Tips Meningkatkan Conversion Rate
Asumsikan, Anda memasang adwords, agar website bisnis Anda ramai dikunjungi. Ternyata usaha Anda berhasil. Dengan memasang adwords, website Anda memiliki pengunjung yang banyak setiap harinya.
Singkatnya, website Anda telah memiliki trafik yang lumayan bagus. Klik pada adwords Anda mencapai rata-rata 1000 kali per hari. Kemudian Anda mendapatkan statistik, bahwa dari 1000 pengunjung per hari, yang membeli produk Anda rata-rata hanya 1 orang per hari.
Yang menjadi pertanyaan dari ilustrasi di atas adalah :
1. Puaskah Anda dengan statistik tersebut?
2. Apakah hanya trafik yang menjadi tujuan Anda memasang adwords?
3. Apa yang harus ditingkatkan?
Jawaban untuk pertanyaan pertama adalah, sayang!
Bagaimana mungkin Anda puas, ketika toko Anda dikunjungi 1000 orang per hari, namun yang jadi membeli hanya 1 orang. Rasanya amat sangat menyia-nyiakan peluang.
Ingat, masing-masing orang yang mau mengunjungi website Anda memiliki potensi yang sama untuk membeli produk atau layanan yang Anda tawarkan. Kenapa hanya satu orang yang potensinya dapat dimaksimalkan. Kenapa potensi yang lainnya menguap sia-sia, dan kemungkinan besar malah membeli produk atau layanan yang ditawarkan orang lain.
Jawaban yang kedua adalah, bukan!
Sebagian besar pelanggan adwords tidak semata menginginkan trafik. Trafik penting untuk memperbesar peluang. Namun yang terpenting adalah bagaimana caranya agar peluang yang diciptakan trafik tersebut dapat dimanfaatkan. Singkatnya, bagaimana caranya agar ribuan orang tersebut membeli produk atau layanan yang kita tawarkan.
Jawaban yang ketiga adalah, conversion rate!
Anda mungkin bertanya, apa itu conversion rate?
Conversion rate adalah perbandingan rata-rata jumlah pengunjung yang menjadi konsumen dengan jumlah pengunjung keseluruhan. Atau dengan kata lain, conversion rate mencerminkan persentase pengunjung yang berhasil dikonversi menjadi konsumen.
Apabila diambil contoh dari ilustrasi di atas, conversion rate nya hanya mencapai 0.1%. Sangat rendah bukan?
Dalam kaitannya dengan adwords, setiap klik pada iklan yang kita pasang, kita asumsikan sebagai seorang pengunjung. Jadi apabila terjadi 1000x klik per hari, itu berarti sudah 1000 pengunjung yang Anda dapatkan. Itu berarti trafik yang lumayan bagus telah Anda dapatkan
Yang harus menjadi bahan pemikiran adalah, bagaimana agar trafik yang bagus tersebut dapat sebanding dengan conversion rate yang baik.
Perhatikan gambar di bawah ini, yang menunjukan korelasi adwords dengan tujuan yang ingin dicapainya.
Dari gambar di atas, dapat Anda pahami bahwa conversion rate yang tinggi merupakan salah satu faktor penting dalam mencapai tujuan akhir adwords, yaitu mendapatkan konsumen.
Lalu bagaimana cara untuk meningkatkan conversion rate?
Pada dasarnya ada tiga hal yang harus Anda lakukan untuk meningkatkan conversion rate.
1. Perbaiki teks iklan anda
Iklan yang baik adalah yang berhasil mendatangkan konsumen, bukan semata trafik. Jadi apabila iklan yang telah Anda buat menghasilkan trafik yang luar biasa, namun berbanding terbalik dengan peningkatan konsumen yang Anda dapat, iklan Anda patut dipertanyakan kualitasnya.
Anda tidak dituntut untuk membuat iklan yang mampu menarik setiap orang yang membacanya. Namun Anda diwajibkan membuat iklan yang menarik orang yang memang menginginkan atau membutuhkannya.
Sebuah adwords harus merupakan “etalase awal” untuk memajang identitas produk atau layanan yang akan dijual. Jadi, pastikan teks iklan menarik bagi orang yang berminat atau membutuhkan produk atau layanan tersebut. Tidak perlu menarik setiap orang yang membacanya, karena hal itu berkaitan dengan anggaran yang harus dikeluarkan.
Ingat setiap klik pada iklan merupakan pengeluaran bagi Anda.
Jaringlah sebanyak mungkin calon pengunjung potensial dengan iklan Anda.
2. Pilih keywords yang relevan
Anda tidak perlu menggunakan keywords acak agar adwords Anda tampil pada setiap halaman searching. Itu hanya mengakibatkan pemborosan saja. Jumlah pengunjung yang tidak meningkatkan conversion rate adalah percuma.
Pergunakan keyword yang relevan dengan produk atau layanan yang ditawarkan. Tujuannya agar meminimalisir pengunjung yang tidak potensial. Penekanan pada keyword yang relevan, selain meningkatkan conversion rate, juga dapat menghemat anggaran
3. Perbaiki landing page
Anda tidak mungkin memasang adwords tanpa terlebih dahulu memiliki landing page. Ketika orang mengklik iklan Anda, yang mereka harapkan adalah menemukan informasi dari produk atau layanan yang mereka cari.
Sebuah landing page merupakan usaha terakhir Anda dalam meningkatkan conversion rate. Landing page memiliki porsi yang sangat penting dalam peranannya meningkatkan conversion rate. Di situlah konversi trafik menjadi konsumen berpotensi diputuskan.
Apakah konversi berhasil atau tidak
Agar usaha konversi terwujud, beberapa hal yang harus sangat diperhatikan dalam sebuah landing page adalah :
• Pesan yang disampaikan harus memakai kalimat yang jelas, singkat dan mudah dimengerti
• Efisiensi penggunaan menu yang tidak menyulitkan pengunjung
• Readability. Halaman landing page tidak perlu diisi dengan tampilan yang ramai, penuh warna, yang pada akhirnya menyulitkan pengunjung dalam menyimak berbagai pesan yang akan Anda sampaikan. Cukup dengan desain simple, yang penting menarik bagi pembacanya, dan apa yang Anda inginkan tersampaikan dengan baik
• Usahakan landing page menjadi tujuan akhir pengunjung untuk membeli. Hindari redirect yang berlebihan, yang mengakibatkan terlalu banyaknya waktu calon konsumen yang tersita
Kesimpulan apa yang Anda dapat ambil dari uraian di atas ?
1. Trafik tidak semata menjadi tujuan akhir Anda menjadi pelanggan adwords. Ada tujuan yang lebih penting, yaitu mengkonversi trafik menjadi konsumen
2. Conversion rate menjadi sebuah faktor dominan dalam mencapai tujuan akhir adwords
3. Conversion rate menterjemahkan potensi trafik yang telah dimiliki menjadi hasil yang maksimal
4. Untuk meningkatkan conversion rate, Anda harus mengevaluasi teks iklan, pemilihan keyword dan landing page. Revisi harus selalu dilakukan berdasarkan evaluasi yang memadai
5. Conversion rate yang tinggi dapat memberikan tingkat efisiensi anggaran yang optimal untuk mendapatkan tujuan akhir yang maksimal, yaitu menjaring konsumen sebanyak-banyaknya.
Demikian semoga bermanfaat, jika Anda mau punya penghasilan sampingan lewat internet yang bisa lebih besar dari penghasilan utama Anda saat ini, coba daftarkan nama Anda di sini Mr. Actionclub.com, semoga berhasil.
Mantab banget ulasannya tentang conversion ratenya gan, membuat tambah ilmu saya nich, makasih ya
BalasHapusSoloco
BalasHapusSoloco Asli
Blue Wizard
Blue Wizard Asli
Potenzol
Potenzol Asli