Dalam mengirimkan email Anda bisa menggunakan 2 cara yaitu dengan menggunakan Teks atau menggunakan format html seperti layaknya website. Mungkin format yang umumnya Anda kenal dan sering Anda pakai adalah format teks. Lalu bagaimana dengan format html? Anda pernah mengunjungi sebuah website bukan? Nah website-website yang ada diinternet rata-rata menggunakan format html. Format html pada email marketing ini hampir sama dengan yang ada di website.
Dulu email pertama kali dikirimkan pada tahun 1972 dan banyak pengguna internet saat itu yang menggunakan format yang umum yaitu berupa plain text atau teks. Penggunaan plain text untuk pengiriman email ini mendominasi dan bertahan sangat lama sampai dengan ditemukannya kode html dimana dengan menggunakan kode ini, Anda bisa memasukkan media lain seperti gambar ke dalam email yang Anda kirim. Keluarnya media html ini benar-benar menjadi favorit pengguna internet karena mereka bisa mengirimkan sesuatu dengan menyisipkan media tambahan berupa gambar.
Beberapa waktu memang email dengan menggunakan html sempat mendominasi karena keunikan dan keunggulan grafis yang dimilikinya, namun kemudian sebagian besar para pengguna internet mulai kembali ke metode lama yaitu menggunakan media plain text. Dan ternyata setelah diselidiki, kebanyakan dari pengguna internet tersebut mengirimkan email hanya untuk saling berhubungan dengan sesamanya saja seperti teman, kerabat, keluarga ataupun yang lainnya.
Mereka juga mulai menyadari bahwa menggunakan email html cenderung lebih berat dari pada menggunakan email plain text, padahal mereka hanya ingin bermaksud menyapa keluarga atau kerabat mereka saja. Namun di satu sisi tampaknya email html juga masih banyak dipakai oleh pengguna internet dan rata-rata pengguna internet itu adalah seorang pebisnis online yang mempromosikan sesuatu yang mereka jual.
Tahun demi tahun berlalu dan perkembangan teknologi email semakin canggih. Kini email sudah bisa mencakup segala media, mulai dari gambar, pewarnaan yang cerah, bentuk-bentuk tabel, sampai dengan animasi. Hal ini tentu saja mendapatkan tanggapan yang positif dari berbagai pengguna internet. Ada yang langsung mempraktekkannya untuk keperluan bisnis mereka dan ada juga yang hanya sekedar mencobanya untuk memamerkannya kepada keluarga, teman atau kerabat mereka.
Namun tidak lama kemudian, email html kembali mendapatkan kendala yang cukup berat. Selain email yang dikirimkan juga semakin berukuran besar dan berat, email html saat itu bisa disisipi oleh virus-virus yang membahayakan account email dari penggunanya. Banyak orang yang terkena kasus ini dan akibatnya mereka kembali lagi untuk menggunakan email plain text yang memang sangat sederhana dana hanya terdiri dari teks saja namun lebih aman untuk digunakan.
Tapi tidak beberapa lama kemudian permasalahan email html ini sudah berhasil diatasi dengan memberikan privasi perlindungan terhadap email pemilik. Kedua jenis email ini pun semakin cepat berkembang dan hingga sekarang, kedua jenis email ini masih tetap diminati baik yang canggih (email html) ataupun yang hanya berupa tulisan saja (email plain text). Nah untuk lebih jelasnya mengenai kedua perbedaan email ini, silahkan Anda simak beberapa ulasan berikut.
Pada email html keunggulan utamanya terletak pada sisi grafis yang mampu ditampilkan. Seringkali seorang pengguna hanya mengirimkan sebuah email yang berisi gambar dan sedikit tulisan saja sehingga akan menghemat tempat. Gambar yang diberikan oleh pengguna ini cukup mewakili dari apa yang perlu dijelaskan kepada penerima email. Sedangkan email plain-text memiliki keunggulan dari formatnya yang begitu sederhana yang hanya menggunakan teks saja sehingga akan memudahkan untuk dikirim kepada orang lain karena filenya yang cenderung berukuran sangat kecil.
Contoh email html dan email plain-text ini bisa Anda lihat dibawah :
Gambar a) adalah email HTML dalam bentuk penuh atau full
Gambar b) adalah email HTML jika dilihat secara offline
Gambar c) adalah email Plain-Text
Terlihat bahwa email html memang memiliki daya tarik yang jauh lebih menarik dari pada email plain-text. Lalu selain dari penampilan apakah email html juga mampu mengungguli email plain-text? Silahkan Anda lihat perbandingan antara email html dan email plain text berikut ini :
1. Biaya Pembuatan
Biaya pembuatan email html akan jauh lebih banyak dari pada email plain-text. Biaya pembuatan ini bukan hanya dari uang yang dibutuhkan, tetapi juga dari segi waktu yang dibutuhkan untuk membuatnya. Dalam hal ini email plain-text lebih unggul dari pada email html
2. Kecepatan pengiriman
Email html mengandung banyak media grafis karena itu tidak heran jika ukurannya membesar dan cukup berat ketika dikirim. Sebaliknya email plain-text hanya berisi teks saja yang tentunya berukuran sangat kecil sehingga sangat mudah, ringan dan cepat dalam pengirimannya.
3. Kualitas saat dibaca Offline
Ada kalanya Anda perlu untuk menyimpan email Anda di komputer untuk dibaca-baca kembali nanti saat ada waktu luang. Nah jika Anda menyimpan email html, rata-rata komponen gambar ataupun media lainnya akan hilang sehingga tentu saja ini akan mengganggu Anda saat membacanya. Pada email plain-text tidak ada bagian yang hilang karena hanya berisi kumpulan teks saja.
4. Email yang diterima
Email html ketika dikirimkan ke email lain sering kali komponen didalamnya diblok oleh layanan email penerima, sehingga sering kali email yang didapatkan tidak bisa penuh sesuai dengan keinginan pengirim. Sedangkan email plain-text tidak akan mendapatkan blok dari layanan email penerima sehingga email bisa langsung dibaca.
5. Isi
Dari segi sisi email html memiliki kombinasi yang bagus antara penjelasan dan juga gambar yang mendukung sehingga penerima email bisa mengerti maksud dari sang pengirim. Sedangkan email plain-text hanya berisi penjelasan secara tertulis sehingga harus menjelaskan secara panjang kepada penerima email agar mereka bisa mengerti.
6. Respon rate
Tidak bisa dipungkiri lagi, rata-rata email html selalu mendapatkan respon yang baik dari penerimanya. Sang penerima email kemungkinan besar akan membuka link berupa gambar yang diberikan. Sedangkan email plain-text mendapatkan respon yang biasa-biasa saja. Jika isi email Anda tidak menarik maka apa yang Anda berikan di email plain-text tersebut tidak akan dikunjungi
7. Branding
Jika Anda adalah sebuah perusahaan baik besar atau berupa freelancer, Anda pasti membutuhkan branding untuk membuat Anda lebih mudah diingat. Email html menyediakan fasilitas untuk branding ini naik berupa gambar ataupun animasi sehingga penerima email akan lebih mudah mengingat Anda lain kali. Sedangkan email plain-text tidak memiliki fasilitas lain selain tulisan teks saja, sehingga ini akan membuatnya sulit untuk diingat kembali oleh para penerima email.
Email html dan Email plain-text memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing, jadi gunakanlah kedua fasilitas email ini sesuai dengan kebutuhan Anda agar bisa lebih maksimal dalam melakukan promosi produk atau jasa yang Anda tawarkan.
ngerti deh skrg..
BalasHapusthks infonya yaa