Pernahkah Anda tahu bahwa beberapa ide produk terbaik berasal dari ide lama yang kemudian dituliskan kembali dengan gaya baru?
Ide produk sering kali berputar dan berganti dengan ide-ide yang lebih baru. Ide-ide yang lama tentunya akan semakin berumur dan bisa menghilang begitu saja. Walaupun begitu ada beberapa internet marketer yang justru menggunakan ide-ide yang lama untuk membuat produknya.
Dia menggunakan ide lama tersebut sebagai sumber inspirasinya dalam membuat sebuah produk yang dia rencanakan. Sebagai contoh, seorang marketer yang berada di Midwest mengoleksi majalah-majalah lama dan sales letter untuk membantunya membuat sebuah ide untuk produk baru.
Marketer itu mengambil ide lama dimana sebelumnya ide tersebut bisa menghasilkan lebih dari $1 juta dolar di jaman sebelumnya dan kemudian mengupdate ide tersebut. Ide lama itu adalah berupa paket kaset audio yang berisi informasi yang sangat berharga, yaitu tentang rahasia-rahasia dalam ilmu marketing.
Seperti yang Anda tahu, ide atau produk akan berumur semakin tua, dimana produk-produk tersebut akan semakin tergantikan dengan produk lain yang lebih baru dan juga informasi yang lebih lengkap sehingga produk tersebut lama-lama akan kehilangan nilainya. Marketer tersebut tahu tentang hal ini, karena itu dia menggunakan ide lama yang berkualitas tinggi ini yang belum tentu diketahui oleh orang lain dan kemudian merekamnya ulang dan membuatnya lebih baik.
Marketer tersebut yakin bahwa produk yang dia buat ulang dari produk lama ini pasti akan terjual dengan sangat baik, jadi dengan sedikit bantuan dari para marketer expert, dia membuat rekaman ulang dari paket kaset audio itu dengan gaya yang lebih baru dan update dari rekaman sebelumnya. Hasilnya? Produk yang dia buat tersebut menjadi produk yang paling dicari dan paling laris saat itu.
Bagaimana bisa seperti itu?
Ya, sebelumnya produk yang dia rekam ulang itu adalah produk yang memiliki kualitas yang tinggi hanya saja semakin berkembangnya produk-produk lain yang lebih baru membuat produk lama tersebut seolah hilang dan tidak terdengar lagi keberadaannya.
Banyak sekali produk-produk lama berkualitas tinggi yang dulunya menjadi produk best seller namun karena kurangnya promosi dan pengembangan produk yang lebih baru (versi update), produk tersebut akhirnya harus mengalah dan tergeser dengan produk-produk yang memiliki informasi lebih update.
Banyak para marketer yang belum menyadari keampuhan produk-produk lama dan hanya melihat produk-produk baru saja di sekitarnya. Padahal jika para marketer tersebut mau mengembangkan dan mengupdate produk lama tersebut, besar kemungkinan produk tersebut akan booming kembali seperti pada masa kejayaannya dulu.
Contoh salah satu buku lama yang dicetak ulang
Jika Anda diberikan sebuah pertanyaan, manakah yang lebih mudah antara membuat produk yang benar-benar baru atau mengolah produk yang lama? Tentunya Anda akan menjawab mengolah produk yang lama akan lebih mudah bukan. Tapi ketika Anda diberi pertanyaan, manakah yang lebih menguntungkan antara membuat produk baru atau mengolah produk yang lama, apakah jawaban yang akan Anda pilih? Rata-rata para marketer atau mungkin termasuk Anda akan menjawab membuat produk baru lebih menguntungkan.
Mengapa?
Ya, rata-rata marketer berpikir bahwa mengolah produk lama hanyalah pekerjaan dari orang yang sama sekali tidak memiliki ide dan malas untuk berpikir. Para marketer tersebut berpikir bahwa produk lama adalah produk yang sudah mati dan tidak mungkin menarik perhatian dari orang-orang yang ada didunia.
Mereka akan lebih memilih membuat produk baru yang tentunya akan lebih menguras pikiran dan juga waktu mereka untuk merencanakannya dan membuatnya. Mereka menganggap bahwa produk baru adalah produk yang pasti paling dicari dan memiliki keuntungan besar.
Tapi tahukah Anda bahwa itu semua tidak benar?
Ya, percuma saja jika Anda membuat produk baru tapi tidak menarik dimata orang lain bukan? Produk lama menjadi usang dan terlupakan bukan karena orang-orang didunia sudah tidak tertarik lagi dengan produk tersebut melainkan karena produk tersebut sudah tergantikan secara sementara dengan produk yang memiliki informasi yang lebih update.
Orang-orang didunia melihat informasi atau produk sering kali tidak berdasarkan kapan informasi tersebut dibuat melainkan berdasarkan update informasi tersebut dan apakah informasi tersebut berguna bagi mereka. Perlu Anda ketahui juga, jika Anda memperoleh informasi atau ide lama yang pernah booming, maka Anda bisa mengupdatenya menjadi lebih baru dan menjualnya kembali. Cara ini adalah cara termudah dan tercepat dalam menghasilkan uang.
Lalu bagaimana cara menemukan produk lama yang berkualitas?
Produk-produk lama yang berkualitas bisa Anda lihat dari sejarah penjualannya. Produk-produk lama yang berkualitas akan memiliki tingkat penjualan yang tinggi walaupun hanya beberapa saat. Nah tahukah Anda keuntungannya jika Anda mengambil produk-produk lama ini?
Selain Anda tentunya bisa berpeluang mendapatkan profit dari produk lama itu jika Anda menjual versi update-nya, Anda juga bisa mendapatkannya dengan harga atau royalty yang murah. Bahkan tidak menutup kemungkinan Anda bisa mendapatkannya gratis.
Produk-produk lama yang sudah tidak menghasilkan rata-rata akan dianggap sebagai produk sampah, bahkan tidak jarang produk-produk tersebut ditelantarkan dan dibuang oleh perusahaan atau orang yang membuatnya dan memilih untuk membuat produk lainnya. Produk-produk lama seperti inilah yang harus Anda manfaatkan dan perlu Anda ingat bahwa produk sampah dari perusahaan bisa menjadi harta yang berharga bagi Anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar