Kamis, 14 Februari 2013

Peralatan Gratis Dan Murah Yang Akan Membantu Riset Anda

Dalam melakukan riset niche untuk mengetahui tingkat persaingan dan peluang, kita membutuhkan alat bantu yang bisa memudahkan kita. Sebenarnya alat apa saja sih yang kita butuhkan itu?

1. Google Adwords Keyword Tool

Alat pencari keyword yang satu ini disediakan gratis oleh Google dan bisa diakses tanpa harus memiliki akun Google. Anda bisa mengunjunginya di : https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal

Informasi yang bisa kita dapatkan di sini yaitu :



• Daftar keyword yang muncul otomatis setelah kita mengetikkan kata kunci yang kita bidik. (150 keyword utama + keyword tambahan).
• Advertiser Competition yang menunjukkan jumlah pemasang iklan yang memakai keyword tersebut di Google Adwords (ditunjukkan dengan warna hijau). Jadi semakin penuh warna hijaunya, semakin banyak saingan kita yang membidik keyword yang sama.
• Local Search Volume yang menunjukkan jumlah pencari keyword untuk target Negara yang kita tentukan.
• Global Monthly Search Volume yang menunjukkan jumlah pencari keyword rata-rata tiap bulan. Data di sini termasuk pencarian di seluruh negara dan bahasa.
2. SEObook Keyword List Generator
Tool yang satu ini juga free dan bisa dipakai untuk menggenerate kombinasi keyword. Caranya masukkan serangkaian kata/keyword di word list 1, 2, 3, 4, 5. Lalu klik ‘generate’
Nanti akan muncul variasi keyword di kotak sebelah kanan (current result). http://tools.seobook.com/keyword-list/generator.php

3. MSN AD LABS
Fasilitas untuk riset keyword ini disediakan oleh MSN dalam berbagai bentuk: Entity Association Graph , Keyword Group Detection , Keyword Mutation Detection , Keyword Forecast , Search Funnels.
Berikut ini gambaran dari fitur ‘search funnel’ :

Dan, dalam bentuk excel :

4. Search Engine Keyword Tracker & Keyword Ranking Tool

Sebelumnya situs ini menyediakan fasilitas ‘keyword suggestion tool’ atau alat untuk mencari keyword. Tapi saat ini fasilitas itu tidak bisa lagi digunakan, dan sebagai gantinya hanya ada alat pelacak posisi keyword di search engine. Alat ini bisa digunakan untuk mengecek posisi/ranking keyword di search engine seperti Google, Yahoo, Bing. Untuk dapat menggunakan fasilitas gratis ini cukup tulis username dan password. Berikut ini gambaran hasil pelacakan ranking keyword di search engine:

Anda bisa mengunjungi halaman websitenya di : http://www.digitalpoint.com/tools/keywords/

5. Keyword Playground

Alat yang ini cukup mudah dan simpel penggunaannya. Cukup memasukkan keyword yang kita bidik, masukkan kode gambar yang muncul lalu ‘submit’. http://www.webconfs.com/keyword-playground.php

Hasilnya yang muncul akan terlihat seperti ini : ( hasil yang muncul ini berdasarkan perkiraan pencarian bulanan). Alat ini dibuat dengan menggunakan database WordTracker.

6. Wordtracker’s

Alat pencari keyword yang ini bisa digunakan gratis untuk 7 hari (free trial) dan bisa menampilkan sampai 100 keyword yang berhubungan. Bisa dikunjungi di : http://www.wordtracker.com/

Dengan alat ini Anda bisa menemukan berapa kali keyword tertentu dicari orang di search engine (US) selama 365 hari terakhir. Alat ini hanya menampilkan top 100 keyword saja. Jika ingin lebih banyak lagi, klik ‘Want more keyword? ‘ . Nanti kita akan bisa mendapatkan ‘long tail keyword’, yaitu keyword yang mengandung lebih dari dua kata. Tapi untuk mendapatkan informasi ini tidak gratis. Kita harus membayar seharga $29.

Long tail keyword ini juga berpeluang karena keyword jenis ini lebih mudah mendapat rank di search engine, dan seringkali rasio beli pencari keyword ini lebih tinggi.

Ingat, tren di internet selalu berubah setiap saat. Jadi, jangan pernah bosan melakukan riset untuk mengetahui keyword apa saja yang sedang in saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar