Ketika Anda sedang terburu-buru berangkat ke kantor dan kesal karena terjebak kemacetan di jalan, apakah waktu tersebut Anda akan senang didatangi salesman di pinggir jalan yang menawarkan dagangannya? Dalam waktu sepersekian detik Anda pasti tahu jawabannya. Ya! Tentu saja tidak.
Waktu tersebut merupakan waktu yang sangat tidak tepat dipilih oleh salesman tersebut. Apabila atensi dan respon positif dari Anda yang salesman tersebut harapkan, maka dapat dipastikan mereka gagal total.
Trik yang tidak tepat dalam marketing offline tersebut juga berlaku dalam online marketing. Dimana, seperti yang telah Anda ketahui pada bahasan sebelumnya, ada saatnya yang tepat kapan Anda menyampaikan email marketing ke hadapan calon konsumen. Yang menjadi pertanyaan adalah, mengapa pengaturan waktu akan mempengaruhi respon yang bisa Anda dapatkan?
Bahasan berikut ini dapat Anda pergunakan sebagai pertimbangan awal untuk lebih meyakinkan Anda akan pentingnya pengaturan waktu dalam email marketing.
Ketika seseorang dalam jam kerja, yang mereka lakukan adalah fokus terhadap pekerjaannya. Yang dapat membuat mereka senang adalah, menerima penawaran yang dapat membantu menyelesaikan tugasnya dalam pekerjaan tersebut. Oleh karena itu, apabila produk atau layanan yang Anda tawarkan bersangkutan dengan kebutuhan kerja, sebaiknya email marketing Anda kirimkan saat jam kerja
Mengapa waktu tersebut Anda pilih, dan mengapa calon konsumen lebih berpeluang untuk memberikan respon? Jawabannya adalah porsi perhatian. Mengatur waktu pengiriman email marketing, sama halnya dengan memilih saat, dimana calon konsumen memiliki porsi perhatian yang lebih terhadap jenis produk atau layanan yang Anda tawarkan dalam email tersebut.
Dengan begitu, calon konsumen dapat langsung mempertimbangkan untuk merespon email tersebut. Apabila produk atau layanan untuk kepentingan kantor Anda tawarkan saat calon konsumen menikmati liburannya, itu sama halnya menempatkan email Anda pada porsi perhatian calon konsumen yang sangat kurang bahkan mungkin tidak ada sama sekali.
Kemudian sebaliknya, ketika calon konsumen berada di rumah dan menikmati liburannya, mereka akan senang membuka email yang berisi penawaran kebutuhan keluarga. Mengapa begitu?
Jawabannya juga sama, yaitu fokus perhatian. Ketika berada di tengah-tengah keluarganya, yang menjadi fokus perhatian terbesarnya adalah kepentingan keluarga. Bahkan mungkin tidak ada sama sekali ruang pikirannya yang dialokasikan untuk keperluan kantor.
Oleh karena itu, apa yang akan terjadi apabila waktu itu Anda kirimi mereka email yang menawarkan kebutuhan kantor? Hampir mendekati sia-sia bukan?
Setelah memahami bahasan di atas, tentu Anda akan mudah menjawab pertanyaan berikut. Mengapa saat calon konsumen berada di rumah, akan sangat baik digunakan untuk mengirimkan email berisi penawaran asuransi pendidikan anak?
Ya! Anda benar! Karena saat itulah calon konsumen memiliki fokus perhatian yang sangat besar, bahkan hampir seluruhnya untuk kepentingan keluarganya. Tak ada waktu untuk memikirkan urusan pekerjaannya. Oleh karena itu, email Anda akan memiliki peluang lebih besar untuk direspon calon konsumen tersebut.
Sebagai kesimpulan, perlu Anda ingat bahwa respon yang Anda harapkan dari setiap email yang Anda kirimkan, dapat dipengaruhi oleh waktu pengiriman email tersebut. Oleh karena itu, pertimbangkanlah secara seksama, kapan waktu yang tepat untuk menyampaikan pesan Anda kepada calon konsumen.
Jangan sampai, ketika weekend Anda menjejali inbox calon konsumen dengan penawaran produk keperluan kantor, karena saat itu, hampir dipastikan tidak ada sama sekali interest calon konsumen terhadap tugas kantornya. Sebaliknya, mereka akan sangat memperhatikan berbagai penawaran yang berkenaan dengan kepentingan pribadi dan keluarganya.
Mengirimkan email kepada calon konsumen ketika mereka tidak memiliki focus perhatian terhadap jenis produk atau layanan yang Anda tawarkan, sama halnya dengan menutup peluang terhadap email Anda untuk direspon calon konsumen. Sebaliknya, kemungkinan terbesar dan terburuk yang akan menimpa email Anda, adalah tidak akan dibaca sama sekali atau bahkan langsung dihapus. Dengan demikian, hilanglah satu potensi respon yang sangat Anda dambakan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar