5 strategi terbaik membangun satu layanan atau pemasaran produk yang efektif
Mengembangkan satu strategi yang efektif untuk meningkatkan produk atau layanan online bisnis Anda perlu mengatur rencana atau strategi dan kemudian tindakan apa yang akan Anda lakukan pada bisnis online Anda. Mengapa?
Karena tanpa satu perencanaan yang matang dan pekerjaan yang terorganisir, Anda akan susah mengikuti persaingan dunia bisnis yang semakin hebat.
Ada beberapa masalah yang harus Anda perhatikan yaitu masalah Time Management (managemen waktu), Resources (sumber daya) dan Cost Development (biaya untuk pengembangan). Hal ini bisa meningkatkan kualitas nama pasar atau branding Anda sangat banyak aspeknya. Jadi Anda harus mempelajari dengan baik jika Anda menginginkan hasil yang maksimal.
Kebanyakan pemilik-pemilik usaha kecil-kecilan memiliki cara pandang yang berbeda dalam menanam modal. Mereka biasanya menanamkan modal di awal pengembangan strategi produk-produk atau jasa layanan yang baru mulai mereka rintis, dan ketika bisnis mereka sudah diluncurkan dan mulai berjalan, mereka tidak mau mengeluarkan biaya lagi untuk mengembangkan strategi pemasaran bisnis mereka. Hal inilah yang sebenarnya sangat disayangkan, banyak sekali peluang yang hilang di saat pasar baru mulai berjalan, sehingga mereka tidak bisa bersaing dengan orang lain yang memiliki strategi pemasaran yang lebih tertata dan terencana.
Sebenarnya, produk-produk atau layanan-layanan baru sering diluncurkan, dan bisnis tersebut diharapkan dapat mengerti bagaimana cara membuat bisnis mereka berkembang dengan cara yang efektif dan tidak menghabiskan terlalu banyak biaya dan waktu pemasaran yang tidak efektif
Ketika peluncuran kurang sukses atau target-target penjualan tidak tercapai dan kerugian datang, pemilik bisnis bisa menganalisa penyebabnya dan tidak menyalahkan sesuatu yang sebenarnya tidak bisa dijadikan kambing hitam. Setiap langkah yang Anda kerjakan pada bisnis Anda, seharusnya Anda lah yang paling tahu, sehingga Anda bisa dengan cepat menganalisa dan kemudian memperbaikinya. Para pemilik bisnis sering menyalahkan kelompok penjualan atau operasional, atau perkembangan ekonomi atas kegagalan mereka.
Saya mempunyai strategi yang baik untuk membantu Anda tidak gagal dan menghemat biaya pemasaran sehingga akan membuat Anda dapat bertahan dengan bisnis yang sedang Anda jalankan.
Strategi pemasaran produk
Ada 5 strategi terbaik yang bisa Anda perhatikan untuk menjalankan bisnis yang sukses, sebagai berikut :
1. Cari Tahu Hal Apa Yang Membuat Gagal.
Pastikan apakah strategi produk yang mereka terapkan bisa diterima oleh pasar secara terus menerus sesuai dengan perkembangan kondisi pasar itu sendiri?
Cara untuk mengetahui hal ini adalah dengan cara melihat apakah yang mereka terapkan adalah hal yang tepat dengan kondisi pasar saat ini. Sama halnya dengan mengkondisikan produk atau layanan yang mereka jual itu dengan kebutuhan mereka sendiri sekarang ini. Suatu strategi pemasaran yang akan dijalankan sangat membutuhkan pemikiran untuk tujuan mempengaruhi pengenalan produk, pertumbuhan bisnis bidang itu sendiri maupun peningkatan trend yang terjadi di pasar bisnis tersebut.
Penting sekali mengatur strategi penempatan dan mempertimbangkan berapa lama bisnis Anda akan dicari oleh masyarakat. Hal ini jauh lebih efektif dilakukan sebelum Anda meluncurkan produk. Di dalam peluncuran suatu produk baru, Anda perlu untuk mempertimbangkan; penetapan harga, cara promosi, dan strategi distribusi atau pengiriman. Mungkin, suatu strategi penetapan harga yang murah dapat Anda terapkan ke dalam strategi bisnis Anda. Karena mungkin beberapa pesaing-pesaing bisnis Anda bisa menggunakan harga yang lebih tinggi ke pasar.
2. Strategi penetapan harga
Pertimbangan kelangsungan jangka panjang usaha Anda. Misalnya mencari suatu yang berbeda dari yang lain. Seperti bentuk dan manfaat-manfaat adalah hal yang paling mudah dicopy atau ditiru oleh pesaing-pesaing. Maka dari itu Anda harus mampu menemukan titik perbedaan antara bisnis Anda dengan yang orang lain miliki, dengan kata lain berilah warna yang berbeda pada bisnis Anda sehingga menjadi satu nilai lebih bagi pengunjung.
3. Program Promosi
Buatlah program promosi yang menarik. Hal ini akan cukup membantu Anda dalam meningkatkan penjualan. Contohnya: Daftar Premium Member Mr. Action Club hanya Rp. 330.000 hingga tanggal 20 oktober 2010.
4. Memonitor teknik distribusi yang sudah dijalani
Bagaimana pendistribusian produk yang Anda tawarkan? Apakah Anda sering menerima komplain dari prospek Anda. Ketika Anda menjalankan bisnis online memanglah simpel, namun karena ketidakhadiran baik pihak pembeli maupun penjual akhirnya bisa terjadi kesalahpahaman antara keduanya, terutama dibidang distribusi.
Nah, penting sekali bagi Anda melakukan pengecekan-pengecekan terhadap proses distribusi Anda kepada prospek supaya kredibilitas Anda tetap terjaga.
5.Amati perkembangan branding anda
Branding merupakan hal yang cukup berperan dalam bisnis online, branding bisa menciptakan kepercayaan prospek akan produk yang kita tawarkan. Oleh karena itu penting sekali mengamati perkembangan branding produk kita.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar