Rabu, 19 Januari 2011

Hal-hal yang dibutuhkan untuk List Building

Setelah mengetahui apa itu list building, kini saatnya Anda belajar tentang beberapa komponen penting untuk membangun list building. Apa saja itu?

Komponen penting dalam membangun list building ada 4, antara lain :

1. Form Opt-in dan Pesan Penawaran Subscripsi
2. Autoresponder dan Email
3. Newsletter
4. Landing Page

Form Opt-in

Form opt-in adalah sebuah formulir tempat dimana para pengunjung bisa memasukkan nama dan emailnya yang kemudian secara otomatis menyimpan pesan kedalam daftar kontak kita. Biasanya setelah pengunjung memasukkan nama dan alamat emailnya mereka akan mendapatkan email balasan dari autoresponder yang sudah diatur sebelumnya. Adapun contoh dari form opt-in adalah :

Bentuk opt in ada 2 yaitu:

• Sidebar Opt in, yaitu form opt in yang terletak di sidebar suatu website
• Pop up Opt in, yaitu form opt in yang bisa dimunculkan dimanapun

Penawaran Subscripsi

Biasanya dalam sebuah form opt-in selalu disertai dengan tulisan singkat yang bisa memikat seseorang untuk mengisi nama dan alamat email mereka. Biasanya tulisan yang ditampilkan selalu menunjukkan suatu manfaat yang akan di terima pengunjung dan sebagai timbal baliknya mereka harus mengisikan nama dan alamat emailnya.
Kalau kita lihat dari tampilan contoh auto responder diatas kita bisa melihat tulisan yang berbunyi :

“Joint our email list to download a free sample chapter, get news updates and weekly blogging”

Nah, itulah yang saya sebut disini sebagai pesan penawaran. Dan agar pengunjung mau memberikan alamat email dan nama mereka maka Anda perlu membuatnya semenarik mungkin.

Autoresponder dan Email

Email dan autoresponder adalah dua alat yang bisa membantu Anda mengirimkan email dan follow up kepada subscriber Anda.

Newsletter atau Pesan Yang dikirim via email dan autoresponder

Setelah berhasil mendapatkan nama dan alamat email pengunjung-pengunjung Anda, Anda akan dengan mudah mengirimkan email follow up kepada mereka kapanpun Anda suka. Bisa dengan email biasa atau dengan email yang sudah Anda jadwalkan dengan menggunakan autoresponder.

Lalu, email seperti apa yang harus Anda kirim kepada pengunjung Anda?
Ada beberapa hal yang bisa Anda kirimkan sebagai email follow up untuk pengunjung Anda, seperti :

1. Info yang bermanfaat misalnya artikel-artikel baru yang telah Anda buat.
2. Penawaran produk baru atau produk dengan harga khusus.
3. Pengumuman yang berkaitan dengan bisnis dan peluang bisnis untuk subscriber Anda.

4. Ebook baru, Ebook gratis, dll.

Yang perlu Anda ingat, hal-hal yang bisa Anda bagikan melalui email follow up yang akan Anda sebarkan kepada pengunjung Anda bisa bermacam-macam, tergantung dengan kebutuhan dan kreativitas Anda.

Landing Page

Landing page adalah halaman mendarat. Tempat mendarat kita ke suatu website, bisa berdasarkan arahan search engine saat kita mengetikkan keyword tertentu atau sewaktu kita mengetikkan nama domain suatu website.

Landing page inilah yang sangat berpengaruh besar bagi pembentukan kesan seorang pengunjung terhadap website yang dikunjunginya. Lalu bagaimana merancang landing page yang baik? Nah, materi tentang landing page sudah saya siapkan pada bagian tersendiri.

Demikian semoga bermanfaat. Jika anda mau belajar lebih sistematis dan punya panduan yang terukur selangkah demi selangkah silakan kunjungi link ini http://www.panduanbuatsitus.com atau klik saja di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar