Sabtu, 12 Maret 2011

Rahasia Format Yang Akan Meningkatkan Respon Email Dan Newsletter Anda!

Setelah Anda mengenal dan memahami cara-cara mendapatkan dan membangun list tujuan email (subscriber list), merancang konten email, dan menentukan subject line yang memukau, pemikiran berikutnya yang harus nada pertimbangkan adalah menentukan format email yang akan digunakan. Baik media yang digunakan berbentuk email saja ataupun newsletter.

Ada tiga format yang biasa digunakan dalam email marketing, yaitu, format text only, HTML dan MIME (Multipurpose Internet Mail Extention). Salah satunya boleh Anda pertimbangkan untuk digunakan pada email dan newsletter Anda. Yang jelas, yang benar-benar harus Anda pertimbangkan adalah format mana yang terbaik mendatangkan respon, sesuai tujuan dari email marketing tersebut.

Format text only dapat Anda gunakan pada tahapan awal email marketing. Apabila Anda menghendaki konten yang simple, dengan kekuatan Anda tekankan pada rangkaian kata atau kalimat, format text only lebih baik digunakan. Atau sebagai email permulaan yang dikirimkan sesaat setelah subscriber melakukan subscribe. Dengan konten seperti ucapan terima kasih atau selamat datang kepada subscriber, format text only yang terkesan ringan, sangat ideal untuk digunakan sebelum materi yang lebih dalam Anda sajikan.

Format HTML dapat Anda pertimbangkan ketika dalam konten telah Anda pertimbangkan untuk menyertakan hal-hal teknis dari materi promosi Anda. Ketika konten Anda lengkapi dengan sisipan gambar untuk lebih menjelaskan spesifikasi produk atau layanan yang Anda tawarkan, maka format HTML harus Anda pertimbangkan.

Pada dasarnya format HTML lebih memberikan kekuatan terhadap email yang Anda kirimkan. Selain dapat disertakan gambar dan grafis lain yang sangat menarik dan lebih memberikan nilai tambah terhadap penawaran Anda, format HTML juga lebih ringan dalam menyita bandwidth koneksi. Apabila subscriber memiliki koneksi internet yang lambat, maka format HTML masih dapat ditampilkan dan dibaca, dibandingkan format plain text.

Namun demikian yang harus tetap Anda perhatikan adalah selera subscriber. Agar mereka menyukai email atau newsletter Anda, tentu format yang Anda kirimkan juga harus sesuai dengan format yang mereka sukai. Berikan mereka pilihan saat mereka melakukan subscribe. Simpan pilihan dari masing-masing subscriber dalam database Anda, sebagai format yang akan digunakan setiap kali Anda mengirimkan email atau newsletter

Namun apabila Anda tidak memberikan pilihan kepada subscriber saat mereka subscribe, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan format MIME. MIME memberikan kemungkinan pesan ditampilkan dalam dua versi format yang dapat dipilih. Oleh karena itu disebut multi format. Ketika subscriber membuka email tersebut, mereka diberikan pilihan, apakah mau menggunakan plain text atau HTML.

Apabila dilihat dari kemungkinan pilihan yang diberikan, format MIME terkesan lebih fleksibel. Namun dengan membuat dua versi sekaligus, tentu Anda memerlukan sumber daya lebih dibandingkan dengan salah satu format text only atau HTML.

Dan sebagai pertimbangan, format MIME masih jarang digunakan oleh email marketer yang masih dalam tahap permulaan. Format MIME banyak digunakan oleh mereka-mereka yang telah siap mengeluarkan sumber daya yang lebih, seperti perusahaan-perusahaan besar yang telah memiliki alokasi budget yang besar.

Dari ketiga format di atas, Anda dapat memilih untuk menggunakan salah satunya, atau memilih variasi dari dua atau ketiganya dalam setiap tahapan email yang dikirimkan. Yang terpenting adalah, ketika tahap awal email marketing, harus Anda pastikan email tersebut dapat dibaca dan disukai subscriber. Sehingga peluang mereka memberikan respon akan lebih besar.

Namun, sekali lagi yang harus Anda camkan adalah, selalu minta pendapat mereka tentang apa yang mereka kehendaki. Apabila Anda ingin mengetahui selera mereka, kirimkan email dengan format variatif. Misalkan, pertama Anda kirim dengan plain text, kemudian email kedua Anda buat format HTML. Kemudian Anda mintai pendapat subscriber, format mana yang lebih mereka sukai. Dengan menggunakan format yang mereka sukai, email atau newsletter Anda lebih memiliki peluang untuk direspon subscriber.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar