Kamis, 24 Februari 2011

Cara Menghemat Biaya Iklan

Menggunakan Adgroups Untuk Memangkas Biaya Iklan Anda

Nah sekarang saatnya kita membahas tentang ads group! Google adwords memperbolehkan empat pilihan dalam menentukan pencocokan kata kunci, ketika orang melakukan searching di google. Anda dapat menentukan, keyword apa yang dicari orang di google yang dapat memicu iklan Anda tampil. Ini disebut dengan pencocokan kata kunci (keyword match type).

1. Pencocokan luas (broad match)

Iklan Anda akan terpicu untuk ditampilkan, ketika ada orang yang mencari frasa atau keyword serupa atau variasi yang relevan dengan frasa atau keyword tersebut.

2. Pencocokan frasa (phrase match)

Iklan Anda akan terpicu untuk ditampilkan, ketika ada orang yang mencari frasa atau keyword yang cocok dengan keyword yang telah Anda tentukan untuk iklan Anda.

3. Pencocokan persis (exact match)

Iklan Anda akan terpicu untuk ditampilkan, ketika ada orang yang mencari frasa atau keyword yang persis sama dengan keyword iklan yang telah Anda tentukan.

4. Pencocokan negative (negative counterpart)

Memastikan iklan Anda justru tidak akan terpicu untuk ditampilkan, ketika ada orang yang mencari frasa atau keyword yang serupa dengan keyword yang telah ditentukan.

Artikel ini tidak ditujukan untuk mengajari Anda bagaimana mengatur pencocokan pada adwords. Uraian di atas sebagai pembuka ulasan inti yang akan dibahas pada tulisan ini, yaitu bagaimana adgroups atau grup iklan dapat memangkas biaya iklan website.
Biaya iklan adalah salah satu faktor penting yang harus Anda pertimbangkan sebelum menjadi pelanggan adwords.

Biaya iklan bagi pengusaha manapun akan menjadi beban bagi biaya produksi. Oleh karena itu sangat diperlukan strategi untuk memangkas biaya iklan, sehingga bisnis yang Anda jalankan dapat profitable.

Tidak sedikit pengusaha kecil yang menjadi pelanggan adwords, yang justru mengalami kerugian akibat besarnya biaya yang harus dikeluarkan untuk sektor iklan. Jadi pastikan Anda menemukan strategi yang efektif dan efisien

Adgroups atau grup iklan tidak akan lepas dari keyword dan pengaturan pencocokannya (match type). Setiap adgroups memiliki sekumpulan keywords. Keyword Anda boleh dimasukkan ke dalam adgroup yang sudah ada ataupun membuat adgroup baru.
Anda dapat memasukkan bermacam keyword ke dalam beberapa adgroup.

Tapi ingat pakailah strategi di bawah ini agar pengeluaran iklan menjadi minimal.

1. Masukan masing-masing keyword Anda ke dalam beberapa adgroup yang berbeda, yang relevan dengan keyword tersebut. Strategi ini dimaksudkan untuk mengetahui mana keyword yang efektif dan mana yang tidak. Perhatikan selalu progres statistic agar Anda dapat selalu mengevaluasi kinerja keyword.

2. Lakukan penjadwalan untuk meng-update keyword Anda.

3. Apabila Anda sudah dapat memastikan keyword mana yang baik dan mana yang kurang, segera lakukan perubahan. Lakukan penargetan. Misalnya, keyword pada sebuah adgroup yang memiliki conversion rate di bawah 2% harus dihapus.

4. Lakukan penghapusan pada keyword yang tidak memenuhi target. Sebaliknya perkuat posisi keyword pada group yang memiliki akselerasi conversion rate yang baik

5. Buat keyword baru pada adgroup lainnya.

6. Evaluasi lagi, dan lakukan perubahan lainnya. Begitu seterusnya.

7. Target akhirnya adalah menemukan beberapa keyword pada beberapa adgroups saja, yang memiliki kinerja baik. Kinerja tersebut dapat diukur dari besarnya trafik yang dihasilkan yang berbanding lurus dengan conversion rate.

Pertanyaannya adalah, mengapa hal tersebut dapat memangkas biaya iklan

Sebuah adgroups bisa dikatakan merupakan sebuah segmen pasar. Dengan focus pada beberapa keyword dan beberapa adgroup saja, pengeluaran iklan dapat diminimalisir. Karena, segmen pasar yang dituju lebih spesifik.

Namun harap Anda ingat. Tindakan seperti ini bukan tanpa risiko. Dengan Anda mengurangi keyword dan adgroup Anda secara otomatis mengurangi pangsa pasar. Oleh karena itu lakukan terus langkah-langkah riset di atas, sebelum Anda tahu benar mana keyword dan adgroup yang efektif dan efisien. Setelah Anda menemukannya, barulah Anda dapat memangkas biaya iklan besar-besaran. Caranya seperti yang disebutkan di atas.

“Buang keyword pada adgroups yang hanya mendatangkan klik, namun tidak diikuti conversion rate yang tinggi. Sebaliknya perkuat posisi, misalnya dengan menaikkan bid CPC max bagi keyword pada adgroup yang memiliki conversion rate tinggi.”

Demikian semoga bermanfaat, jika Anda mau punya penghasilan sampingan lewat internet yang bisa lebih besar dari penghasilan utama Anda saat ini, coba daftarkan nama Anda di sini Mr. Actionclub.com, semoga berhasil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar