Jumat, 25 Maret 2011

Deskripsi Bisnis

Deskripsi bisnis adalah gambaran tentang keseluruhan informasi tentang bisnis Anda juga dapat digunakan untuk mengoptimalkan informasi Anda dalam search engine.

Deskripsi harusnya dapat merincikan suatu produk atau layanan yang mencerminkan ciri khas dari perusahaan Anda. Nama perusahaan dituliskan paling tidak 3 – 4 kali karena dapat membantu dalam optimasi listing Anda di dalam search engine sekaligus dapat menaikkan peluang calon konsumen dalam menemukan perusahaan Anda.

Deskripsi yang disajikan harus jelas dan informatif, maksudnya agar orang yang mengunjungi website Anda menjadi tertarik untuk masuk ke dalam list Anda. keterangan berupa berapa lama Anda sudah menekuni bisnis ini penting dicantumkan jadi mereka tahu seberapa banyak pengalaman Anda. Gambarkan juga beberapa orang yang sudah mau bergabung dengan Anda. Deskripsi seperti ini biasanya terdiri 50 sampai dengan 200 kata.

Deskripsi bisnis adalah gambaran yang berisi tentang masa depan bisnis. Yang menjelaskan APA dan BAGAIMANA rencana dari bisnis itu sendiri. Biasanya deskripsi ini digunakan oleh wiraswasta yang sedang mencari calon investor dalam menyampaikan visi perusahaan. Dapat juga digunakan untuk perusahaan dalam mencari karyawan yang cukup penting, proyek bisnis yang baru dan berhubungan dengan supplier.

Deskripsi bisnis terdiri dari tujuan dari bisnis itu sendiri. Bagaimana strategi yang digunakan untuk mencapai tujuan dari bisnis itu sendiri. Struktur organisasi termasuk didalamnya jabatan dan tanggung jawab juga sekaligus modal yang dipakai untuk membiayai perusahaan dan bagaimana mempertahankan perusahaan itu sendiri.
Isi dari deskripsi bisnis bisa menarik atau membosankan tergantung dari bagaimana cara menulis dan menyusunnya. Biasanya ide bisnis yang bagus, namun tidak disajikan dengan baik tidak akan terlihat bagus dalam penyajiannya.

Terdapat aturan yang harus diikuti dalam pembuatan deskripsi bisnis:

• Pertama, perlu diperhatikan konsep bisnis yang mau dijalankan, disini perlu dijelaskan industri yang mau digeluti, struktur bisnisnya sekaligus produk dan jasa yang akan ditawarkan dan bagaimana cara untuk mensukseskan bisnis itu.

• Kedua, memperhatikan market pasar yang isinya membahas sekaligus menganalisa konsumen yang benar-benar mempunyai niat untuk membeli, siapa dan darimana mereka berasal, apa yang menjadi latar belakang mereka ingin membeli produk Anda. Jangan lupa untuk menjelaskan tentang persaingan yang dihadapi sekaligus bagaimana cara untuk memenangkan persaingan itu.

• Ketiga, keuangan, termasuk didalamnya estimasi pendapatan dan cash flow dari perusahaan, neraca sekaligus rasio dari keuangan seperti misalnya analisis break even. Jika Anda belum berkompeten dalam hal ini, Anda dapat meminta bantuan dari orang yang ahli dibidangnya, misalnya seorang akuntan dan programmer yang handal.
• Empat, banyak sedikitnya deskripsi bisnis yang dipaparkan tergantung dari fungsi perencanaan bisnis itu sendiri. Rata-rata banyaknya deskripsi bisnis adalah sekitar 15 sampai 20 halaman. Jika terdapat bisnis atau industri yang baru akan ada tambahan halaman untuk menyampaikannya. Namun apabila deskripsi itu hanya untuk perencanaan yang bersifat internal, hanya untuk mengatur bisnis, gambaran yang diberikan tidak usah terlalu panjang. Singkat dan jelas.

Secara umum, suatu perusahaan ingin membuat promosi tentang bisnis mereka dengan memfokuskan kepada system marketing mereka. Hanya sedikit yang menjelaskan tentang produk dan jasa yang akan ditawarkan. Selain marketing, terkadang deskripsi bisnis hanya mempunyai tujuan untuk mendapatkan orang yang mau menjalankan sistem marketing mereka.

Bila Anda berniat memberikan bonus untuk pengunjung website Anda, berikan bonus yang sebenarnya. Jangan menipu mereka dengan janji-janji palsu, karena hal seperti itu akan berakibat jeleknya kredibilitas Anda dan perusahaan sekaligus nama baik Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar