Dalam membuat bisnis plan sering kali terjadi kendala-kendala yang bisa menyebabkan Anda tiba-tiba malas dan enggan membuat bisnis plan, padahal Anda tahu bahwa bisnis plan itu sangat penting dan merupakan pondasi awal dalam membangun suatu bisnis maupun usaha.
Biasanya hal ini terjadi ketika Anda merasa bisnis plan yang Anda buat selalu tidak sesuai dengan rencana atau ide awal yang Anda buat. Sehingga Anda merasa jenuh dan kemudian membatalkan rencana Anda untuk membuat bisnis plan.
Namun hal tersebut masih bisa diatasi, Anda hanya perlu belajar baik dari referensi atau sharing dengan orang-orang yang sudah berpengalaman, kemudian dibarengi dengan komitmen dan keteguhan hati untuk menjalankan apa yang sudah Anda rencanakan.
Berikut ini ada tips-tips agar bisa membuat bisnis plan yang handal dan bertahan lama:
1. Menentukan Visi
Dalam membuat bisnis atau usaha Anda harus bisa menentukan apa yang ingin Anda capai dengan rencana bisnis tersebut. Lebih jelasnya disini Anda harus tahu apa sebenarnya cita-cita dan keinginan Anda yang Anda harapkan dari ide bisnis Anda. Misalkan: Anda ingin membuat toko komputer dan perakitan komputer online karena Anda ingin mendapatkan penghasilan secara online dari internet.
2. Menentukan Misi
Anda harus bisa menentukan alasan mengapa Anda memilih ide bisnis tersebut dan apa kira-kira manfaatnya bagi Anda dan maupun orang lain. Misalkan : Anda ingin membuat toko komputer dan perakitan komputer online karena Anda ingin menggunakan seluruh ilmu yang Anda pelajari saat Anda kuliah sebagai sarjana komputer, atau juga menyediakan fasilitas yang memudahkan para user diinternet dalam mencari dan merakit komputer secara online tanpa harus keluar dari rumahnya.
3. Menentukan nilai Perusahaan
Anda harus bisa menilai sebesar apakah nanti perusahaan yang akan Anda buat. Semakin besar perusahaan maka akan semakin banyak struktur organisasi yang harus Anda buat didalamnya agar rapi dan tidak merepotkan Anda nantinya.
4. Menentukan Sasaran
Anda harus bisa menentukan target-target yang akan Anda capai dengan usaha atau bisnis yang Anda buat. Misalkan : Anda membuat toko komputer dan perakitan komputer online dimana target Anda adalah membuat para user internet tertarik dengan produk-produk maupun paket-paket yang Anda tawarkan didalamnya.
5. Membuat Strategi
Anda harus bisa menyusun strategi dalam membangun bisnis Anda. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bisa saja orang lain memiliki ide yang sama dengan Anda, namun yang nantinya membedakan tingkat keberhasilannya adalah strategi dari masing-masing personal. Strategi ini bisa meliputi cara penawaran produk Anda, sistem penjualan dan banyak hal-hal lainnya yang bisa mendukung bisnis Anda.
6. Melakukan proyeksi keuangan
Anda harus bisa memperkirakan berapa kira-kira biaya yang dibutuhkan untuk membuat usaha yang ingin Anda terapkan, termasuk juga kemungkinan biaya-biaya tambahan yang Anda butuhkan kelak saat usaha Anda berkembang dan mulai membesar.
7. Inisiatif dan Rencana tindakan
Anda harus bisa menentukan kapankah Anda akan segera bergerak atau bertindak dalam menjalankan usaha yang Anda rencanakan. Anda harus membuat deadline, agar Anda terpacu untuk mengerjakannya dan menghindarkan Anda dari penundaan atau bermalas-malasan
8. Menentukan segala kebutuhan Barang dan SDM
Anda harus bisa menentukan barang-barang apa saja yang akan Anda butuhkan untuk mendukung usaha yang akan Anda buat, termasuk juga berapa orang yang Anda rencanakan untuk membantu Anda dalam membangun bisnis tersebut. Tentunya bekerja sama akan jauh lebih baik dari pada Anda melakukan semuanya sendirian bukan?
9. Menentukan Struktur Organisasi
Besar ataupun kecil skala usaha yang Anda buat, Anda harus bisa membuat struktur organisasi didalamnya, contohnya seperti bagian pembayaran, bagian pengiriman barang, bagian pelayanan dan lain sebagainya sesuai dengan kebutuhan dari rencana bisnis Anda.
Selamat mencoba!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar