Sebelumnya saya telah membahas pengetahuan singkat mengenai list building, tapi sebenarnya alasan apa yang melatarbelakangi sehingga kita perlu melakukan list building?
1. Menyeleksi Pelanggan Potensial Anda.
Form opt-in ini diambil dalam salah satu website saya http://www.formulabisnis.com. Maksud dari opt-in itu adalah bahwa saya ingin berbagi tips tentang “14 Kesalahan Fatal Bisnis Internet Dan Cara Mendobraknya!”
Jika pengunjung website saya ingin melihat apa isi tips yang saya berikan itu, mereka harus mengisi nama, dan alamat emailnya. Setelah dia mengisinya, secara otomatis datanya akan masuk dalam daftar kontak kita.
Dengan begitu kita bisa mengiriminya email follow up secara berkala dengan bantuan autoresponder.
Mungkin sekali mereka tidak langsung membeli, tapi jika kedekatan dengannya kita bangun melalui email follow up yang kita kirimkan berdasarkan jadwal, maka kemungkinan untuk menghasilkan penjualan semakin besar.
Dengan demikian, Anda bisa menyeleksi manasaja pelanggan potensial Anda.
2. Mendapatkan Penghasilan Berulang Tanpa Harus Kerja Dua Kali
Coba perhatikan ilustrasi ini:
Misalnya Anda memiliki produk A. Agar produk tersebut laku, yang harus Anda lakukan adalah mencari pelanggan dan mempromosikannya habis-habisan hingga produk tersebut terjual. Kemudian andapun berhasil melakukannya.
Suatu hari Anda memiliki produk B. Apa yang harus Anda lakukan untuk membuat produk tersebut laku keras seperti produk A.
Saya yakin, jawaban Anda sama dengan saya, Anda juga akan menggunakan strategi yang sama dengan produk A yaitu mencari sebanyak mungkin pelanggan agar mereka mau membeli produk B Anda ini.
Namun, apakah Anda tidak capek jika harus mendatangkan minimal 10.000 pengunjung yang mau membeli produk Anda? Padahal belum tentu juga setiap 10.000 pengunjung yang datang ke website Anda dan melihat produk B tersebut semuanya tertarik dan langsung membeli produk B Anda. Belum lagi jika ada produk C,D,E,…,dan Z.
Kalau sudah begitu apakah Anda tidak merasa capek melakukan hal yang berulang-ulang?Pertanyaannya? Sampai berapa lama Anda mau melakukan proses yang melelahkan tersebut?
Dengan memiliki daftar nama hasil dari kegiatan list building Anda hanya perlu kerja 1x untuk mendapatkan penghasilan berulang.
Anda hanya perlu mengumpulkan daftar nama (dengan list building) di awal saja. Bila seluruh prospek Anda sudah masuk ke dalam database, maka mereka sudah menjadi pelanggan potensial. Anda bisa tawarkan berbagai produk, berulang kali. Tidak perlu repot mencari pelanggan potensial baru, cukup manfaatkan orang-orang yang daftar nama dan emailnya sudah ada di database Anda. Dan itulah enaknya list building. Ilustrasinya bisa Anda lihat pada diagram berikut :
3. Memberikan Penawaran Secara Cepat
Beberapa waktu yang lalu, sempat ada sebuah program pay per lead yang menarik. Penyelenggaranya adalah PayPal. Dimana di dalam program tersebut kita dibayar $1 untuk setiap orang yang mendaftarkan diri melalui referal link kita. Batas maksimum pendapatan yang bisa kita peroleh adalah $100.
Waktu itu, banyak orang bersusah payah untuk mencari dan mengajak orang lain agar bergabung dalam program tersebut yang kebetulan tidak memungut biaya pendaftaran alias gratis. Di sisi lain, para pebisnis internet profesional mereka hanya membutuhkan waktu 1 hari saja untuk memenuhi batas maksimum $100 tadi.
Bagaimana bisa? DAFTAR NAMA. Ya, mereka memiliki ratusan daftar nama dalam database, hasil dari aktivitas list building. Dengan bantuan autoresponder, cukup membuat 1 email yang berisi penawaran maka ratusan orang dalam daftar namanya menerima pemberitahuan tersebut.
Ini bisa Anda lakukan untuk menawarkan produk apa saja dalam waktu yang singkat dan cepat. Asyik bukan?
4. Mengelola Pelanggan
Ada yang pernah mengatakan bahwa mencari pelanggan baru lebih sulit daripada mempertahankan pelanggan yang lama. Apalagi bila pelanggan tersebut royal dan tidak tanggung-tanggung kalau membeli produk. Sama juga di bisnis internet, pun Anda mesti mengelola pelanggan dengan baik. Dan hal ini jadi mudah ketika Anda punya daftar nama.
Dengan bantuan autoresponder, Anda bisa memberikan pemberitahuan kepada seluruh pelanggan Anda yang ada di database. Misalnya bagi-bagi bonus, informasi berharga, dll. Bahkan Anda pun bisa melakukan riset, kira-kira produk apa yang pelanggan Anda minati untuk ditawarkan berikutnya.
Jadi daftar nama yang ada di database jangan dijejali iklan / penawaran melulu. Sesekali berikan mereka sesuatu yang bermanfaat dan membuat nyaman. Itu akan membuat pelanggan Anda betah dan royal kepada Anda. Kapanpun Anda punya produk dan menawarkannya kepada mereka, asal mereka sedang dalam kondisi baik keuangannya pasti akan membeli produk Anda.
Itu 4 alasan kenapa Anda perlu melakukan list building. Selanjutnya saya serahkan kepada anda, apakah akan mencoba list building atau tetap bertahan dengan cara lama yang tidak efektif.
Salam Action!
Demikian semoga bermanfaat. Jika anda mau belajar lebih sistematis dan punya panduan yang terukur selangkah demi selangkah silakan kunjungi link ini http://www.panduanbuatsitus.com atau klik saja di sini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar