Kamis, 14 Februari 2013

15 Prinsip Membangun 'Niche' yang Menguntungkan

Fakta: Marketer yang berhasil menciptakan niche yang unik bisa mendapatkan hasil yang sangat menggiurkan! Siapa yang menciptakan niche unik dia menguasai 'pasar' tidak hanya satu kota, tapi satu negara! Inilah salah satu cara yang cerdas untuk memanfaatkan keahlian dan menjualnya pada target market yang tepat.

 Pertanyaannya sekarang: Apa yang bisa kita lakukan untuk menciptakan niche unik di tengah kompetisi ketat saat ini? Kalau diungkap rahasianya, sebenarnya, niche itu sendiri dan orang yang menciptakannya adalah faktor utama yang membedakan satu produk dengan beragam produk lainnya. Dalam tips kali ini kita akan buat 'Anne Ahira' sebagai studi kasus.

Apa yang dia lakukan untuk menciptakan niche unik dan menguasai pasar. Anne Ahira tidak hanya pandai sekedar 'teori' tapi dia juga seorang praktisi alias dia sendiri benar-benar mempraktekkannya untuk bisa dimodel.


OK. Berdasarkan pengamatan kami, Ahira memiliki 15 prinsip yang selalu dia jalankan untuk bisnisnya, dan ini bias kita model dan aplikasikan untuk kesuksesan bisnis kita sendiri. Lalu perhatikan berapa keuntungan yang bisa didapat dengan mempraktekkannya. Berikut adalah 15 prinsip yang saya perhatikan bagaimana Ahira membangun sebuah niche :

1. Prinsip Adaptasi : Cara paling mudah untuk menciptakan ide baru adalah dengan mengerjakan apa yang sedang orang lain kerjakan saat ini. Tapi tunggu dulu, jangan asal ikut-ikutan. Lihat juga apakah ide baru ini bisa diadaptasikan ke bisnis, produk atau layanan yang kita tawarkan atau tidak? Sebagai contoh, sebelum membuka Asian Brain IMC, Ahira melihat begitu banyak marketer online yang membuka membership website yang dibuka untuk international. Dia melihat hal ini merupakan sebuah peluang untuk diaplikasikan di Indonesia. Cara Adaptasinya: dia menggunakan bahasa Indonesia khusus untuk target marketnya. Dan ini menjadi nilai plus dibandingkan pesaing-pesaingnya di luar yang tidak bisa berbahasa Indonesia.

2. Prinsip Nilai Lebih : Kemampuan kita menambahkan penawaran lebih terhadap produk atau layanan, dimana pesaing kita tidak memiliki atau melakukannya. Jika Anda pernah mengeluarkan banyak uang untuk belajar Internet Marketing di luar, Anda akan tahu, Ahira memberikan pelayanan jauh lebih komplit dibandingkan para pesaingnya, plus biaya yang relatif terjangkau oleh target marketnya. Hal ini akan membuat 'pasar' yang menjadi target market Ahira lebih 'melirik' pada apa yang dia tawarkan dibandingkan kepada para saingannya.

3. Prinsip Kombinasi : Nilai lebih dari produk/layanan lain yang bisa digabungkan dengan produk yang kita miliki sehingga menjadikan produk kita lebih baik lagi. Ahira selalu memperhatikan kelebihan dan kekurangan situs-situs para pesaingnya. Tidak jarang dia mengeluarkan uang untuk menjadi 'murid' para pesaingnya, dan lalu dia 'model' setiap kelebihan yang dimiliki oleh beberapa pesaing yang berbeda dan lalu dia gabungkan kelebihan tersebut hingga membership website Ahira jauh lebih komplit dibandingkan yang lain.

 4. Prinsip Personalitas : Memberikan sentuhan pribadi terhadap produk yang kita tawarkan pada pelanggan. Hal ini sangat penting karena orang sangat suka pada sentuhan pribadi yang mencerminkan sang empunya. Jadi buatlah produk atau layanan yang lebih personal dan jauh dari kesan seragam. Anda bisa melihat bagaimana Ahira menulis setiap modulnya! ;-)

5. Prinsip Kemudahan : Mencari lebih banyak strategi untuk membuat produk atau layanan yang kita tawarkan lebih mudah untuk dibeli, digunakan, dimiliki dan direkomendasikan pada orang lain. Bahkan bisa lebih menarik pelanggan setia. Saat awal Asian Brain IMC dibuka, Ahira hanya menerima pembayaran lewat kartu kredit dan autodebit rekening BCA, Dengan berjalannya waktu, Ahira memberikan kemudahan lain bagi para pelanggannya yaitu dengan cara transfer dari Bank manapun juga, dan ini membuat murid Ahira semakin bertambah setiap bulannya

6. Prinsip Pengurangan : Meminimalisir keluhan pelanggan terhadap produk atau layanan yang kita tawarkan. Saat ini orang tidak hanya membeli untuk memastikan manfaatnya tapi juga dengan memastikan kekurangannya. Tidak ada pelanggan yang mau membeli produk yang serba bermasalah. Jadi kita perlu berusaha meminimalisir berbagai resiko yang kemungkinan akan diterima pelanggan. Satu minggu satu kali, Ahira selalu mengadakan meeting untuk mereview perkembangan Asian Brain IMC dan setiap pekerjaan yang Team Support lakukan. Setiap minggu Team Support diwajibkan Ahira untuk membuat laporan melalui 'virtual office' untuk kemudian pada saat meeting akan dibahas. Untuk meminimalisir keluhan pelanggan, Ahira selalu membahas satu per satu, memberikan masukan, dan solusi untuk setiap masalah yang dihadapi oleh Team Support.

 7. Prinsip Perluasan : Pastikan pelanggan puas dengan produk atau layanan yang kita tawarkan. Kepuasan pelanggan bisa menjadi tolak ukur bagi kita untuk memperluas segmen pasar. Dengan bertambahnya fitur-fitur baru dari waktu ke waktu di Asian Brain IMC merupakan salah satu prinsip perluasan yang dilakukan oleh Ahira.

 8. Prinsip Hiburan : Berikan ketenangan dan kesenangan pada pelanggan. Orang yang sedang bahagia biasanya akan melakukan pembelian dengan mudah. Ini Ahira lakukan dengan cara mendekatkan dirinya dan membuat senang calon pelanggan melalui sebuah Newsletter yang dikelolanya di www.AsianBrainNewsletter.com. Melalui tulisannya, banyak pelanggan yang merasa terhibur, dan senang kepada pribadi Ahira hingga akhirnya memutuskan untuk bergabung di Asian Brain IMC. Smart huh? :-)

9. Prinsip Tahan Lama : Pengalaman orang lain atau testimoni memiliki sifat tahan lama. Untuk itu Ahira selalu menyempatkan waktu untuk meminta pendapat orang lain mengenai produk atau layanannya. Baik online atau saat seminar. Setiap satu kalimat yang bagus yang datangnya lewat email atau hasil publikasi akan dia simpan untuk keperluan bisnisnya. Lebih banyak testimoni, lebih baik, karena ini bisa menjual.

10. Prinsip Kemudahan Penggunaan : Kemampuan pelanggan untuk mengakses produk atau layanan yang kita tawarkan di lebih dari satu tempat. Termasuk kemampuan produk atau layanan yang kita tawarkan untuk digunakan pelanggan di mana saja, tidak terbatas pada satu tempat. Itu sebabnya Ahira membuka 'kursus online', jadi muridnya tidak perlu datang ke Bandung untuk belajar dengan Ahira. Di rumah pun bisa!

11. Prinsip Minimalis : Mengurangi fitur tertentu untuk membuat produk yang kita jual lebih efisien, lebih mudah disimpan atau dibawa bahkan lebih mudah untuk digunakan. Ahira tidak menyediakan pelajaran dalam bentuk CD atau buku seperti yang seringkali kita temui di dunianya nyata. Dia lebih senang membuatnya 'cukup di download saja', menurutnya, yang paling penting produknya (ilmu) sampai pada pelanggan.

12. Prinsip Kebalikan : Cek fitur atau layanan apa yang ditawarkan dan tidak ditawarkan oleh pesaing. Jika toko pesaing kita tutup di akhir pekan, bisakah toko kita buka? Jika target market pesaing adalah orang tua, maka kita bisa mentargetkan orang yang lebih muda. Bahkan jika pesaing mentargetkan kalangan kelas atas, maka kita bisa mentargetkan kalangan menengah ke bawah, dsb. Coba Anda perhatikan, harga-harga produk marketer kelas dunia yang menjadi pesaing Ahira, kebanyakan hanya bisa terjangkau oleh kalangan atas. Maka yang Ahira lakukan adalah tidak hanya mentarget kalangan atas saja, tapi juga kalangan menengah.

13. Prinsip Keamanan : Tonjolkan layanan yang bisa memberi rasa aman dan resiko yang kecil. Umumnya orang tidak suka dengan pengalaman kehilangan, tidak aman atau buang uang dengan sia-sia. Dengan memberitahu alamat rumah kita di situs dengan lengkap, no. Telpon dan HP yang bisa dihubungi, bahkan foto kita untuk memperlihatkan bahwa kita bukan marketer yang suka bersembunyi di belakang website, bisa membantu menciptakan rasa aman calon pelanggan.

 14. Prinsip Kecepatan : Banyak orang yang benci untuk menunggu. Sangat penting untuk melakukan sesuatu lebih cepat dari pesaing kita tanpa mengurangi kualitas. Seperti memenuhi pesanan, layanan, hasil, pengiriman barang dan keluhan. Pikirkan dan lakukan dengan cepat! Ahira sendiri tidak mungkin membalas semua email dan telpon yang datang sendirian. Untuk itu Ahira membuat www.AsianBrainSupport.com

15. Prinsip Melawan Arus : Salah satu kunci kesuksesan adalah mau mengerjakan sesuatu yang tidak disukai oleh para pesaing. Jika kita memiliki sebuah bisnis, cari kebiasaan apa yang tidak dilakukan oleh pesaing kita untuk pelanggannya dan mulailah kita untuk melakukan hal itu. Dengan melakukan hal tersebut kita bisa berharap mendapatkan celah pelanggan yang tidak dibidik oleh pesaing kita. Saat di Indonesia marak diadakan seminar Internet

Marketing dengan biaya lebih dari 5 juta, yang justru Ahira lakukan adalah keliling Indonesia memberikan seminar Internet Marketing GRATIS! Terapkan prinsip di atas yang Ahira jalankan, lakukan improvisasi, yang tentunya "cocok" dengan bisnis online yang sedang kita jalankan. Dengan demikian, diharapkan kita mampu menciptakan niche yang tangguh yang mampu bersaing di tengah kompetisi yang ketat saat ini.

Selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar