Minggu, 16 Januari 2011

Temukan Masalah Yang Orang-Orang Cari Solusinya

Cara lain yang bisa Anda tempuh dalam menentukan ide niche market adalah dengan “menemukan masalah”.

Kenapa saya bilang menemukan masalah?

Coba Anda lihat disekitar anda, adakah orang yang mencoba mencari solusi atas permasalahannya? Seberapa banyak orang disekitar Anda yang mencari tahu bagaimana cara meninggikan badan? Menguruskan badan? Menggemukkan badan?

Hanya dari satu sudut bidang saja, Anda akan menemukan banyak ide berdasarkan masalah yang dihadapi orang. Nah, sekarang posisikan Anda sebagai penyedia solusinya. Itulah peluang Anda.

Yang paling penting disini: Anda harus temukan masalah dulu sebelum mencari solusinya.


Tugas Anda sekarang: cari tahu apa masalah yang sedang mereka hadapi saat ini sehingga mereka mati-matian mencari solusinya.

Memastikan masalah dialami orang banyak
Setelah Anda bisa menemukan ceruk pasar Anda, tugas selanjutnya adalah memastikan bahwa problem tersebut juga dialami oleh banyak orang lainnya. Anda harus memastikan bahwa ada cukup banyak orang di market tersebut yang bisa menyokong bisnis Anda, alias membeli produk Anda.

Anda perlu menjawab beberapa pertanyaan berikut:

a. Apakah riset Anda akurat?

Anda bisa dapatkan kepastiannya dengan mengadakan survei, chatting di newsgroup, atau ikut berpartisipasi di forum-forum online.
Forum adalah tempat yang tepat untuk mulai mencari masalah. Biasanya orang yang menuliskan sesuatu di forum adalah mereka yang mempunyai masalah atau mereka yang berusaha membantu menyelesaikan masalah. Cara yang tepat adalah dengan mengetikkan “kata kunci + forum” atau “kata kunci + message board” untuk menemukan mereka. Apa yang sedang hangat dibicarakan di forum saat ini dapat membuka pikiran Anda tentang mencari ide.

b. Mereka lebih tertarik pada produk atau servis?

Mungkin ada banyak produk yang tersedia di suatu market, tetapi adakah servis yang menyediakan solusi bagaimana menggunakan produk-produk tersebut dengan sebaik-baiknya? Itu bisa menjadi masukan buat Anda.

c. Berapa kisaran harganya?

Anda perlu tahu berapakah kisaran haga yang biasanya mau mereka bayar. Apakah harga-harga para kompetitor sudah terlalu murah sehingga bahaya jika Anda juga ikut terjun di dalamnya?

d. Siapa konsumen potensial anda?

Apakah mereka laki-laki atau perempuan? Bagaimana tingkat penghasilannya? Rata-rata tinggal dimana? Berapa kisaran umurnya? dan sebagainya. Itulah beberapa hal yang perlu Anda tanyakan untuk mengetahui seberapa besar market Anda nantinya.

e. Yang paling penting, apa yang memotivasi mereka untuk membeli?

Anda perlu tahu kenapa mereka mau beli produk atau servis Anda. Apa yang paling memotivasi? Dengan demikian Anda bisa melakukan sesuatu agar motivasi mereka tersentuh oleh produk atau servis Anda.

Setelah Anda menyelesaikan riset ini, Anda akan segera temukan apakah Anda sudah punya market yang bagus atau tidak. Jika Anda menilai peluang profitnya terlalu rendah, atau jika potensi persaingan terlalu tinggi, Anda bisa segera beralih ke ide market selanjutnya. Jika ini Anda lakukan, maka Anda bisa lebih mudah membangun bisnis yang sukses di internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar