Pengaruhi Pikiran Prospek Dengan Persona Anda
Persona dalam istilah marketing artinya merujuk kepada ‘siapa’ prospek atau pelanggan, yang bisa diketahui dari pertanyaan-pertanyaan mengenai perilaku mereka seperti ‘apa yang membuat orang tersebut bangun tengah malam? Bagaimana mereka menghabiskan waktu mereka? Dan sebagainya.
Dengan persona-based marketing, Anda bisa:
• Menyesuaikan pesan marketing dengan motivasi persona.
• Membuang informasi yang berlebihan/tidak diperlukan dan berhubungan secara lebih personal dengan pelanggan yang prospektif.
• Membangun bonding/ikatan yang lebih baik dengan pelanggan yang prospektif.
Proses menembus pikiran prospek ini disebut discovery process atau proses penemuan. Persona-based marketing membantu menjawab pertanyaan yang paling dasar yaitu “siapa yang Anda tawari/anda ajak berbicara/anda bujuk”.
Lalu kelompokkan orang-orang tersebut sesuai karakteristiknya dan lengkapi keterangan profilnya. Pengelompokan tersebut membantu Anda menjawab pertanyaan yang diajukan prospek anda. Dan kalau itu terjadi, prospek Anda akan lebih senang sehingga akan menghasilkan lebih banyak penjualan.
Discovery process atau proses penemuan ini dibagi menjadi dua bagian utama :
• Demografis: yaitu data statistic sekelompok orang ( umur, penghasilan, pendidikan)
• Psikografis : meliputi sikap, selera, kepribadian, nilai sekelompok orang termasuk keinginan mereka, kebutuhan mereka, serta alasan mereka mencari produk.
Alat yang bisa dipakai untuk discovery process :
Demografis info:
1. Menggunakan Quantcast.com
Quantcast.com merupakan sumber gratis yang memungkinkan Anda mendapatkan informasi demografis atau psikografis dari konsumen yang Anda targetkan. Caranya buka situs http://quantcast.com, dan di search box masukkan website yang produknya akan Anda promosikan lalu klik find profile. Nanti Anda akan menerima laporan yang mengandung info demografis serta situs-situs lain yang dikunjungi orang.
2. Keyword Search dengan Quantcast.com
Ketikkan http://quantcast.com/keyword:keyword+phrase (ganti ‘keyword+phrase’ dengan niche
keyword Anda dan pisahkan tiap keyword dengan tanda ‘+’
3. Menggunakan situs yang terdaftar di halaman pertama Google sebagai benchmark
Buka http://google.com dan ketikkan keyword yang berhubungan dengan produk yang akan Anda promosikan.
Psikografis info:
1. Melalui niche forum atau blog
Forum atau blog merupakan media yang bisa digunakan untuk menggali informasi tentang apa yang ada di pikiran pengunjung. Dari masalah yang mereka share, keinginan/kebutuhan mereka dan sebagainya.
2. Melalui Yahoo answer
Yahoo answer memudahkan Anda menemukan masalah yang dihadapi banyak orang di seluruh dunia. Disana Anda akan menemukan berbagai masalah/pertanyaan yang ditulis dan dibagi dalam berbagai kategori. Cari kategori yang berhubungan dengan produk yang akan Anda jual
3. Melalui ‘ask campaign’ (memberi kesempatan kepada pengunjung untuk mengajukan pertanyaan mengenai produk yang kita tawarkan.
Apa yang Anda ketahui tentang produk ….
Untuk ini bisa menggunakan fasilitas autoresponder
4. Mengulas tentang manfaat produk (bukan fiturnya)
• manfaat : keuntungan yang diperoleh jika membeli produk tersebut
• fitur : karakteristik yang bersifat fisik yang dimiliki produk tersebut (deskripsi produk misalnya: ebook dengan 100 halaman, dan sebagainya)
5. Metode offline : Survey/interview orang-orang yang memiliki pengalaman/masalah yang sama
Metode ini merupakan cara langsung menggali pikiran prospek. Dengan survey/interview Anda bisa:
• Mengetahui emosi mereka serta alasannya
• Menulis kisah sukses yang bisa dijadikan ‘sales hook’ / kait penjualan dalam bentuk testimonial
• Mengetahui masalah/hambatan yang ingin mereka pecahkan
Begitu ada kesempatan, gunakan metode ini karena Anda akan memperoleh banyak informasi dari berbagai perspektif yang akan membantu dalam proses pembuatan presell.
Semua yang sudah dibahas di atas bisa dijadikan bahan untuk menyusun konten presell Anda.
Demikian yang dapat saya tulis kali ini, semoga bermanfaat. Jika ada yang sudah lama belajar cara berbisnis online namun belum punya penghasilan yang memadai. Saya sarankan cobalah Anda belajar tempat saya belajar dengan cara berbayar. Demikian juga bagi yang belum pernah belajar tapi kepingin.
Harganya tidak mahal kok, hanya Rp.5000 per hari. Tapi hasilnya, saya telah membuktikan, sungguh luar biasa. Kita bisa belajar setahap demi setahap, langkah per langkah, mulai dari nol. Dan kita juga akan dibimbing langsung oleh ahlinya, lengkap dengan contoh sampai pada hal yang detil melalui gambar-gambar dan vidio, serta boleh bertanya langsung baik melalui email, sms, bahkan kalau tak sabar menunggu jawaban yang lama bisa langsung bertanya melalui telepon.
Pembelejaran yang diberikan pun cukup mudah dipahami, termasuk orang yang gaptek sekalipun mudah mencernanya. Hebatnya lagi, kalau Anda masih ragu-ragu, bisa ambil paket gratis dulu selama satu bulan sebagai masa perkenalan. Jika sudah yakin baru mulai melanjutkan dengan yang bayar.
Saya sangat menyarankan jika Anda mau punya penghasilan sampingan, yang nantinya bisa lebih besar dari penghasilan utama Anda saat ini, sekarang juga segera Daftarkan nama Anda dengan mengklik link ini. Mr. Actionclub.com, jangan sampai terlambat.
Salam Sukses!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar