Kamis, 14 Februari 2013

Temukan Siapa Pemilik Suatu Domain.

Pernahkah Anda mengunjungi suatu website yang menurut penilaian Anda cukup menarik sehingga Anda tertarik untuk mengetahui siapa pemilik website atau domain tersebut?
Terkadang memang tertera nama dan foto dari pemilik domain tersebut, tapi apakah Anda yakin itu memang pemilik sebenarnya? Atau hanya digunakan sebagai tameng identitas saja?

Ada beberapa cara untuk mengetahui identitas pemilik domain. Berikut beberapa diantaranya:

1. Cara pertama dan paling umum dilakukan orang adalah melihat informasi di website tersebut atau mengirimkan email kepada admin website tersebut melalui halaman contact us/kontak kami.



Tapi seperti kita tahu, dunia internet terkadang tidak sejujur yang kita bayangkan, banyak orang-orang virtual bertebaran dengan berbagai alias untuk berbagai tujuan yang ingin mereka capai.
2. Mendapatkan data lengkap dari pemilik domain atau reseller domain tersebut melalui tool berikut:

• www.whos.com
• www.domaintools.com
• www.whois.net

Dari pencarian tersebut mungkin Anda tidak akan menemukan pemilik langsung dari domain tersebut, karena ada kemungkinan domain tersebut telah dijual oleh reseller dan terdaftar atas nama reseller tersebut. Tapi paling tidak Anda bisa mengetahui asal usul domain tersebut dan bisa mengarahkan Anda pada pemilik domain yang benar-benar menggunakan domain tersebut.

Banyak sekali website yang memberikan pelayanan gratis untuk mengetahui asal usul domain tersebut. Coba saja Anda ketik ‘who is’ di pencarian Google dan tentu saja, banyak sekali hasil pencarian yang mengarahkan Anda ke situs-website tersebut.
Mengetahui asal usul atau pemilik domain bukan hanya dilakukan untuk sekedar memuaskan rasa ingin tahu Anda, tetapi tenyata banyak kegunaan dari pencarian pemilik tersebut. Dibawah ini ada berapa kegunaan atau yang menjadi alasan kenapa orang-orang mencoba mencari pemilik sebuah domain.

1. Tertarik ingin membeli situs tersebut.

Bila Anda melihat sebuah domain dan ternyata domain tersebut telah dipakai oleh orang lain maka Anda bisa saja memutuskan untuk membeli domain tersebut karena Anda mempunyai rencana pembuatan website tertentu yang Anda yakini bisa sangat baik jika menggunakan domain tersebut.

2. Keperluan Penyidikan.

Seiring dengan kemajuan teknologi, kejahatan di dunia internet semakin besar pula, maka para penyidik entah polisi ataupun lembaga penyidik lainnya, menggunakan sarana ini untuk memburu para kriminal yang melanglang buana di dunia internet. Dengan mengetahui pemilik domain sebenarnya, akan sangat memudahkan mereka untuk menjalankan kegiatan spionase kegiatan website tersebut.

3. Memantau website kompetitor.

Jika Anda memiliki suatu website tertentu, tentunya Anda akan berusaha memantau para kompetitor Anda di dunia maya. Misalnya Anda memiliki situs penjualan online komputer maka Anda akan berusaha bersaing dengan para kompetitor atau situs-situs lain yang memberikan layanan yang sama.

Persaingan akan semakin mudah dimenangkan jika kita mengetahui gerak-gerik dan perkembangan dari kompetitor kita karena akan memudahkan kita untuk membuat strategi penjualan atau promosi yang bisa digunakan sebagai instrumen untuk memenangkan persaingan.

4. Mengucapkan terimakasih atau apresiasi pada website tertentu.

Hal ini salah satu alasan yang paling jarang dilakukan oleh para pengguna intenet. Kenapa? Karena umumnya para pengguna internet yang mencari informasi tertentu hanya membaca, menyerap, dan menyimpan informasi berharga dari sebuah website tanpa ada rasa ingin berterimakasih kepada pemilik website yang menyediakan informasi tersebut.
Seharusnya, jika kita merasa terbantu dengan konten sebuah website, sangatlah baik jika kita mengucapkan sekedar kata terimakasih kepada pemilik website. Jika memang membantu bisnis Anda, tak ada salahnya juga jika kita memberikan donasi kepada website tersebut untuk sekedar menutup biaya perawatan website tersebut.

Ada banyak alasan lain untuk mencari pemilik sebuah domain dan mungkin Anda sendiri mempunyai alasan sendiri kenapa Anda melakukan pencarian pemilik domain tersebut.
Saya sudah menyiapkan beberapa panduan yang bisa Anda pelajari untuk melihat siapa pemilik suat domain, caranya adalah sebagai berikut :

• Panduan Mencari Pemilik Domain Dengan Whos
• Panduan Mencari Pemilik Domain Dengan Who Is
• Panduan Mencari Pemilik Domain Dengan Domain Tools

Jangan kecewa jika pencarian Anda mengalami kebuntuan, karena beberapa reseller domain merahasiakan pemilik suatu domain dan Anda diminta menelpon atau mengirimkan email tentang kenapa Anda ingin mengetahui identitas pemilik domain tersebut. Selamat mencoba.

Salam Action!

Demikian semoga bermanfaat. Jika anda mau belajar lebih sistematis dan punya panduan yang terukur selangkah demi selangkah silakan kunjungi link ini http://www.panduanbuatsitus.com atau klik saja di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar