Minggu, 16 Januari 2011

Periksa Tingkat Persaingan Dan Peluang Anda

Periksa Tingkat Persaingan Dan Peluang Anda


Mencari niche market memang membutuhkan waktu, kreativitas dan riset khusus. Prosesnya juga tidak bisa instan dan langsung menghasilkan.

Setelah menemukan beberapa ide niche market, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah memeriksa competition level (tingkat persaingan) serta opportunity (peluang) yang ada. Nah, di sini kita melakukan riset lagi.
“Untuk apa sih kita memeriksa tingkat persaingan?”

Tentu saja untuk mengetahui berapa banyak saingan kita yang menggunakan keyword yang sama.

Dengan begitu akan kelihatan seberapa besar peluang yang kita miliki jika memilih keyword tersebut.

Pada prinsipnya, kita sebaiknya memilih keyword yang tingkat persaingannya kecil, dengan begitu peluang yang kita miliki cukup besar.

Ada beberapa cara memeriksa tingkat persaingan, antara lain :

1.Dengan menggunakan search engine (Google).
Anda bisa mengetahui seberapa besar tingkat persaingan niche market Anda dengan menelitinya di google.

Caranya, cukup ketikkan kata kunci yang Anda maksud.

Coba ketikkan dalam dua cara, pakai tanda petik dan tanpa tanda petik.
Misalnya setelah Anda cari keyword home decoration , lakukan lagi pencarian di google dengan keyword “home decoration”.
Pencarian 1: Home Decoration

Dapat kita ketahui bahwa jumlah persaingan yang ada dengan keyword home dan decoration ada 56.000.000
Pencarian 2: “Home Decoration”

Jumlah saingan dengan keyword “home decoration” ada 2.280.000
Pencarian yang pertama Google akan menampilkan seluruh halaman yang mengandung kata home dan decoration, sedangkan dalam pencarian kedua menunjukkan hasil yang berbeda karena keywordnya lebih spesifik dan Google akan menampilkan halaman yang mengandung frase home decoration sekaligus.

Cara ini bisa membantu kita mengetahui tingkat persaingan untuk keyword yang sudah kita pilih, secara spesifik dan secara umum.

Dengan menggunakan keyword yang spesifik, apalagi long tail keyword (keyword yang terdiri lebih dari 2 kata) biasanya memiliki tingkat persaingan yang lebih kecil dan mudah mendapat ranking di search engine daripada keyword yang umum.
2. Dengan memakai alat Google Keyword Tool
Ini juga cara yang mudah untuk mengetahui tingkat persaingan dan peluang yang kita miliki.

Caranya dengan mengetikkan keyword yang sudah kita pilih, Google keyword tool akan menampilkan keyword list lengkap dengan tingkat persaingan dan jumlah pencari.
Tingkat persaingan ditunjukkan oleh warna hijau. Semakin besar porsi warna hijau yang muncul, maka semakin besar tingkat persaingan untuk keyword tersebut.

Carilah keyword yang memiliki tingkat persaingan yang kecil, tapi memiliki jumlah pencari yang besar. Jika jumlah saingan kecil dan jumlah pencari kecil, maka itu tidak akan menguntungkan. Begitu juga sebaliknya, saingan besar dan jumlah pencari besar, cukup berat juga buat anda. Otomatis peluangnya jadi kecil.

Misal kita lihat di Google keyword Tool untuk kata kunci bersepeda (bicycle) :

Wah pesaing Anda banyak sekali untuk kata kunci “bicycle” (sebanyak 39,400,000). Sangat tidak bijaksana kalau Anda mengambil kata kunci bicycle sebagai ide niche Anda Anda.

Lalu apa yang harus Anda lakukan? Anda bisa mulai dengan melakukan riset dari turunan kata kunci bicycle tersebut. Tulis sebanyak-banyaknya turunan kata kunci bicycle, lalu lakukan riset yang sama terhadap kata kunci bicycle tadi. Turunan yang ada mungkin bisa :

1. Mountain bicycle
2. Bicycle tire
3. Bicycle wheels
4. Basket bicycle

Dan masih banyak yang lainnya yang bisa Anda coba buat daftarnya. Selanjutnya lihatlah jumlah pencari dan tingkat persaingannya.
Anda bisa membuka riset niche dengan google keyword tool di halaman tersebut saya sudah membahas tentang cara melihat peluang dan persaingan.
Trial dan Error

Jangan pernah bosan untuk melakukan riset ide niche. Lakukanlah Trial dan error. Inilah cara terbaik yang dapat Anda lakukan, karena trend serta perilaku pencari keyword atau pola pencarian keyword itu terus berubah-ubah. Lakukan terus sampai memperoleh hasil yang maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar