Memilih Negara Dan Bahasa
Pengaturan negara dan bahasa dalam Google Adwords dapat memudahkan Anda menentukan pasar potensial produk Anda. Jangan memilih semua negara dan bahasa karena belum tentu produk yang Anda tawarkan familiar di negara tersebut.
Sebagai contoh Anda akan menawarkan produk-produk batik, targetlah negara Indonesia dengan bahasa Indonesia. Jika ingin lebih spesifik lagi, Anda dapat memilih kota-kota yang banyak penggemar batik. Dengan demikian Anda tidak akan salah sasaran dalam menentukan pasar dan biaya yang Anda keluarkan tidak sia-sia.
Berikut ini langkah-langkah pengaturan negara dan bahasa untuk target pasar iklan Anda.
1. Langkah pertama, login dengan akun Google Adwords Anda.
2. Berikutnya, pilih Campaigns.
3. Pada All Online Campaigns, pilih “campaigns” Anda. Misal pada gambar 1, yang dipilih “bisnis batik”.
4. Kemudian Pilih menu Settings. Pada menu settings, terdapat berbagai menu pengaturan antara lain pengaturan negara dan bahasa (Locations and languages).
5. Untuk memilih negara, Anda dapat mengklik menu edit pada “Locations”. Akan muncul tampilan seperti ditunjukkan pada gambar 2 seperti di bawah ini:
Berilah tanda centang negara yang Anda maksud. Misal Indonesia. Anda dapat memilih lebih dari satu negara, namun Anda harus yakin bahwa negara tersebut memiliki potensi pasar.
6. Jika Anda menginginkan pemasangan iklan yang lebih spesifik di kota-kota tertentu, Anda dapat memilih menu “custom”. Anda dapat memasukkan kota yang sekiranya merupakan penggemar batik. Misal Yogyakarta, Bandung, Medan, Surabaya dan Jakarta seperti ditunjukkan pada gambar 3 berikut:
Google Adwords dapat memindai IP address pengunjung sehingga iklan Anda hanya akan ditampilkan jika pengunjung menggunakan IP address dari kota tersebut. Sebagai informasi, Anda dapat menggunakan Google Trends untuk mengetahui kota mana saja yang sering mencari kata kunci “batik”.
7. Kemudian klik save untuk menyimpan pengaturan lokasi iklan Anda
8. Sedangkan untuk memilih bahasa, Anda dapat mengklik menu edit pada “languages”. Akan muncul tampilan seperti gambar 4 di bawah ini:
9. Berilah tanda centang bahasa yang akan Anda gunakan. Anda dapat memilih bahasa yang dapat dipahami oleh calon pelanggan Anda. Jangan memilih semua bahasa karena tidak semua calon pelanggan Anda familiar dengan produk Anda walaupun Anda menyajikannya dalam bahasa mereka. Perlu Anda ketahui juga, bahwa Google Adwords tidak akan menterjemahkan iklan Anda sehingga Anda perlu menterjemahkan bahasa iklan Anda secara manual.
Sebagai informasi, Anda dapat menggunakan Google Trends untuk mengetahui bahasa apa saja yang sering dipakai pengunjung yang mencari kata kunci “batik”.
10. Kemudian Anda klik save untuk menyimpan pengaturan Anda.
Sebagai tambahan, berikut ini contoh sederhana menggunakan Google Trends untuk mengetahui daerah asal pengunjung yang sering mencari kata kunci “baju batik”, “batik”.
1. Anda kunjungi url http://trends.google.com pada browser Anda.
2. Masukkan kata kunci Anda, misal “baju batik” dan “batik” sebagai perbandingan
3. Kemudian Anda klik “Search Trends” untuk mengetahui hasilnya.
4. Akan muncul tampilan sebuah grafik tren penggunaan kata kunci “baju batik” dan “batik” selama 12 bulan terakhir seperti ditunjukkan pada gambar 5 sebagai berikut:
5. Di bawah grafik tersebut Anda dapat mengetahui kota mana yang sering mencari kata kunci Anda tersebut. Misal pada gambar 5 ditunjukkan kota Yogyakarta, Bandung, Medan, Surabaya dan Jakarta merupakan kota yang sering mencari kata kunci “baju batik” dan “batik”.
Sedangkan bahasa yang dipakai dalam pencarian tersebut memakai bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
6. Berdasarkan data tersebut, maka dapat Anda praktekkan untuk memilih pengaturan “Locations and Languages” pada Google Adwords Anda.
Dari penjelasan di atas, Anda perlu melakukan riset lokasi dan bahasa yang memakai kata kunci produk Anda melalui Google Trends terlebih dahulu sebelum Anda memilih lokasi dan bahasa iklan produk Anda di Google Adwords. Dengan demikian terjadi titik temu antara si pencari kata kunci dan Anda sebagai si pemasang iklan.
Demikian semoga bermanfaat, jika Anda mau punya penghasilan sampingan lewat internet yang bisa lebih besar dari penghasilan utama Anda saat ini, coba daftarkan nama Anda di sini Mr. Actionclub.com, semoga berhasil.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar