Salah satu kegiatan promosi yang bertujuan untuk mengenalkan produk adalah mengadakan seminar. Macam-macam seminar ada beberapa macam, salah satunya seminar berbayar, ada juga seminar yang gratis. Seminar merupakan suatu forum tempat kita mendiskusikan suatu topik.
Kegiatan ini bisa dilakukan di berbagai tempat, seperti gedung pertemuan, sekolah-sekolah, aula perguruan tinggi, kantor-kantor dan lain sebagainya. Di dalam kegiatan seminar banyak hal positif yang dapat diambil, seperti banyak ilmu yang akan dibagikan dari pembicara oleh peserta.
Di dalam seminar, juga ada sesi Tanya Jawab, yaitu kegiatan interaktif yang terjadi antara peserta dan peserta dan juga antara peserta dan pembicara. Biasanya kegiatan seminar ada yang bertanggung jawab seperti pihak penyelenggara. Mereka saling bekerja sama agar kegiatan seminar ini terlaksana dengan baik.
Mengadakan seminar yang baik tidak semudah yang dibayangkan. Banyak yang harus disiapkan di sini. seperti mencari sponsor yang mau mensponsori acara seminar ini. Sekarang ini sudah banyak yang mengadakan kegiatan seminar. Baik itu di dalam pihak pemerintah dan pihak swasta, atau bisa juga kerja sama di antara pihak pemerintah dan juga pihak swasta.
Mengadakan seminar adalah seperti menyediakan tempat untuk berdiskusi bagi orang-orang yang mempunyai tujuan yang sama.
Bila Anda tertarik untuk menjadi pihak yang akan mensponsori seminar yang perlu diperhatikan adalah:
1. Tema atau topic
Seminar pasti mempunyai topic, tema yang akan dibicarakan. Bila topic yang akan dibicarakan mengenai pendidikan, Anda boleh mensponsori kegiatan itu berupa produk-produk yang berhubungan dengan dunia pendidikan. Jangan memuat sponsor produk alat masakan atau yang berhubungan dengan makanan. Pasti tidak akan sesuai dengan kegiatan yang akan dilaksanakan
2. Waktu yang tepat
Seminar yang diadakan di bulan Ramadan misalnya, Anda bisa mensponsori produk-produk yang ada hubungannya dengan bulan suci Ramadan. Produk berupa kue kering, baju lebaran, alat-alat ibadah pasti sesuai dengan momen pada waktu kegiatan seminar berlangsung.
3. Peserta seminar
Mengadakan seminar pasti mendatangkan peserta. Anda harus memperhatikan siapa saja yang menjadi peserta di dalam kegiatan seminar yang diadakan. Bila peserta seminar adalah guru-guru produk yang dijadikan sponsor pasti yang berhubungan dengan profesi seorang guru, misalnya buku-buku, alat kerja mengajar dan lain sebagainya. Lain halnya jika yang di undang adalah para eksekutif muda. Mungkin produk yang dapat dijadikan sponsor adalah alat kantor, dan produk yang berhubungan dengan perkantoran.
4. Pembicara
Selain peserta ada juga pembicara yang sengaja di datangkan oleh pihak penyelenggara untuk mengisi materi yang akan di bicarakan. Biasanya sebagai pembicara akan mendapatkan produk sebagai kenang kenangan atau sebagai penghargaan untuk mengisi materi. Anda bisa memberikan produk Anda kepada pembicara sebagai promosi sekaligus mengenalkan produk Anda kepada pihak luar. Bagaimanapun jika pembicara itu mau menggunakan produk Anda. Itu berarti secara tidak langsung mereka juga sedang mempromosikan produk Anda. Selain pembicara, peserta seminar juga bisa dijadikan media untuk berpromosi produk Anda.
5. Sertifikat seminar
Mengadakan seminar biasanya disertai dengan pemberian sertifikat kepada peserta, pembicara sekaligus pihak penyelenggara. Sekarang ini banyak kegiatan sertifikasi baik guru maupun dosen atau profesi yang lain juga. Kegiatan seminar ini banyak diminati oleh masyarakat karena sangat berguna bagi pesertanya. Selain ilmu yang didapat oleh mereka juga akan mendapatkan sertifikat yang berguna bagi dokumentasi mereka sendiri.
Dengan mengadakan suatu seminar Anda bisa mendatangkan banyak prospek yang Anda bidik sebelumnya.
Salam Action!
Demikian semoga bermanfaat, jika Anda mau berpenghasilan sampingan lewat internet yang bisa lebih besar dari penghasilan utama Anda saat ini, pelajari caranya di sini Mr. Actionclub.com, semoga berhasil.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar