleh orang yang ingin menggunakan layanan yang ditawarkan. Misalnya, dengan melanggar TOS Google, maka kita bisa dikeluarkan dari Adsense. Untuk lebih detil tentang peraturan yang telah ditetapkan Google khusus untuk Adsense, silahkan kunjungi https://www.google.com/adsense/policies.
Demikian semoga bermanfaat~!

3 komentar:

  1. wah makasih banyak informasinya sangat membantu saya kebetulan sedang mencarinya
    anime romance terbaik

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas informasinya. artikelnya sangat bermanfaat sekali

    biker jadoel

    BalasHapus
  3. Yuk Merapat Best Betting Online Hanya Di AREATOTO
    Dalam 1 Userid Dapat Bermain Semua Permainan
    Yang Ada :
    TARUHAN BOLA - LIVE CASINO - SABUNG AYAM - TOGEL ONLINE ( Tanpa Batas Invest )
    Sekedar Nonton Bola ,
    Jika Tidak Pasang Taruhan , Mana Seru , Pasangkan Taruhan Anda Di areatoto
    Minimal Deposit Rp 20.000 Dan Withdraw Rp.50.000
    Proses Deposit Dan Withdraw ( EXPRES ) Super Cepat
    Anda Akan Di Layani Dengan Customer Service Yang Ramah
    Website Online 24Jam/Setiap Hariny

    BalasHapus