Banyak pelaku bisnis hanya bisa merasa senang bila sudah memiliki lebih banyak pelanggan atau pelanggan. Tetapi lihatlah kemudian akan banyak masalah yang mereka dapatkan dalam bisnis itu sendiri. Pembahasan kali ini akan membantu Anda mengerti lebih dalam mengenai cara dasar yang Anda butuhkan untuk menarik banyak pelanggan dan tetap memelihara mereka berada atau menjadi pelanggan setia Anda.
Pengembangan: satu strategi pengembangan adalah untuk mencari dan menambahkan suatu produk-produk, layanan-layanan, promosi-promosi atau perkembangan profil perusahaan pada website Anda
Ketika suatu perusahaan memutuskan untuk meluncurkan produk-produknya ke dalam suatu tempat yang baru hal itu adalah satu awal dari strategi pengembangan. Jika Anda sedang mempromosikan produk Anda di suatu pasar dan tiba-tiba ada orang lain yang membagikannya kepada orang lain lagi karena merasakan manfaatnya, hal ini juga bisa disebut sebagai strategi pengembangan.
Menarik perhatian :
Fokus pada bagaimana cara mempengaruhi Pengunjung yang menjadi target market Anda. Mungkin Anda bisa juga menarik pengunjung dengan cara meminta bantuan pelanggan Anda untuk mempromosikan produk Anda ke teman mereka atau komunitas mereka. Atau bisa juga dengan cara Anda masuk ke komunitas pesaing Anda lalu Anda berpromosi di situ dengan tujuan untuk menarik pelanggan dari pesaing-pesaing Anda. Semua hal ini sah-sah saja untuk dilakukan di dunia online.
Anda membutuhkan strategi ini jika Anda mulai berpikir untuk memulai suatu bisnis online dan ingin bisnis Anda maju pesat dengan pengunjung tertarget yang begitu banyak. Jika Anda takut bersaing maka menjauhlah dari kehidupan bisnis online.
Satu hal yang harus Anda ketahui, kedua jenis strategi mempunyai kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri dalam hubungannya untuk menambahkan pelanggan baru atau jumlah pengunjung pada website Anda. Pada dasarnya untuk memilih salah satu strategi di atas juga memerlukan daya kreatifitas yang bisa menunjang untuk meriset apa yang akan Anda luncurkan ke pasar.
Jika Anda memilih strategi pengembangan, Anda dapat menawarkan produk atau layanan Anda di suatu pasar tertentu yang sedang dalam kondisi yang bagus. Dalam dunia online, Anda boleh melayani suatu kebutuhan secara total sesuai dengan yang Anda inginkan. Anda dapat memenangkan kompetisi pasar dengan menjadi satu-satunya pebisnis di suatu pasar yang baru.
Hal penting yang harus Anda ingat adalah, Anda mungkin harus bekerja untuk membangun atau mengembangkan suatu market jika produk itu merupakan produk yang sangat baru dan produk atau layanan yang Anda lemparkan ke pasar tersebut belum dikenal oleh banyak orang atau masyarakat umum. Usaha pengembangan pasar seperti ini biasa disebut dengan istilah mem-branding. Anda mungkin harus memodifikasi apa yang telah Anda lakukan di waktu yang lalu untuk melayani permintaan pasar yang baru. Ingatlah bahwa pasar bisa berubah dan Anda harus mengikuti perkembangan pasar Anda jika Anda tidak mau tergeser oleh pebisnis lain yang sedang berlomba-lomba untuk saling menjadi yang terdepan.
Jika Anda sudah mulai melangkah kepada strategi menarik perhatian pengunjung, maka itu berarti Anda telah mulai masuk untuk melayani pasar dan telah mengetahui bahwa pasar yang Anda target bisa menerima taktik yang Anda pakai. Strategi Menarik perhatian tergantung pada kompetisi yang Anda lakukan, mampukah bisnis Anda mendominasi pasar dengan kebutuhan tertentu untuk kemudian setelah itu bisa mulai masuk ke dalam pasar-pasar yang lain.
Penting untuk di ingat, branding yang Anda lakukan merupakan proses yang memerlukan waktu dan terus dipelihara keberadaannya. Sesuatu yang salah dalam melakukan strategi branding bisa menjatuhkan nama dan nilai jual Anda dan hal ini otomatis akan menurunkan jumlah pengunjung. Anda harus memastikan bahwa pasar yang Anda target merupakan pasar yang besar, Anda juga harus memiliki dana yang terencana untuk mendukung melakukan strategi ini. Jika Anda tidak mengerti target pasar Anda, maka perilaku pembelian akan terus berubah, pesaing-pesaing baru akan masuk, dan kondisi-kondisi ekonomi berubah. Jadi tentunya Anda juga harus ikut berubah secara dinamis sesuai dengan perkembangan pasar itu sendiri.
Perusahaan-perusahaan besar atau pelaku bisnis yang kuat biasanya akan menjalankan beberapa teknik strategi market ini secara besar-besaran pula dan terus menerus karena mereka umumnya memiliki modal yang lebih kuat. Namun begitu, modal kuat belum tentu menjadi yang terdepan. Anda harus bisa mengalahkan mereka-mereka ini dengan cara mengembangkan strategi yang lebih baik dan berkualitas tanpa harus mengeluarkan banyak biaya untuk menjalankannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar