Membuat ide produk yang menarik perhatian orang lain adalah tantangan tersendiri bagi seorang marketer.
Tidak semua marketer bisa melakukan hal ini dengan mudah dan cepat, rata-rata dari mereka membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membuat ide produk yang bisa dikatakan berkualitas.
Banyak para marketer yang lengah dalam membuat ide produk ini dimana mereka justru memilih untuk menemukan hal-hal baru dari pada mengolah informasi yang sudah mereka dapatkan sebelumnya. Seperti yang Anda ketahui sebagai seorang yang awam, hal-hal baru tentu akan membuat Anda membutuhkan waktu untuk mempelajarinya sebelum Anda memutuskan untuk menggunakannya.
Tidak sedikit para marketer yang gagal ditengah jalan karena mereka merasa putus asa produk informasi yang mereka buat ternyata sama sekali tidak mendapatkan respon yang baik dari luar. Alasannya sangat sederhana, yaitu karena mereka hanya memikirkan keuntungan semata yang akan didapatkan tanpa tahu dan mau tahu apakah produk-produk baru yang mereka buat itu mudah dipahami oleh orang lain dan tentunya bisa berguna bagi orang yang menggunakan produk tersebut.
Hal ini sederhana namun sangat mematikan, mengapa? Karena sekali saja Anda membuat produk yang dimata orang lain tidak berkualitas dan cenderung membuang waktu dan uang, maka produk-produk Anda selanjutnya akan mengalami efek bawaan dari produk awal yang Anda buat tadi.
Sebagai contoh, pada awalnya Anda membuat produk yang ternyata produk tersebut dicap jelek dan tidak mendapatkan respon yang baik dari orang lain. Kemudian Anda membuat produk lagi yang ternyata memiliki kualitas yang lebih bagus dari produk pertama yang Anda jual, tapi karena saat itu nama Anda sudah dicap cukup jelek akibat produk pertama yang Anda jual, produk kedua Anda memiliki kemungkinan untuk tidak direspon kembali dan tentunya ini akan sangat merugikan Anda.
Apabila ini adalah pertama kalinya Anda membuat produk, cobalah Anda memberikan kesan yang baik agar Anda bisa dicap sebagai seorang penulis yang berkualitas dan peduli terhadap para pengguna produk Anda. Ada sebuah cara dimana cara sering digunakan oleh para marketer khususnya yang baru pertama kali membuat produk, yaitu membuat produk dengan berdasarkan pada pengalaman Anda sendiri.
Anda pasti pernah melakukan suatu hal yang penting bagi hidup Anda bukan? Ya, Anda pasti pernah mengalami sebuah kejadian yang bagi Anda penting, nah kejadian seperti ini tidak bisa Anda remehkan dan Anda anggap Anda saja yang membutuhkan. Orang lain pasti ada yang membutuhkan jawaban dari kejadian yang mereka alami yang ternyata mungkin sama dengan Anda.
Sebagai contoh, Anda sering sekali keluar rumah dan hobi untuk belanja di mall. Anda sudah mengetahui harga barang di mall cenderung lebih mahal dari pada harga di pasar, namun Anda juga mengetahui bahwa rata-rata kualitas barang yang ada di mall akan lebih terjamin karena melewati proses yang sangat ketat untuk masuk ke dalam mall tersebut.
Herannya walaupun Anda belanja di mall, Anda bisa mengeluarkan uang dalam jumlah yang sedikit bahkan seperti belanja di pasar. Dari sini Anda sudah bisa melihat bahwa Anda memiliki sesuatu yang belum tentu dimiliki orang lain. Orang lain yang akan mengetahui kelebihan Anda ini pastilah akan tertarik karena mereka juga bisa menghemat belanjaan sama seperti Anda.
Anda bisa membuat produk dari apa yang Anda lakukan ini, karena Anda memiliki sesuatu yang sangat diinginkan oleh orang lain yang tentunya juga hobi belanja. Anda bisa menuliskan sebuah produk informasi berjudul “Rahasia Belanja di Mall dengan Harga Pasar” dimana didalam produk tersebut Anda membahas apa saja yang Anda lakukan untuk bisa mendapatkan belanjaan di mall dengan harga yang murah seperti pasar.
Contoh produk yang dibuat berdasarkan pengalaman pribadi
Ada sebuah contoh lagi yang sangat sederhana, yaitu Anda memiliki seekor kucing angora. Anda tahu bahwa kucing angora memiliki makanan yang khusus dan tentunya sangat mahal, selain itu kucing angora juga sangat manja dan cenderung pemalas. Nah Anda menemukan sebuah metode dimana Anda bisa membuat kucing angora milik Anda menjadi lebih aktif dan tidak malas serta mau makan-makanan yang umum layaknya kucing biasa tanpa merusak bulunya.
Bisakah Anda bayangkan, berapa jumlah orang yang memiliki kucing angora diluar sana dan sangat membutuhkan panduan dari Anda ini? Ya, yang jelas akan sangat banyak, mengingat kucing angora adalah salah satu hewan paling ingin dimiliki oleh orang-orang didunia. Jadi Anda akan memiliki peluang besar untuk bisa sukses dalam membuat produk yang berkaitan dengan kucing angora. Cobalah untuk membuat produk yang menarik seperti “Rahasia membuat kucing angora Anda aktif, tidak malas dan tidak memilih makanan”.
Nah, sekarang bisa Anda lihat dari hal diatas, bahwa Anda sudah berhasil membuat produk berdasarkan pengalaman Anda sendiri. Pengalaman adalah sesuatu yang paling berharga dan selalu Anda ingat, jadi jika Anda membuat produk berdasarkan pengalaman Anda sendiri, maka Anda sudah memberikan yang terbaik bagi orang lain. Dan tentunya ini akan semakin meningkatkan kepercayaan orang lain kepada Anda yang tentunya juga bisa meningkatkan profit Anda secara tidak langsung.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar