Setiap pebisnis online pasti menginginkan hasil yang maksimal dimana produk ataupun jasa yang mereka tawarkan bisa diterima baik dan dibeli oleh para pelanggannya.
Metode yang digunakannya pun bervariasi dan sangat banyak, salah satunya adalah email marketing. Dengan menggunakan email marketing Anda bisa berhubungan lebih dalam dengan para calon pembeli Anda karena Anda menawarkannya secara langsung dan pribadi.
Nah, setiap orang termasuk Anda pasti ingin diperlakukan layaknya orang yang special dan khusus. Perlakuan special ini sering kali mendatangkan hubungan yang baik dan pada akhirnya terjalinlah kerja sama yang baik pula.
Hal ini juga sama dengan prinsip bisnis online, semakin dalam Anda berusaha mempelajari calon pembeli Anda maka semakin besar peluang Anda untuk membina hubungan baik dengan mereka. Dan semakin baik hubungan Anda dengan mereka akan menimbulkan kepercayaan yang tinggi dan tentu saja mereka akan semakin terbuka dalam menerima segala saran bahkan yang terbaik adalah penawaran Anda.
Pada email marketing, memperlakukan seorang calon pembeli Anda layaknya seorang yang sangat special atau bahkan seperti seorang raja, adalah hal yang wajib dilakukan jika Anda ingin segera mendapatkan keuntungan dari bisnis yang Anda jalani.
Ya Anda sudah tahu bukan keunggulan dari email marketing? Dengan email marketing, Anda seolah-olah langsung berbicara dengan mereka secara 4 mata saja sehingga bisnis yang Anda tawarkan lebih bersifat personal atau kepada orang-orang tertentu saja.
Namun, walaupun begitu salah satu kendala yang sering dihadapi pada email marketing ini adalah tidak adanya tanggapan dari email yang Anda kirimkan. Ada beberapa alasan mengapa email Anda tidak mendapatkan tanggapan, yaitu :
1. Email Anda tidak dibaca
Ini adalah kendala terbesar yang sering dihadapi jika Anda menggunakan media email marketing dalam mempromosikan produk atau jasa Anda. Sebagian besar orang akan menganggap bahwa kiriman email yang berasal dari seseorang yang tidak mereka kenal adalah sebuah SPAM, padahal pada kenyataannya mungkin dia mendaftar pada newsletter orang tersebut dan dia lupa. Dan hasilnya adalah email yang Anda kirimkan akan langsung dihapus tanpa dibaca terlebih dahulu isinya
2. Email Anda dibaca namun hanya sebagian
Email Anda sudah masuk ke dalam inbox dan malah sudah dibaca, namun biasanya email Anda hanya dibaca sekilas karena tulisan yang Anda kirimkan kepadanya kurang begitu menarik bagi sang pemilik email. Hasilnya email Anda akan segera dihapus. Kasus seperti ini bisa dibilang sudah maklum dan ini adalah bagian dari proses keberhasilan Anda menggunakan email marketing.
Tidak mungkin semua orang yang Anda kirimkan email pasti memberikan tanggapan. Biasanya orang yang memberikan tanggapan hanya sekitar 25% saja dan yang benar-benar serius untuk mengetahui lebih dalam (dan membeli tentunya) adalah sekitar 5-10% saja. Dan ini termasuk jumlah konversi yang cukup baik dimata para internet marketer professional.
Nah, dari 2 kendala diatas yang benar-benar menjadi permasalahan yang besar adalah kendala yang pertama yaitu tidak dibacanya email Anda. Bagaimana Anda bisa berharap apa yang Anda tawarkan bisa berjalan lancar jika email yang Anda kirimkan saja tidak dibaca? Nah permasalahan inilah yang harus Anda atasi saat ini. Permasalahan ini biasanya terjadi karena Anda mengirimkan email dengan judul yang sama sekali tidak menarik atau bahkan terkesan mengada-ada, sehingga tidak heran jika email yang Anda kirim langsung dihapus oleh pemilik email.
Untuk mengatasi hal ini Anda harus membuat sebuah subjek yang sangat menarik dan hamper tidak dapat ditolak oleh setiap orang untuk membuka dan melihat apa yang Anda kirimkan. Ada 4 judul jenis subjek yang terbukti sangat ampuh dan kemungkinan besar pasti akan dibuka oleh sang pemilik email, yaitu :
1. Email dengan subjek Gratisan
Coba Anda bayangkan jika tiba-tiba Anda dikirimi email yang berisi tentang cara memperoleh sebuah ebook gratis atau bahkan cara meraih uang secara gratis atau tanpa modal. Pasti Anda mau tidak mau akan membuka email ini bukan untuk melihat apakah isi dari email tersebut.
Ya, Anda bisa menggunakan cara ini misalkan dengan memberikan ebook gratis, video tutorial gratis yang masih berhubungan dengan apa yang Anda tawarkan kepada calon pembeli tersebut.
2. Email dengan subjek Diskon atau Potongan Harga
Mungkin Anda tidak menyangka bahwa potongan harga saat ini adalah salah satu yang paling dicari diinternet. Banyak pengguna internet sangat menyukai penawaran yang satu ini, karena rata-rata penawaran potongan harga hanya berlaku untuk beberapa saat saja dan hanya kepada orang-orang tertentu saja.
Gunakan cara ini untuk memberikan penawaran produk atau jasa yang Anda jual kepada mereka dengan memberikan jangka waktu tertentu sehingga ini akan membuat para calon pembeli Anda merasa mendapatkan sesuatu yang special dan terdorong untuk segera mengambil kesempatan itu.
3. Email dengan subjek berupa Rahasia
Rahasia adalah salah satu hal lain yang sangat disukai oleh rata-rata pengguna internet. Anda bisa memberikan rahasia yang hanya Anda ketahui kepada para calon pembeli Anda ini. Dengan membagikan rahasia baik dari sisi bisnis ataupun yang lainnya maka seolah-olah Anda sudah memberikan sesuatu yang special bagi mereka. Kebanyakan rahasia ini tidak bisa didapatkan secara mudah dan gratis di luaran sehingga subjek rahasia ini bisa menjadi salah satu yang paling ditunggu oleh pelanggan Anda.
4. Email dengan subjek berupa Hadiah
Anda bisa memberikan calon pelanggan Anda berupa hadiah khusus dari Anda Misalkan karena pelanggan sudah mau terus mengikuti newsletter Anda, maka Anda bisa memberikannya hadiah berupa ebook karangan Anda sendiri yang Anda rancang secara eksklusif dan tidak mungkin ditemukan diluar sana.
Dengan menggunakan ke 4 judul tersebut diatas, maka dijamin Anda akan mendapatkan hasil yang jauh lebih baik dari apa yang Anda lakukan sekarang melalui email marketing ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar