Rabu, 23 Februari 2011

Cara Melakukan Riset Keywords

Riset Keyword

Banyak wirausaha internet yang sudah banyak membuang uang memasang iklan di Google Adwords tetapi tidak mendapatkan apa-apa. Kebanyakan dari mereka justru malah merugi. Salah satu penyebabnya yaitu penggunaan kata kunci yang kurang tepat. Sebenarnya pada Google Adwords sudah disediakan tools untuk mencari kata kunci yang tepat.

Berikut ini langkah-langkah mencari kata kunci yang tepat pada Google Adwords.
1. Masuklah ke akun Google Adwords Anda.

2. Kemudian buka url https://adwords.google.com/select/KeywordTool. Akan muncul tampilan seperti ditunjukkan pada gambar 1 sebagai berikut :

3. Pada kotak “Temukan kata kunci” masukkan kata kunci yang Anda inginkan. Misal Anda ingin memasang iklan produk pakaian batik. Anda dapat menggunakan “bisnis batik” sebagai kata kuncinya (lihat gambar 2 di bawah ini).

4. Klik “Telusuri” untuk menampilkan hasil pencarian.

5. Pada gambar 2 di atas terlihat hasil pencarian kata “bisnis batik”. Berdasarkan hasil pencarian tersebut, carilah kata kunci yang mempunyai tingkat persaingan yang rendah namun hasil penelusuran global cukup tinggi (lihat kotak merah pada gambar

2). Kata kunci yang dimaksud yaitu “batik lasem”.

Kata kunci ini belum memiliki persaingan sama sekali namun cukup menjanjikan peluang pasarnya dengan angka penelusuran bulanan global sebanyak 1600. Dengan demikian peluang iklan Anda menduduki peringkat pertama pada Google Adwords semakin besar. Selain itu, Anda akan mendapatkan harga iklan yang relatif lebih murah karena nilai permintaan iklan dengan kata kunci tersebut yang masih rendah

6. Sekarang Anda klik pada sebelah kanan kata “batik lasem”. Anda akan ditunjukkan minat penelusuran dengan kata kunci “batik lasem” seperti ditunjukkan pada gambar 3 sebagai berikut:

7. Pada gambar tersebut Anda akan disajikan grafik minat penelusuran dengan kata kunci “batik lasem” selama 12 bulan terakhir. Pada grafik tersebut Anda dapat mengetahui titik tertinggi minat seseorang mencari kata kunci “batik lasem”, yaitu pada bulan Agustus 2009, dan Januari 2010. Pada saat-saat itulah Anda maksimalkan promosi produk Anda karena pada bulan tersebut banyak orang yang mencari batik untuk keperluan seragam sekolah maupun guru.

8. Langkah selanjutnya, Anda kembali ke alat bantu kata kunci (gambar 2). Anda beri tanda centang pada kata kunci “batik lasem” kemudian tambahkan kata kunci seperti ditunjukkan pada gambar 4 berikut:

9. Anda juga dapat menggunakan kata kunci yang lain namun perlu diperhatikan tingkat potensi pasar dan tingkat persaingannya.

Berikut ini beberapa tips mencari kata kunci iklan Anda pada Google Adwords.

1. Bidang usaha yang Anda rintis sebaiknya bersifat spesifik namun memiliki potensi pasar yang cukup besar (niche market). Sebagai contoh bisnis batik. Bisnis batik merupakan usaha yang masih bersifat umum dan banyak macamnya. Jika Anda menggunakan kata kunci ini, kurang efektif dan efisien. Hal ini disebabkan para pengunjung internet dengan kata kunci yang masih umum, umumnya mereka hanya mencari informasi seputar kata kunci tersebut.

Lain halnya jika Anda menggunakan kata kunci “batik lasem”. Pengunjung internet yang mengetikkan kata kunci tersebut sudah fokus mencari kata kunci batik lasem saja. Peluang Anda memasarkan batik lasem di halaman pencarian Google tentunya akan semakin besar.

2. Jangan gunakan hanya feeling Anda untuk memilih kata kunci. Terkadang feeling kita merasakan kata kunci ini banyak dicari orang, akan tetapi kenyataannya belum tentu demikian. Masukkan kata kunci iklan Anda pada KeywordTool Google Adwords (https://adwords.google.com/select/KeywordTool). Dengan demikian Anda akan memperoleh informasi yang jelas mengenai potensi pasar dan persaingan iklan yang dihasilkan.

3. Pastikan Anda gunakan frasa dalam setiap penulisan kata kunci. Gunakan tanda “[ ]” untuk setiap kata kunci yang Anda targetkan. Misal “[Batik Lasem]”, iklan yang akan ditampilkan sesuai dengan frasa tersebut. Selain pencarian dengan kata kunci “Batik Lasem”, iklan Anda tidak akan ditampilkan.

4. Untuk memperoleh kata kunci yang tepat sasaran, Anda dapat bereksperimen dengan menayangkan dua buah iklan sekaligus dengan dua buah kata kunci yang berbeda. Hal ini akan memudahkan Anda memperoleh perbandingan kata kunci mana yang terbaik. Sebuah kata kunci yang baik akan menghasilkan CTR (Click Through Ratio) yang tinggi dan ROI (Return of Investment) yang tinggi.

Demikian semoga bermanfaat, jika Anda mau punya penghasilan sampingan lewat internet yang bisa lebih besar dari penghasilan utama Anda saat ini, coba daftarkan nama Anda di sini Mr. Actionclub.com, semoga berhasil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar