Mengapa Anda Perlu Mengotomatiskan Email Marketing Anda
Ketika Anda berpikir untuk menjalankan email marketing, yang harus Anda lakukan adalah berbagai pekerjaan yang sangat menyita waktu, pikiran dan tenaga. Belum sampai pada bagaimana caranya agar email marketing Anda mendapatkan respon positif dari subscriber, Anda telah kehabisan tenaga duluan.
Namun jangan berkecil hati, saat ini banyak software yang bisa Anda gunakan untuk otomatisasi email marketing. Atau Anda membeli layanan yang dapat membantu menyelesaikan berbagai pekerjaan dalam email marketing tersebut.
Satu alasan paling utama mengapa Anda perlu mengotomatiskan email marketing adalah menghemat waktu, pikiran dan tenaga. Atau dengan kata lain efisiensi. Efisiensi tidak hanya diartikan sebagai hemat uang. Sebab, untuk apa Anda menghemat satu sumber daya berbentuk uang, namun Anda mengorbankan banyak sumber daya lain yang sangat dibutuhkan untuk pekerjaan lainnya.
Ketika Anda menyadari jumlah subscriber yang sangat banyak dan dengan karakteristik yang beragam, hampir mustahil Anda lakukan email marketing dengan cara manual. Mengapa begitu?
Seperti yang telah Anda ketahui, email marketing mengharuskan Anda untuk menyelesaikan banyak pekerjaan. Mulai dari mencari dan membangun list subscriber, merancang judul dan isi konten email, dan banyak pekerjaan lainnya, sampai menangani respon dari subscriber.
Dengan mengotomatiskan sebagian pekerjaan-pekerjaan tersebut, Anda dapat fokus terhadap pekerjaan merancang konten. Mulai penentuan judul, desain dan materi konten email marketing.
Dibawah ini adalah pekerjaan-pekerjaan yang sangat menyita sumber daya, namun dapat diselesaikan dengan otomatisasi.
1. Auto Subscriber
Sebagaimana yang telah Anda pahami, pekerjaan mulai dari mengumpulkan sampai terbangunnya subscriber list bukan pekerjaan singkat apabila dilakukan secara manual. Kenyataannya, Anda harus menyimak berbagai form subscribe, merespon subscriber, melakukan verifikasi dan menyusun subscriber list.
Mudah saja Anda lakukan secara manual apabila subscriber yang Anda dapatkan hanya satu orang saja. Namun bukan itu yang Anda harapkan bukan? Anda melakukan email marketing tentu dengan harapan mendapat subscriber yang sangat banyak. Dan apabila harapan itu tercapai, Anda dihadapkan pada berbagai pekerjaan yang mustahil Anda lakukan secara manual. Jangankan sampai pada tersusunnya subscriber list, pekerjaan memverifikasi form subscribe saja mungkin tidak dapat Anda selesaikan dengan baik.
2. Auto Formatting
Banyaknya subscriber harus diartikan dengan banyaknya variasi selera. Belum lagi Anda memikirkan menciptakan isi email yang dipersonalisasi, Anda harus berpikir untuk membuat berbagai format email yang sesuai selera subscriber. Bayangkan apabila Anda harus membuat format email Text only untuk subscriber A,B,C,…., dan format HTML untuk subscriber A100, A101, A102,….., atau format lainnya untuk ribuan subscriber lainnya. Hampir mustahil untuk Anda lakukan secara manual.
3. Auto Sender and Responder
Ribuan subscribe telah Anda dapatkan. List telah Anda susun. Pekerjaan berikutnya adalah Anda harus mengirimkan email ke satu per satu alamat yang dimiliki subscriber. Setelah itu, Anda juga harus menerima dan membaca respon berupa email dari subscriber. Dan andapun harus membalas respon tersebut
Silahkan Anda lakukan secara manual, apabila Anda mampu dan jumlah subscriber tidak ribuan seperti itu. Namun apabila pekerjaan tersebut akan menghabiskan banyak waktu, pikiran dan tenaga Anda, sedangkan Anda sangat dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan lain, maka auto sender dan responder akan sangat efisien untuk digunakan.
4. Auto Scheduling Delivery
Pekerjaan lainnya yang sangat penting adalah menyusun jadwal pengiriman email marketing. Apabila dilakukan secara otomatis dengan menggunakan software, penjadwalan dan eksekusi pengiriman akan berjalan dengan lancar.
Seperti yang telah Anda paham, setiap subscriber diidentifikasi memiliki perbedaan waktu pengiriman email marketing agar tepat sasaran. Belum lagi apabila Anda dihadapkan pada wilayah pengiriman lintas Negara yang memiliki perbedaan zona waktu.
Dengan melakukan otomatisasi, Anda akan mudah menyusun database untuk setiap subscriber dengan pemilahan waktu pengiriman yang berbeda. Pada saat yang telah ditentukan, email tersebut akan dikirimkan secara otomatis ke masing-masing subscriber, sesuai jadwal yang telah ditentukan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar