Dalam rangka meningkatkan ekspansi usaha dengan email marketing Anda membutuhkan alat yang dapat membantu berbagai pekerjaan tersebut. Alat Bantu tersebut bisa Anda dapatkan berupa layanan manajemen email marketing atau dapat juga Anda membeli software-nya.
Dua pilihan tersebut cenderung memiliki kelebihan dan kekurangan. Menyewa layanan sangat cocok untuk permulaan dan bisnis yang tidak begitu besar (masih dalam hitungan ribuan). Dengan menyewa layanan email marketing Anda dapat menghemat waktu, pikiran, tenaga, dan tentu saja harga yang dibayar tidak terlalu besar. Selain itu, dengan membeli layanan, Anda tidak memerlukan berbagai teknik keahlian seperti instalasi dan pengoperasian software.
Namun ketika usaha Anda memerlukan penanganan subscriber yang sangat besar, misalnya puluhan ribu, menggunakan layanan akan sangat mahal harganya. Karena layanan biasanya didasarkan pada paket jumlah subscriber. Oleh karena itu, Anda lebih baik membeli software sebagai alat bantu email marketing.
Banyak hal yang harus Anda perhatikan ketika akan membeli software email marketing. Selain tentunya Anda harus memilih software yang harganya terjangkau, Anda juga harus meneliti fitur-fitur yang terdapat pada software tersebut. Di bawah ini, beberapa aspek yang dapat Anda gunakan sebagai bahan pertimbangan, untuk mengukur bagus dan tidaknya software yang Anda beli.
1. Subscriber Handling
Jumlah subscriber yang bisa ditangani software bervariasi. Ada software yang hanya diperuntukan untuk menangani di bawah 1000 subscriber, ada juga yang dirancang untuk heavy duty. Bergantung dari harga yang ditawarkan.
Pilihan yang paling tepat adalah dengan mengukur ekspektasi usaha Anda. Berapa besar subscriber yang Anda dapat prediksikan. Dengan begitu, Anda tidak over budgeting. Sebaliknya juga jangan membeli yang hanya untuk saat itu juga. Rencanakan pengembangan subscriber untuk dua atau tiga tahun ke depan. Jangan sampai Anda membeli software yang terlalu minim. Karena akan terjadi overload pada pengoperasiannya.
Namun ada pilihan yang cenderung aman. Dimana ada vendor software yang menyediakan produk secara bertahap. Mula-mula Anda bisa membeli paket mini, dan kemudian Anda bisa meng-upgrade-nya pada saat usaha Anda berkembang dengan peningkatan jumlah subscriber. Pertimbangkan baik-baik dan sesuaikan dengan budget Anda.
2. Integrasi
Untuk menangani email marketing, Anda tentu memiliki database subscriber. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui apakah software yang Anda beli dapat diintegrasikan dengan system database yang telah Anda miliki.
Hal ini penting, karena apabila Anda membeli software yang tidak dapat diintegrasikan dengan database yang ada, budget Anda akan tersedot untuk membeli system database baru yang kompatibel dengan software yang Anda beli. Selain tentu akan menghamburkan waktu percuma.
3. Versi Trial
Vendor software yang baik akan memberikan versi trial atau evaluation copy, untuk dicoba calon konsumennya. Oleh karena itu, Anda harus memilih software yang menyediakan versi ini, agar Anda dapat leluasa mengetes kehandalan software tersebut terlebih dahulu. Jangan sampai Anda seperti membeli kucing dalam karung.
4. Mudah Diimplementasikan
Ketika Anda bermaksud menjalankan email marketing, yang Anda inginkan tentu saja mendapatkan hasil secepat mungkin. Dengan menggunakan software Anda mengharapkan kemudahan dan kecepatan yang ditawarkan. Oleh karena itu, apa jadinya apabila Anda membeli software yang rumit cara implementasinya. Itu akan mengecewakan Anda.
Oleh karena itu, pilihlah software yang memiliki cara implementasi yang mudah. Baik cara setup maupun pengintegrasian dengan database yang Anda miliki. Dengan begitu, Anda dapat menjalankan email marketing secepat mungkin setelah software tersebut Anda beli.
5. After Sales Service
Anda akan sangat membutuhkan bantuan, ketika instalasi maupun mengoperasikan software yang Anda beli. Pastikan software Anda dilengkapi jaminan layanan purna jual yang baik. Baik berupa layanan konsultasi, maupun layanan teknis lainnya yang Anda perlukan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar