Email plain-text ini adalah email yang hanya terdiri dari teks saja dimana email jenis ini merupakan yang pertama kali digunakan untuk mengirim pesan email.
Email plain-text ini banyak digunakan oleh para pengguna internet mulai sejak email ini ada sampai dengan sekarang. Kemudahan dan kesederhanaan email plain-text ini membuatnya sangat disukai oleh kalangan pengguna internet secara umum.
Jika Anda masih bingung dan belum mengetahui bagaimana bentuk email plain–text itu, coba Anda buka account email Anda dan kemudian klik compose untuk menulis email.
Tuliskan beberapa kata saja yang Anda tujukan kepada keluarga, rekan atau sahabat Anda dan setelah selesai klik kirim atau send. Nah email yang baru saja Anda kirimkan tersebut adalah sebuah email plain-text, mengapa? Ya, karena Anda hanya mengisikan tulisan saja bukan pada email tersebut?
Lalu bagaimana dengan fasilitas attachment yang selalu ada di setiap layanan email seperti Yahoo! Mail, Gmail dan lain-lain? Bukankah attachment itu juga bisa disisipi file berupa gambar atau bahkan video juga?
Attachment adalah fasilitas email yang terletak diluar email itu sendiri jadi tidak menjadi satu bagian dengan emailnya. Masih bingung? Coba Anda perhatikan file attachment yang misalkan berupa gambar.
Apakah file tersebut ada di dalam badan email yang tergabung menjadi satu dengan tulisan yang akan Anda kirim? Pasti file tersebut terletak dibagian luar dari isi email itu bukan? Karena itu file attachment bukanlah bagian dari badan email melainkan berdiri sendiri.
Nah keunggulan utama dari email plain-text ini adalah filenya yang selalu berukuran sangat kecil sehingga ini akan sangat memudahkan Anda dalam mengirimkan email ke orang lain. Namun kekurangan dari email plain-text ini adalah pada sisi grafis dan daya tarik. Email plain-text ini benar-benar full hanya berisi dengan teks saja, jadi usahakan Anda untuk tidak mengirimkan email plain-text ini dalam jumlah kata yang sangat panjang (lebih dari 500 kata).
Nah untuk lebih jelasnya apa saja keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan email plain-text ini, bisa Anda lihat dibawah ini :
1. Biaya yang Murah
Tidak ada kata yang tepat bagi email plain-text ini selain biaya yang murah atau bahkan gratis. Ya Anda bisa membuat email plain-text Anda tanpa harus dibuatkan oleh orang lain
2. Pembuatan yang Mudah
Anda bisa mengetik? Berarti Anda sudah bisa untuk mulai menuliskan email plain-text Anda sendiri. Begitu mudahnya sampai Anda mungkin tidak perlu belajar untuk menuliskan email plain-text Anda sendiri.
3. Pengiriman yang Cepat
Filenya yang berukuran sangat kecil akan memudahkan Anda dalam urusan pengiriman email walaupun Anda sedang mengalami koneksi internet yang drop sekalipun.
4. Kualitas Email yang dikirim
Bisa dijamin email yang Anda kirimkan pada orang lain pasti sama isi dan kualitasnya dengan email yang diterima orang tersebut. Dengan kata lain Anda mendapatkan apa yang Anda lihat (What you see is What you get).
Nah seperti yang sudah Anda tahu sebelumnya, kelemahan dari email plain-text ini adalah dalam urusan grafis, jadi Anda perlu melakukan sesuatu agar email plain-text yang Anda kirimkan ini tidak dipandang sebelah mata oleh orang yang menerima email Anda. Ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk memaksimalkan email plain-text Anda, yaitu :
1. Buat paragraf
Agar tulisan Anda mudah dibaca dan tidak terkesan membingungkan, maka Anda harus membuat paragraf dimana setiap paragraf ini berisi sekitar 5-6 kalimat saja. Dengan membuat paragraf-paragraf pada tulisan Anda, maka setidaknya orang yang membuka email Anda masih ada kemauan untuk mencoba membacanya dan tentunya ini juga semakin meningkatkan peluang untuk menarik perhatian calon pembeli Anda.
2. Berikan kombinasi warna tulisan
Untuk menggantikan warna-warna cerah dari gambar yang tidak dimiliki oleh email plain-text Anda bisa menggunakan tulisan yang berwarna misalkan warna biru atau hijau untuk kata-kata yang penting. Warna cerah ini bisa memperjelas tulisan-tulisan penting Anda sehingga kemungkinan besar akan dibaca.
3. Buat tulisan yang singkat dan menarik
Anda mungkin bertanya mengapa harus membuat tulisan yang singkat dan menarik? Bukannya tulisan yang singkat dan jelas? Tulisan yang singkat dan jelas hampir dikatakan tidak ada, karena Anda tidak mungkin bukan menyingkat tulisan penting Anda sepanjang 1000 kata menjadi 50-100 kata yang sama jelasnya?
Selain itu tulisan yang singkat dan menarik akan membuat orang yang membacanya semakin penasaran dan ingin mengikuti arah yang Anda berikan kepadanya. Lalu kemana Anda akan mengarahkan pembaca tersebut? Silahkan Anda lihat tips dibawahnya.
4. Buat link keluar
Ya, dengan membuat link keluar yang mengarah pada website atau blog Anda yang berisi penjelasan rinci tentang sesuatu, maka Anda tidak akan repot-repot untuk menjelaskannya dengan kata-kata yang panjang atau bahkan berusaha menyisipkan gambar didalam email Anda tersebut. Proses ini akan menghemat waktu Anda dan juga meringankan halaman yang akan dibuka oleh penerima email tersebut karena tulisan yang cenderung singkat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar