Kamis, 20 Januari 2011

Trik Membuat Materi Newsletter Yang Menarik

Membuat materi newsletter yang menarik, mulai dari nama newsletter sampai judul-judul tiap materi, ada triknya. Simak di bawah ini triknya.

Trik #1: Andalkan kreatifitas anda.

Dalam menyusun sebuah newsletter, biasakan “bermain-main dengan kata”, buat nama yang “terdengar familiar dan menyenangkan”, atau cari nama yang “berhubungan dengan industri Anda“.

Apa maksudnya?

• Bermain-main dengan Kata

Pilihan pertama ini maksudnya adalah penggunaan diksi (pilihan kata) yang tepat dan menarik. Misalnya, jika Anda tengah menulis untuk newsletter tentang berat badan, Anda bisa tuliskan judulnya misal “Tanpa harus Menunggu Waktu untuk Menurunkan Berat Badan”. Orang-orang yang melihat judul tersebut akan tertegun dan menjadi tertarik membaca isinya.

• Menarik Bunyinya

Misalnya, jika Anda tengah membuat newsletter, Anda bisa menulis judulnya yang jika dibaca memiliki bunyi yang cukup menarik, seperti misal “Digital Digs”. Pengulangan dua huruf D di awal kata membuat bunyi yang muncul punya sensasi tersendiri.

• Berhubungan dengan Industri anda

Trik ini terutama dipakai untuk memberi nama newsletter. Sebab dengan nama newsletter sesuai, akan memperkuat nilai newsletter anda.

Khusus untuk pembuatan nama newsletter, saya ada trik mudah bagi Anda yang merasa kesulitan untuk menentukan nama newsletter. Bagaimana itu?

Pilihlah 5-10 kata yang berhubungan dengan bisnis/inti kegiatan Anda, lalu pilihlah satu kata yang terdengar paling tepat sebagai nama newsletter anda.

Saya tidak bercanda. Anda bisa membuktikan strategi ini dan lihat hasilnya….

• Newsletter para penulis yang hanya berjudul “Page Turner”.
• Newsletter afiliate yang hanya berjudul “Commisions”.
• Newsletter para pelaku diet yang hanya berjudul “Downsize”.
• Newsletter para traveler yang hanya berjudul “Destination”.
• Newsletter para pecinta lingkungan yang hanya berjudul “Recycle”.

Mudah bukan?

Anda hanya tinggal melakukan satu langkah penting, maka hasil maksimal bisa Anda dapatkan…

Ringkasnya, kenalilah beberapa kata kunci dan frase dari suatu bidang bisnis. Lalu, pilihlah kalimat atau frase yang terdengar paling menarik saat diucapkan dengan nyaring. Maka, itulah nama yang cocok untuk newsletter Anda.
Sederhana bukan?

Ya, bagaimanapun, Anda harus mendapatkan nama yang benar-benar “kreatif”. Nama newsletter serta judul-judul materinya ikut menentukan minat pengunjung untuk membaca newsletter. Artinya juga, potensi pendapatan Anda juga ikut dipertaruhkan.
“Jika saya tidak kreatif. Lalu, bagaimana?”

Ok, saya mengerti. Kreativitas memang tidak bisa dipaksakan. Namun, bukan berarti kreativitas tidak bisa dilejitkan. Jika beberapa opsi dan saran yang telah saya berikan tadi tidak ampuh untuk mendongkrak kreativitas Anda dalam membuat judul, jangan khawatir… masih ada trik kedua yang bisa Anda pertimbangkan kembali.
Trik #2: Gunakan kata-kata yang “rahasia.”

Trik lain dalam memilih judul materi adalah membuat istilah yang membuat orang penasaran dengan isi newsletter itu. Jika pada trik pertama, Anda belajar bagaimana membuat nama newsletter dan judul yang “menarik”, maka pada trik kedua ini, Anda belajar bagaimana mencari judul bisa membuat orang merasa “harus” membaca newsletter Anda.

Ya, sebenarnya, jika Anda mau menyimak kata-kata yang sering digunakan orang ketika mengiklankan sesuatu, ada beberapa kata yang cukup menarik perhatian orang. Anda ingin tahu?

Kata-kata tersebut antara lain adalah “rahasia,” “uang,” “temukan…!” “bagaimana…” dan kata-kata atau frasa-frasa lain yang memungkinkan orang penasaran dengan apa yang Anda tulis dalam newsletter itu.

Pssstt… ini rahasia kita, tidak banyak orang yang mengetahui hal ini. Bahkan, tidak sedikit pebisnis yang menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk menemukan judul yang menarik. Namun, di sini, Anda sudah bisa tahu apa saja kata-kata kunci yang langsung bisa membuat judul newsletter Anda benar-benar eksklusif.

Dari kata-kata kunci di atas, Anda bisa menambahkan frasa-frasa lain yang berhubungan dengan bisnis atau tujuan Anda menerbitkan newsletter itu, misalnya:

• Bagaimana menghasilkan jutaan rupiah hanya dalam waktu tiga jam?
• Rahasia pebisnis besar membangun aset penjualan mereka!
• Temukan trik-trik unik menggaet pengunjung dalam waktu 24 jam!
• Dan sebagainya…

Ada banyak model kata kunci yang bisa Anda tawarkan sebagai judul heandline newsletter Anda. Dengan berbekal kata-kata kunci di atas, Anda sudah bisa membuat judul yang menarik dalam jangka waktu yang singkat.

Mungkin Anda bertanya, mengapa kata-kata kunci di atas dianggap menarik?

Satu hal: karena kata-kata semacam itulah yang kebanyakan membuat pembaca ingin tahu apa yang sebenarnya ingin disampaikan oleh penulis. Nah, sebagai seorang pebisnis, jika Anda ingin pengunjung Anda penasaran dengan newsletter yang Anda terbitkan, sudah waktunya Anda menggunakan kata-kata kunci di atas saat ini juga.

Nah, sebagai panduan, silakan Anda cek di www.amazon.com Di website ini, Anda akan menemukan banyak sekali judul-judul buku menarik yang bisa Anda jadikan panduan dalam menulis judul materi newsletter Anda.

Bahkan, tidak sedikit dari produk-produk yang dijual oleh Amazon.com memiliki judul-judul yang memuat kata-kata kunci seperti yang saya sebutkan di atas. Ok? Bagaimana? Tunggu apa lagi?

Demikian semoga bermanfaat. Jika anda mau belajar lebih sistematis dan punya panduan yang terukur selangkah demi selangkah silakan kunjungi link ini http://www.panduanbuatsitus.com atau klik saja di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar